5 Bahan Alami Ini Merawat Kulit Sejak Dulu

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 30 Januari 2020 08:11
5 Bahan Alami Ini Merawat Kulit Sejak Dulu
Apa saja?

Dream - Sedari dulu, wanita telah melakukan banyak cara untuk merawat kulit.

Meskipun belum ada produk perawatan kulit seperti krim atau masker wajah, tapi mereka tetap memakai bahan alami yang sangat bermanfaat.

Dilansir dari Miss Kyra, berikut bahan alami yang digunakan para wanita untuk merawat kesehatan kulit sedari dulu:

Madu

Madu© MEN

Madu bersifat antibakteri dan dapat menyembuhkan kondisi kulit. Ini juga dapat menyamarkan bekas luka. Gunakan madu murni secukupnya pada area tertentu secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

Saffron 

Saffron© shutterstock.com

Saffron bukanlah bahan yang berharga murah. Tapi, saffron sangat bermanfaat bagi kulit. Campur dengan air mawar dan bubuk cendana.

Gunakan campurannya pada wajah selama 30 menit sebelum dibersihkan dengan air.

Telur

Makan Telur Setiap Hari, Sehatkah?© MEN

Protein pada telur mampu melembapkan dan mengencangkan kulit. Pisahkan putih dan kuning telur. Lalu, oleskan putih telur pada wajah dan leher hingga mengering.

Kunyit

Segudang Manfaat Kunyit untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui© MEN

Kunyit sangat bermanfaat bagi kulit. Campur kunyit dengan susu dan madu untuk mengeksfoliasi serta melembapkan kulit.

Yogurt

Manfaat Yogurt untuk Kecantikan Kulit© MEN

Yogurt dapat menghilangkan sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori. Ini merupakan bahan natural dari asam laktat atau AHA.

Campur 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdm yogurt. Lalu, oleskan pada wajah selama 10 menit sebelum dibersihkan dengan handuk hangat.

1 dari 3 halaman

Cara Tepat Memilih Skincare untuk Kulit Sensitif

Dream - Semua orang ingin punya kulit glowing, flawless dan sehat. Tapi, hal ini menjadi lebih sulit diwujudkan ketika kulitmu sensitif.

Sebagian orang membeli produk yang lebih mahal agar bisa cocok dengan kulit sensitif. Padahal, kamu hanya perlu lebih teliti ketika memilih produk.

Dilansir dari Boldsky.com, berikut tips memilih produk yang cocok untuk kulit sensitif.

Bebas Parfum

Bau harum pada produk skincare dapat menambah ketertarikan ketika memilihnya. Namun, kandungan parfum pada skincare justru berakibat buruk pada kulit sensitif.

Semakin sedikit kandungan parfumnya, akan semakin baik bagi kulit sensitif.

shutterstock© shutterstock.com

Produk yang Dipakai di Area Mata

Pakai eye cream khusus kulit sensitif jika ingin area bawah mata lebih lembap. Hindari penggunaan pelembap wajah pada mata. Pilihlah pencil eyeliner daripada liquid atau gel yang lebih mengiritasi.

2 dari 3 halaman

Hindari Kandungan yang Mengiritasi

Sebelum membeli produk, perhatikan kandungan di dalamnya. Beberapa kandungan seperti retinol, asam alfa hidroksi dan alkohol dapat mengiritasi kulit.

Jadi, pastikan ketiga bahan tersebut tidak ada di dalam skincare yang dipakai. Perhatikan juga kandungan apa saja yang bisa mengiritasi kukitmu.

shutterstock© shutterstock.com

Gunakan Silicon-Based Foundation

Silicon-based foundation diklaim lebih ringan untuk kulit sensitif. Hindari produk waterproof karena tidak ringan untuk kulit. Pembersih wajah waterproof juga seringkali mengandung bahan yang bisa mengiritasi kulit.

3 dari 3 halaman

Perhatikan Tanggal Kedaluwarsa

Jika kulitmu sensitif, hindari produk yang sudah kedaluwarsa. Perhatikan tanggalnya ketika membeli. Berikan label tanggal kedaluwarsa pada produk sebagai pengingat.

shutterstock© shutterstock.com

Gunakan Scrub Ringan

Eksfoliasi sangat penting untuk menghilangkan sel kulit mati. Tapi, bisa berbahaya bagi kulit sensitif.

Kulitmu bisa ruam, kering, gatal dan kemerahan jika menggunakan scrub untuk mengeksfoliasi. Pilih formula ringan dan jangan melakukannya lebih dari 2 kali seminggu.

Beri Komentar