3 Jenis Pil KB yang Bisa Digunakan untuk Atasi Jerawat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 30 Oktober 2020 19:33
3 Jenis Pil KB yang Bisa Digunakan untuk Atasi Jerawat
Tidak dapat digunakan untuk kondisi tertentu.

Dream - Perubahan hormonal merupakan salah satu penyebab jerawat. Hormon yang bisa menyebabkan munculnya jerawat adalah androgen.

Meningkatnya kadar hormon androgen dapat memicu produksi sebum berlebih dan menyebabkan jerawat.

Oleh karena itu, pil KB diklaim dapat mengatasi jerawat dan menurunkan kadar hormon androgen agar kembali seperti semula.

Tapi, tidak semua pil KB dapat mengatasi jerawat. Hanya pil KB dengan hormon estrogen dan progesteron yang bisa menurunkan kadar androgen serta mengatasi jerawat.

Kamu juga harus berkonsultasi pada dokter sebelum menggunakan pil KB. Dilansir dari Sehatq.com, berikut jenis pil KB yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat.

1 dari 1 halaman

Jenis pil KB dan kondisi ideal untuk menggunakannya

1. Norgestimasi: pil KB yang mengandung hormon estrogen dan dikombinasikan dengan progestin atau bentuk sintetis dari hormon progesteron.

2. Norethindrone: Sama dengan Norgestimasi dan terjual sesuai dosis yang dibutuhkan.

3. Drospirenone: pil KB dengan hormon estrogen dan dikombinasikan hormon progestin yang memiliki efek samping pembekuan darah. Jadi, harus berhati-hati ketika mengonsumsinya.

Meski dapat mengatasi jerawat, namun tidak semua wanita boleh menggunakannya. Wanita yang menjalani program atau sedang hamil, belum melewati masa puber, usia 35 tahun ke atas, merokok, sering migrain, hipertensi, memiliki riwayat penyakit jantung, kanker payudara, hati, perdarahan uterus serta gangguan pembekuan darah, tidak diperbolehkan mengonsumsi pil KB untuk mengobati jerawat.

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar