Apa Manfaat Arus Listrik Setelah Sampai ke Setiap Rumah Warga? Yuk Ketahui Jawabannya

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 19 November 2021 11:47
Apa Manfaat Arus Listrik Setelah Sampai ke Setiap Rumah Warga? Yuk Ketahui Jawabannya
Sumber energi yang satu ini bisa dikatakan menjadi penopang dalam kegiatan sehari-hari.

Dream - Apa manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga? Tentu sangat banyak sekali ya, Sahabat Dream. Mengingat listrik kini menjadi kebutuhan pokok karena hampir semua barang yang digunakan bergantung pada energi listrik.

Listrik merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan kita. Listrik adalah salah satu penemuan yang luar biasa dan berdampak besar bagi manusia. Sulit membayangkan kehidupan tanpa kehadiran listrik. Kita harus berterima kasih kepada Michael Faraday, yang dijuluki Bapak Penemu Listrik.

Manfaat listrik bagi kehidupan memang sangat banyak sekali, mulai dari mencui baju, menyetrika, menonton TV, hingga untuk pekerjaan di kantor dan lain sebagainya.

Sumber energi yang satu ini bisa dikatakan menjadi penopang dalam kegiatan sehari-hari kita. Energi listrik mampu mengubah energi menjadi berbagai energi lainnya, seperti energi cahaya, energi bunyi, energi gerak, dan masih banyak yang lainnya.

Manfaat listrik bisa dirasakan setiap waktu. Lantas apa manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini, 6 manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga.

1 dari 5 halaman

Pengertian Listrik

Sebelum menjawab pertanyaan tentang apa manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga, kamu perlu tahu tentang penegrtian listrik terlebih dahulu.

Seperti jamak diketahui, listrik adalah hal yang merujuk pada aliran proton dan elektron yang membaur pada konduktor di sebuah rangkaian. Di saat kedua komponen tersebut membaur, gesekan mungkin terjadi sehingga terciptalah cahaya maupun panas.

Sebenarnya listrik sudah dikenal sejak dulu di mana penemuan pertamanya diprakarsai oleh Thales, seorang cendekiawan dari Yunani.

Akan tetapi nama Michael Faraday-lah yang paling populer dikarenakan andilnya dalam meneliti elektromagnetik. Berangkat dari penelitian besarnya tersebut, lantas terciptalah generator listrik yang paling pertama.

Tak hanya itu, ada dua jenis listrik, yakni listrik statis yaitu perpindahan arusnya terbatas, dan listrik dinamis yaitu arus yang mengalir atau bergerak. Meskipun berbeda satu sama lain, keduanya tersebut tetap dimanfaatkan dalam kehidupan manusia.

2 dari 5 halaman

Manfaat Arus Listrik Setelah Sampai ke Setiap Rumah Warga

1. Manfaat Listrik sebagai Penerangan

Ilustrasi© Unsplash.com

Apa manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga? Jawabannya adalah sebagai sumber penerangan. Dulunya dunia ini sangat gelap. Bahkan orang tua jaman dulu takut keluar malam karena jalanan yang gelap tanpa penerangan. Namun setelah kehadiran listrik, kehidupan dunia ini menjadi lebih terang. Kamu harus bersyukur karena tidak perlu menghabiskan banyak lilin dalam satu malam sebagai sumber penerangan. Atau menghabiskan banyak minyak untuk menyalakan lampu teplok.

Dalam hal ini energi listrik yang diubah menjadi cahaya memang sangat membantu dalam kehidupan. Kita bisa membaca di malam hari, mengerjakan tugas kantor, dan rasa aman pun lebih terjamin karena tidak perlu takut jika melewati jalan di malam hari.

2. Manfaat Listrik Sebagai Sumber Energi

Manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga yang selanjutnya adalah sebagai sumber energi. Benda-benda di sekeliling kita seperti TV, kulkas, mesin cuci, AC, komputer, laptop, lampu semuanya adalah benda-benda yang menggunakan listrik sebagai sumber energi.

Bisa bayangkan tidak jika tidak ada listrik? Semua benda-benda itu tak berfungsi sebagaimana mestinya. Memang harus diakui arus istrik menjadi sesuatu yang penting dalam aktivitas sehari-hari. Tanpa listrik, entah bagaimana kita bisa mendapatkan manfaat serupa dari benda-benda tersebut.

