Cara Menghilangkan Minyak di Wajah yang Berlebih Secara Alami

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Selasa, 12 November 2019 12:41
Cara Menghilangkan Minyak di Wajah yang Berlebih Secara Alami
Masalah di wajah selain jerawat yaitu wajah yang berminyak. Akan sangat mengganggu jika kamu mengalami minyak di wajah berlebih.

Dream - Kulit wajah yang berminyak memang membuat wajah kita terlihat kusam. Wajah pun jadi tidak sedap untuk dilihat jika jumlah minyak di wajah berlebih.

Meski begitu, minyak di wajah memiliki manfaat bagi wajah kamu. Minyak alami wajah atau sebum sebenarnya baik untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah keriput.

Biarpun bermanfaat, minyak yang berlebihan bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat. Tidak sulit mengatasi masalah minyak di wajah yang berlebih.

Banyak metode yang bisa kamu lakukan untuk mangatasi minyak di wajah berlebih. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebih secara alami: 

1 dari 3 halaman

Cara Alami Menghilangkan Minyak di Wajah

Mangatasi minyak di wajah bisa dilakukan dengan cara alami. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan minyak di wajah secara alami.

Apel

Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami pertama yaitu dengan buah apel. Antiseptik dalam apel berguna agar sel kulit mati terkelupas sehingga minyak yang menumpuk pada wajah akan hilang atau berkurang.

Caranya sangat mudah, pertama parut apel sampai halus lalu gunakan sebagai masker pada wajah.

Avokad

Avokad bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini karena avokad banyak mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C.

Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal. Maka dari itu avokad bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan minyak di wajah secara alami.

Pisang

Pisang juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan minyak di wajah secara alami selanjutnya. Pisang kaya akan vitamin C yang efektif mengatasi.

Caranya yaitu dengan menghaluskan 1 buah pisang lalu tambahkan 1 sdm madu. Campur hingga rata lalu oleskan pada wajah.

Mentimun

Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran wajah terjaga sehingga wajah tidak terlihat kusam. Mentimun juga berguna untuk menghambat pigmentasi kulit serta menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Tidak heran jika mentimun dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan minyak di wajah secara alami. Gunakan mentimun sebagai masker alami untuk membasmi minyak di kulit.

Tomat

Tomat bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan minyak di wajah secara alami. Senyawa anti-oksidan yaitu lycopene ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah, berseri, dan tidak berminyak.

Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV. Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah Selamanya

Minyak di wajah tidak bisa dihilangkan sepenuhnya secara maksimal. Selain itu, faktanya minyak di wajah bermanfaat untuk wajah. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan sebagai cara menghilangkan minyak di wajah.

Memilih produk perawatan kulit wajah dengan cermat

Ketika kamu menggunakan produk perawatan wajah dan make up, pilihlah yang berbahan dasar air dan tidak mengandung minyak serta alkohol.

Biasanya produk itu berlabel " oil free" atau " noncomedogenic" . Kandungan itu bisa menjadi cara menghilangkan minyak di wajah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk perawatan kulit wajah yang mengandung tretinoin, glycolic acid atau salicylic acid.

Produk yang mengandung bahan-bahan tersebut bermanfaat untuk membuang minyak berlebih, mengecilkan pori-pori, dan membantu mengatasi jerawat.

Menggunakan tabir surya

Tabir surya bisa digunakan sebagai cara menghilangkan minyak di wajah. Saat beraktivitas di luar ruangan, selalu gunakan tabir surya bebas minyak yang memiliki SPF minimal 30 dan diperkaya dengan zinc oxide dan titanium dioxide.

Tabir surya akan melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan keriput, bintik-bintik penuaan, bahkan kanker kulit.

Menggunakan kertas minyak

Kertas minyak memang bisa menjadi cara menghilangkan minyak di wajah dengan cepat. Saat kulit wajah dirasa sangat berminyak, cobalah gunakan kertas minyak.

Cara menggunakannya adalah dengan menempelkan kertas tersebut pada area yang berminyak selama beberapa detik, lalu angkat.

Jangan menggosokkan kertas minyak ke kulit wajah, karena justru akan menyebarkan minyak ke area wajah yang lain.

Mencuci wajah 2 kali sehari

Mencuci wajah sehari 2 kali sangat ampuh sebagai cara menghilangkan minyak di wajah. Cuci muka kamu pada pagi hari dam malam hari, atau ketika kulit wajah sedang berkeringat banyak.

Biasakan juga untuk mencuci wajah dan sisa make up sebelum tidur. Saat mencuci wajah, gunakanlah sabun pembersih wajah yang berbahan lembut dan hindari menggosoknya terlalu keras untuk mencegah iritasi pada kulit wajah.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah Pria

Kulit wajah pria memang lebih banyak mengeluarkan minyak daripada wanita. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan minyak di wajah pria.

Lakukan exfoliating agar tetap segar

Pengelupasan dibutuhkan untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan segar. Exfoliating scrub membantu memperbaiki tekstur, mencerahkan kulit, serta membersihkan komedo dan jerawat.

Seminggu sekali, kamu perlu menggunakan scrub untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Maka dari itu exfoliating bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan minyak di wajah.

Gunakan oil-free moisturizer

Kulit setiap orang membutuhkan kelembapan. Panas, angin, dan polusi dapat mengacaukan kadar kelembapan kulit dan menyebabkan kelebihan minyak.

Oleh karena itu, pelembap diperlukan untuk mempertahankan keseimbangan kulit. Pilih pelembap dengan tekstur gel agar lebih mudah meresap. Hindari pelembap bertekstur krim kental yang sulit meresap karena akan membuat kulitmu semakin berminyak.

Clay mask

Clay mask memliki sifat sebagai drying skin agent. Masker ini diklaim mampu mengangkat kotoran dan dapat menyerap minyak berlebih pada wajah.

Selain itu, clay mask juga berfungsi untuk mengencangkan kulit, menghilangkan sel kulit mati, dan mengecilkan pori-pori. Tidak heran jika clay mask bisa digunakan sebagai cara menghilangkan minyak di wajah.

(ism, Laporan: Andrawira Diwiyoga/Sumber: Alodokter dan Liputan6)

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik