Conditioner Bisa Sebabkan Jerawat Punggung?

Reporter : Shania Suha Marwan
Selasa, 2 Agustus 2022 19:55
Conditioner Bisa Sebabkan Jerawat Punggung?
Tak cuma kulit kepala saja, tapi conditioner juga bisa memengaruhi kulit tubuh.

Dream - Jerawat adalah masalah kulit yang umum dirasakan sekaligus ditakuti banyak orang apalagi jika sampai muncul bagian wajah. Jerawat terjadi karena folikel rambut tersumbat akibat minyak dan sel kulit mati. 

Tak hanya dapat terjadi di wajah, jerawat juga bisa terjadi pada bagian tubuh lainnya. Leher, punggung, dan dada adalah bagian tubuh yang kadang juga bisa diserang jerawat. 

Ilustrasi© Shutterstock

Jerawat yang muncul di bagian belakang atau di punggung dapat membuat rasa tidak nyaman. Faktor penyebab jerawat di punggung antara lain, hormon, genetik, pakaian, tempat tidur kotor, dan produk perawatan kulit. 

Kamu nggak mau kan tiba-tiba harus menggaruk area punggung akibat gatal di waktu yang kurang tepat? Kamu pasti ingin cepat-cepat terbebas dari jerawat punggung. 

1 dari 5 halaman

Bisa disebabkan kondisioner?

Untuk menghilangkan jerawat punggung, kamu bisa mencoba beberapa hal seperti mandi setelah berkeringat, melakukan eksfoliasi secara rutin, menggunakan pakaian  bersih, hingga mengikat rambut agar kotoran yang menempel di rambut tidak jatuh ke area punggung. 

Tapi, tahu nggak sih Sahabat Dream, selain faktor yang sudah disebutkan tadi, conditioner yang kamu gunakan untuk menyehatkan rambut ternyata juga bisa memicu munculnya jerawat di punggung. 

Ilustrasi© Shutterstock

Namun jika terkena kulit, conditioner dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu jerawat. Teksturnya yang kental dapat menyebabkan timbulnya jerawat di punggung.

2 dari 5 halaman

Bagaimana mengatasinya?

Tapi bagaimana kalau keperluan kamu sangat membutuhkan kondisioner untuk menutrisi kulit rambut?

Kamu tetap boleh memakai kondisioner namun diikuti dengan membersihkan kulit tubuh menggunakan sabun. 

Ilustrasi© Shutterstock

Hal itu dilakukan agar saat kamu mencuci kembali kulit tubuh dengan sabun setelah membilas conditioner, kamu memastikan sisa residu dari conditioner tidak menempel di tubuh. 

Sumber: Makeup 

3 dari 5 halaman

Pakai Scrub atau Loofah Bisa Memperparah Jerawat Punggung

Dream - Selain di wajah, jerawat juga sering muncul di punggung. Meski sering tertutup pakaian, namun jerawat punggung tetap mengganggu kenyamanan serta penampilan seseorang. Apalagi, jika jerawat punggung terasa perih dan sakit.

Jerawat punggung bukanlah hal yang wajar dialami dan tetap harus segera diatasi. Cara mengatasinya pun beragam. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit, mengatasinya sendiri di rumah, atau melakukan keduanya.

Kulit Tubuh Terasa Kasar seperti Kulit Ayam, Bisakah Hilang Sendiri?

Dikutip dari unggahan Instagram Dokter Kulit, Yessica Tania, berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat punggung.

1. Ketahui Jenis Jerawat

Jerawat Punggung© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Jerawat punggung terbagi menjadi dua jenis, yaitu ringan dan berat. Kondisi jerawat akan terlihat dari jumlah, kedalaman, serta rasa sakit yang ditimbulkan.

Jumlah jerawat yang sedikit dan tidak terasa sakit menandakan jerawatmu tergolong ringan atau sedang. Tapi jika jerawatnya cukup dalam, banyak, serta terasa nyeri, tandanya jerawatmu tergolong berat.

Jika memiliki jerawat punggung yang berat, kamu perlu berkonsultasi pada dokter kulit untuk mengatasinya secara efektif. Sementara jerawat yang ringan bisa dibantu diatasi secara mandiri dengan melakukan upaya berikut.

4 dari 5 halaman

2. Ganti Pakaian Saat Berkeringat


Berkeringat© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Sempat Takut Hasil Makeup Tidak Memuaskan, MUA 'Skill Dewa' Sulap Wajah Pengantin Bermata Panda jadi Super Manis

Segera ganti pakaian saat berkeringat untuk mencegah timbulnya jerawat punggung. Bila perlu, segera mandi setelah beraktivitas atau berolahraga untuk memastikan kulitmu tetap bersih dan bebas dari potensi berjerawat.

3. Hindari Pakaian Terlalu Ketat

Memakai Pakaian Longgar© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Berubah `Kembaran` Lagi, Transformasi Penampilan Kurma SBD Kini Dibilang Mirip Siti Badriah

Jika ingin menggunakan pakaian ketat, pastikan kamu tidak memakainya terlalu sering. Memakai pakaian ketat akan memicu munculnya jerawat punggung akibat gesekan atau keringat yang menempel pada baju. Pakailah pakaian yang longgar dan mudah menyerap keringat agar tetap nyaman serta terbebas dari jerawat punggung.

 

5 dari 5 halaman

4. Perhatikan Cara Membersihkan Tubuh

Mandi© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Tampil Lebih Imut dengan Membuat Rambut Berponi dalam 3 Langkah

Jangan gunakan pembersih atau barang yang kasar ketika mandi, seperti scrub dan loofah. Alat atau sabun mandi yang kasar akan memperparah jerawat punggung. Pakailah alat dan sabun mandi yang ringan. Yessica juga menyarankan untuk keramas terlebih dulu sebelum menggunakan sabun.

5. Memakai Sabun yang Tepat

Memakai Sabun© Shutterstock

Foto: Shutterstock

4 Tren Kecantikan yang Tanpa Disadari Bikin Pengeluaran Lebih Boros

Gunakan sabun yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid untuk mengatasi jerawat punggung. Diamkan selama 5 menit setelah pemakaian dan bilas menggunakan air bersih.

Kamu juga bisa menggunakan leave on product, seperti serum, lotion, atau spray yang mengandung salicylic acid, retinol derivatives, maupun bahan aktif pencegah jerawat lainnya.

 

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More