Teknologi Contactless Card Semakin Dicari Nasabah, Apa Sih Kelebihannya?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 17 September 2021 09:36
Teknologi Contactless Card Semakin Dicari Nasabah, Apa Sih Kelebihannya?
Salah satu keunggulannya paling diminati selama masa pandemi Covid-19.

Dream – Meski membuat aktivitas terbatas di berbagai aspek, pandemi Covid-19 harus diakui telah membawa hikmah yang cukup banyak. Selain masyarakat menjadi lebih memperhatikan kesehatan, beragam teknologi semakin berkembang di masa pandemi ini.

Saah satunya terasa di industri keuangan yang semakin banyak mengandalkan teknologi kartu pembayaran tanpa sentuhan atau contactless card. Teknologi ini sudah banyak digunakan perusahaan penerbit kartu kredit.

“ Contactless card ini bisa digunakan untuk bertransaksi secara aman dan nyaman,” kata Presiden Direktur PT VISA Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman, dalam peluncuran CIMB Preferred Visa Infinite Syariah, secara virtual, Kamis, 16 September 2021.

Menurut Riko, minat masyarakat terhadap kartu pembayaran minim sentuhan meningkat selama pandemi. Hal ini juga sesuai dengan penelitian terbaru terkiat perubahan perilaku konsumen dalam pembayaran transaksi.

Mengutip studi Visa Consumer Payment Attitudes terbaru, minat pemegang kartu terhadap fitur contactless untuk penggunaan transaksi sehari-hari semakin meningkat sejak pandemi. Tren ini juga banyak berkembang untuk masyarakat yang ingin bertransaksi belanja di supermarket (52 persen), makanan & dining (51 persen), hiburan (43 persen), dan toko serba ada (42 persen).

1 dari 5 halaman

Keunggulan Kartu Pembiayaan Contactless

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan kartu pembayaran berteknologi contactless. Pertama, nyaman karena hanya tinggal membawa kartu. Kedua, pembayaran bisa mudah dilakukan dengan menempelkan kartu di mesin EDC.

“ Pemegang kartu dapat membayar hanya dengan sekali tap, tanpa kartu perlu berpindah tangan atau memasukkan PIN untuk transaksi di bawah Rp1 juta,” kata Riko.

Ketiga, lebih higienis karena kartu tak perlu berpindah tangan. Keempat, teknologinya sudah digunakan sejak 10 tahun yang lalu. “ Kartu ini menggunakan teknologi chip sehingga tidak bisa di-skim,” kata dia.

Peluncuran kartu kredit syariah berlogo VISA.© tangkap layar zoom CIMB Niaga-VISA

2 dari 5 halaman

Luncurkan Kartu Pembiayaan Syariah Berteknologi Contactless

Melihat keuntungan yang diperoleh pengguna, VISA bersama PT Bank CIMB Niaga Tbk meluncurkan kartu pembiayaan syariah berlogo VISA dan berteknologi contactless, yaitu CIMB Preferred VISA Syariah. CIMB Niaga menyasar konsumen kelas atas untuk pasar kartu pembiayaan syariah itu.

“ Kami melihat, terutama dalam satu dekade terakhir, aspirasi yang berkembang untuk gaya hidup Syariah di kalangan konsumen kelas atas, apalagi ditambah dengan meningkatnya kekhawatiran akan faktor higienis selama berbelanja di toko akibat pandemi,” kata Riko.

Head of Consumer Product, Preferred and Personalization CIMB Niaga Noviady Wahyudi, menghadirkan sederet keuntungan kartu pembiayaan syariah ini, seperti bebas cicilan 0 persen hingga 24 bulan untuk transaksi pendidikan, kesehatan, dan luar negeri, serta promo merchant halal untuk kategori dining, travel, dan fesyen.

“ Didukung oleh jaringan global dan teknologi mutakhir Visa, kartu ini juga mendukung aktivitas belanja di merchant yang sehat dan aman, serta aksesibilitas global saat bepergian ke luar negeri,” kata Noviandy.

3 dari 5 halaman

CIMB Niaga Bukukan Transaksi Fitur Investasi Double Digit

Dream – PT Bank CIMB Niaga Tbk menghadirkan fitur investasi di aplikasi digital banking. Bank itu mencatat pertumbuhan yang signifikan di fitur investasi.

“ Hadirnya fitur dan layanan yang selalu relevan dengan kebutuhan nasabah diharapkan dapat meningkatkan customer dan pertumbuhan bisnis,” kata Head of Digital Banking, Branchless and Partnership CIMB Niaga, Bambang Karsono Adi, dalam diskusi virtual, Senin 30 Agustus 2021.

Bambang menyebut, transaksinya mencapai double digit per 30 Juni 2021. Transaksi deposito melalui digital sebesar 90 persen, reksa dana 52,3 persen, dan obligasi 25 persen.

 

© Dream

 

“ Masing-masing untuk pembukaan deposito berjangka, transaksi reksa dana maupun obligasi,” kata dia.

Pengembangan kapabilitas OCTO Mobile hingga memiliki fitur investasi, kata Bambang, sejalan dengan strategi digitalisasi CIMB Niaga dalam melayani nasabah.

“ Kami optimistis ke depan investasi melalui OCTO Mobile akan terus meningkat seiring dengan preferensi nasabah pada era digital,” kata dia.

4 dari 5 halaman

Mulai dari Rp100 Ribu

Salah satu fitur investasi yang ditawarkan bank ini adalah reksa dana. Bambang menyebut CIMB Niaga bekerja sama dengan 11 manajer investasi (MI) dan tercatat sebagai agen penjual reksa dana.

Nasabah, lanjut dia, bisa mendapatkan akses kurasi reksa dana dengan pilihan hingga 74 reksa dana yang bisa dibeli sesuai dengan profil risiko.

Salah satu produk yang ditawarkan adalah CIMB Niaga Regular Investment Saving Plan (CRISP). Bambang mengatakan nasabah bisa membangun kebiasaan investasi untuk masa depan dengan bujet terjangkau.

“ Mulai dari Rp100 ribu dengan jangka waktu 12 bulan hingga 10 tahun,” kata dia.

Dengan budget yang terjangkau tersebut, nasabah bisa membangun kebiasaan untuk berinvestasi guna menyiapkan masa depan.

5 dari 5 halaman

Cara Investasi di OCTO Mobile

Untuk berinvestasi reksa dana melalui OCTO Mobile, nasabah harus memiliki single investor identification (SID) serta melengkapi profil risikonya. Kemudian, mendaftarkan SID dengan memilih menu daftar dan investasi di aplikasi.

Pilihlah reksa dana, lengkapi profil risiko, dan rekening akan diproses. CIMB Niaga akan melakukan verifikasi sebelum SID diterbitkan dan akses transaksi reksa dana melalui OCTO Mobile diberikan kepada nasabah.

Setelah nasabah memperoleh nomor SID dan profil risiko, nasabah bisa bertransaksi pertama kalinya di OCTO Mobile, memilih dan membandingkan berbagai jenis tipe produk reksa dana, serta bertransaksi pembelian. Nasabah bisa menjual kembali dan mengalihkan reksa dana. Aplikasi itu bisa diunduh di App Store atau Playstore.

“ Dengan kemudahan dan kelengkapan fitur investasi yang disediakan OCTO Mobile, kami berharap nasabah bisa memanfaatkan untuk mengelola dana, dan bisa mempersiapkan masa depan yang lebih baik,” kata dia.

Beri Komentar