Bisakah Memperbaiki Kulit yang Rusak Akibat Sinar Matahari?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 1 September 2021 09:12
Bisakah Memperbaiki Kulit yang Rusak Akibat Sinar Matahari?
Cari tahu apa yang harus dilakukan dan dihindari.

Dream – Terlalu lama atau sering terpapar sinar matahari bisa menyebabkan penuaan dini dan masalah kulit lainnya. Pada sebagian orang, paparan sinar UV bisa menyebabkan kanker kulit.

Dilansir Byrdie, Dermatologis asal New York, Michele Green, menjelaskan bahwa sinar UV dapat menembus kulit hingga ke lapisan terdalam dan menyebabkan perubahan DNA sel kulit.

Meski sebagian orang masih memiliki kondisi wajah yang sempurna setelah terpapar sinar matahari, namun masalah kulit bisa datang dalam jangka panjang.

Hal tersebut dikarenakan kerusakan akibat sinar matahari membutuhkan waktu yang agak lama untuk mencapai ke permukaan kulit.

“ Butuh waktu bertahun-tahun agar kerusakannya terlihat karena kedalamannya,” kata Green. Ia menjelaskan ada beberapa tanda kerusakan akibat sinar matahari seperti munculnya freckless, kerutan, garis halus, hilangnya elastisitas, dan perubahan warna atau tekstur kulit yang tidak merata.

Jika Sahabat Dream memiliki tanda-tanda ini, berikut cara untuk memperbaiki atau mencegah kulit yang rusak akibat sinar matahari.

1 dari 5 halaman

1. Rajin menggunakan vitamin C

Menggunakan Krim Wajah yang Mengandung Vitamin C© Shutterstock

Salah satu cara terbaik untuk memerangi dampak buruk sinar UV adalah menggunakan antioksidan seperti vitamin c. “ Vitamin C adalah antioksidan yang membantu memerangi hiperpigmentasi serta munculnya garis halus dan kerutan akibat paparan sinar UV,” ujar Green.

Ia menambahkan, sifat restoratif asam L-askorbat (vitamin c versi aktif) berkontribusi pada percepatan produksi kolagen dan elastin kulit.

Kolagen dan elastin bertanggung jawab untuk menjaga kulit tampak sehat dan awet muda. Aplikasikan produk yang mengandung vitamin C secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

© Dream
2 dari 5 halaman

2. Menggunakan retinol

Menggunakan Serum© Shutterstock

Dokter kulit dan pendiri @brownskinderm, Adeline Kikam, mengklaim retinol sebagai produk yang sangat penting untuk mencegah munculnya tanda penuaan selain tabir surya.

“ Retinol sering digunakan dalam rutinitas skincare untuk mengembalikan tekstur kulit yang rusak akibat sinar matahari, meningkatkan pergantian sel kulit, dan mengatasi warna kulit yang tidak merata,” jelas Kikam.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa retinol membantu merangsang produksi kolagen dan elastin di kulit yang hilang akibat kerusakan radiasi UV.

Menurutnya, retinol yang diresepkan oleh dokter kulit cenderung lebih efektif daripada yang dijual bebas. Hal ini dikarenakan retinol dari dokter kulit tentunya sudah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pasiennya.

3 dari 5 halaman

3. Menggunakan chemical peel yang dijual bebas

Melakukan Perawatan Kecantikan© Shutterstock

Terkadang, seseorang ragu untuk menggunakan chemical peel karena prosedur ini biasanya dilakukan oleh dokter kulit. Namun saat ini, sudah banyak produk chemical peel yang aman digunakan dan dijual bebas di pasaran.

Menurut dokter kulit Hope Mitchell, menambahkan larutan asam ke dalam perawatan kulit sangat baik untuk meredakan masalah akibat paparan sinar matahari.

“ Chemical peels memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar UV dengan menggunakan larutan asam kimia untuk mempercepat proses pembaruan atau pergantian kulit,” ujarnya.

Sahabat Dream bisa memilih produk yang mengandung mandelic, gly oliv, salicylic, atau trichloroacetic acids. Jangan gunakan chemical peels berbeda secara bersamaan.

Kamu bisa menggunakannya seminggu sekali di malam hari. Cobalah produknya pada tangan atau leher terlebih dulu untuk memastikan keamanan produk pada kulitmu.

© Dream
4 dari 5 halaman

4. Berkonsultasi ke dokter kulit

Banyaknya produk eksfoliasi memiliki kekuatan dan efektivitas yang lebih rendah daripada yang diresepkan dokter. Jika ingin lebih efektif, Mitchell merekomendasikan untuk pergi ke dokter kulit. Dermatologis dapat memadukan dan menyesuaikan kebutuhan kulit pasien.

5. Melakukan dermaplaning

Perawatan lain yang bisa dilakukan di rumah atau dokter kulit adalah dermaplaning. Menurut ahli kecantikan Edyta Jarosz, dermaplaning yang disediakan oleh dokter kulit lebih optimal karena sering dikombinasikan dengan perawatan chemical peel.

“ Dermaplaning membantu meregenerasi sel kulit yang rusak akibat sinar matahari. Sehingga, membuat kulit dapat menyerap produk lebih baik,” ungkap Jarosz.

6. Menghindari perawatan dermabrasi

Kulit akan lebih rentan bermasalah di musim panas. Banyak orang keluar rumah, berkeliling, dan menikmati alam bebas.

Sedangkan, perawatan dermabrasi atau chemical peel akan membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari. Karena itu, Jarosz menyarankan untuk melakukan perawatan ini saat cuaca lebih dingin.

5 dari 5 halaman

7. Mencoba perawatan RF Microneedling

Pilihan lainnya adalah RF (radiofrequency) Microneedling. Perawatan ini digunakan untuk mengatasi sel kulit yang lemah, garis halus, dan kerutan. Prosedur ini sangat efektif karena menggabungkan dua teknik menjadi satu.

“ Microneedling adalah prosedur medis menggunakan jarum halus yang pendek untuk mengontrol luka pada kulit. Sehingga, merangsang produksi kolagen dan elastin serta meningkatkan sirkulasi darah,” kata Kikam.

Sementara itu, frekuensi radio adalah metode non-bedah menggunakan jarum berinsulasi untuk menembus kulit dan melepaskan frekuensi radio dari ujung jarum untuk merangsang kolagen sehingga bisa mengencangkan kulit.

8. Fraxel

Jika retinol adalah standar emas produk anti-penuaan di rumah, maka Green mengatakan Fraxel adalah ‘penghapus ajaib’ untuk meningkatkan warna dan tekstur kulit.

Fraxel sering direkomendasikan untuk pasien yang menderita berbagai masalah kulit. “ Fraxel akan menjangkau luka mikroskopis di kulit melalui pulsa laser yang terkonsentrasi. Saat kulit memperbaiki luka-luka ini, produksi kolagen meningkat, sel kulit baru akan tumbuh dan kerusakan akibat sinar matahari mulai sembuh,” jelas Green.

Jika kamu kulitmu rusak akibat sinar matahari, ada banyak sekali pilihan perawatan yang bisa dilakukan. Sahabat Dream bisa mencobanya mulai dari yang dapat dilakukan di rumah hingga ke salon perawatan kecantikan.

Namun, jika kerusakannya semakin parah coba konsultasikan ke dokter kulit agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Laporan: Elyzabeth Yulivia

© Dream
Beri Komentar