3 dari 5 halaman

3. Manfaat Listrik sebagai Penghasil Gerak

Ilustrasi© Unsplash.com

Adanya arus listrik bisa mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Artinya manfaat listrik yaitu sebagai penghasil gerak. Listrik bisa diubah menjadi berbagai macam energi lain, termasuk energi gerak.  Di sekitar kita ada banyak benda elektronik yang mengandalkan arus listrik agar berfungsi sempurna. Seperti pada kipas angin, blender, atau moda transportasi.

Penggunaan listrik pada peralatan rumah tangga, dinilai sangat membantu dan lebih efektif. Penggunaan energi dari arus listrik pun juga dinilai lebih ramah lingkungan karena tidak menimbulkan pencemaran.

Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa saat ini terobosan mobil listrik terus coba dikembangkan untuk mengurangi pencemaran akibat penggunaan bahan bakar minyak bumi.

4. Listrik pada Gadget

Manfaat listrik yang selanjutnya yaitu untuk mengolah data dalam perangkat. Tidak hanya dapat diubah menjadi cahaya dan gerak, energi listrik juga terlibat pada proses di dalam gadget untuk melakukan pengolahan data lho, Sahabat Dream.

Gadget seperti komputer, tablet, smartphone, dan lainnya, semua perangkat ini membutuhkan arus listrik untuk mengisi daya agar bisa menjalankan aplikasi di dalamnya.

Nantinya arus listrik ini akan diubah menjadi energi output yang dapat menampilkan tulisan, gambar atau hal lainnya seperti yang muncul di perangkat saat ini.

4 dari 5 halaman

5. Manfaat Listrik Sebagai Penghasil Suara

Ilustrasi© Unsplash.com

Manfaat listrik yang tak kalah penting adalah sebagai penghasil suara. Apabila kamu punya hobi mendengarkan lagu-lagu dari ponsel atau gadget lainnya, itu adalah salah satu hasil output dari arus listrik.

Kamu pasti juga sudah akrab dengan mikrofon dan speaker. Keduanya merupakan bukti lain dari manfaat arus listrik sebagai pengolah dan penghasil suara.

Dengan menggunakan kedua perangkat ini, kamu bisa mendengar musik untuk bersantai di dalam kamar sambil rebahan di atas kasur. Nikmati sekali bukan?

6. Manfaat Listrik dalam Olahraga

Manfaat listrik juga sangat besar dalam bidang olahraga. Kini banyak alat olahraga yang mengandalkan energi listrik untuk membantu seseorang dalam menerapkan pola hidup sehat.

Salah satu yang mulai sering digunakan saat ini adalah EMS atau Electrical Muscle Simulation. EMS adalah alat yang menggunakan aliran listrik untuk merangsang otot-otot agar dapat bekerja lebih efektif.

Dengan bantuan tenaga listrik, bentuk tubuh ideal dapat semakin mudah didapatkan dengan efektivitas tinggi dan meminimalkan risiko cedera.

Apalagi alat-alat itu kini juga bisa dibeli dan dipasang di rumah, sehingga kamu bisa berolahraga setiap hari dan mendapatkan tubuh yang sehat.

5 dari 5 halaman

Contoh Penggunaan Arus Listrik di Rumah

Ilustrasi© Unsplash.com

Agar lebih jelasnya, ini dia contoh manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga:

  1. Penggunaan lampu sebagai penerangan.
  2. Penggunaan kipas angin atau AC sebagai penyejuk dan pendingin ruangan.
  3. Penggunaan kompor listrik, rice cooker, blender dan oven di dapur untuk membuat makanan dan minuman.
  4. Penggunaan kulkas untuk menyimpan makanan dan minuman.
  5. Penggunaan tv, komputer, radio untuk hiburan.
  6. Penggunaan vacum cleaner, mesin cuci, alat setrika untuk membantu pekerjaan rumah.
  7. Penggunaan pompa air untuk mendapatkan air bersih.
  8. Penggunaan hp dan internet untuk alat komunikasi.
Beri Komentar