Cegah Masalah Kulit Bibir di Musim Panas dengan Cara Ini

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 15 Juni 2021 18:35
Cegah Masalah Kulit Bibir di Musim Panas dengan Cara Ini
Jangan sampai bibir kering, pecah-pecah dan menghitam.

Dream - Selain mata, bibir menjadi salah satu area wajah yang cukup mudah bermasalah. Terutama, jika kamu sering beraktivitas di bawah sinar matahari. Untuk mengatasi persoalan yang menganggu ini mungkin telah banyak yang memerhatikan kelembapan bibir dan memakai lip balm secara rutin.

Namun jangan melakukan secara serampangan ya. Ada lho beberapa perawatan yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan, tekstur serta warna bibir agar tetap segar dan sehat. 

Dilansir dari Skincare.com, berikut tips merawat bibir agar tetap sehat, cerah, lembap dan kenyal.

Melakukan eksfoliasi setiap minggu

Sama halnya dengan wajah, kamu juga harus menjaga kebersihan bibir dengan melakukan eksfoliasi seminggu setiap minggu.

Tidak hanya menjaga bibir tetap bersih, melakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu dapat membuat bibirmu bebas dari sel kulit mati. Sehingga warna dan teksturnya terjaga.

1 dari 4 halaman

Memakai pelembap setiap hari

Memakai Lip Balm© Shutterstock

Jika ingin mempertahankan penampilan bibir agar tetap sehat dan kenyal, kamu harus memakai lip balm setiap hari.

Bahkan, kamu harus memakainya setiap merasa bibirmu kering. Pastikan lip balm yang digunakan mengandung SPF agar bibirmu terlindungi dari bahaya paparan sinar matahari.

Kamu bisa memakai lip balm dengan minimal SPF 15. Jangan lupa untuk memastikan formulanya cocok dengan kondisi bibirmu agar dapat menutrisi secara maksimal.

2 dari 4 halaman

Hindari Kebiasaan Menjilat Bibir, Ternyata Ini Efeknya

Dream - Kulit kering tidak selamanya dialami di seluruh wajah. Terkadang, kulit kering dialami di beberapa bagian wajah saja.

Salah satu area wajah yang bisa mengering adalah di sekitar mulut. Area mulut cukup sensitif dibandingkan bagian wajah lainnya.

Maka dari itu, Sahabat Dream harus merawatnya secara intensif agar tetap lembap dan tidak mengalami kulit kering atau pecah-pecah.

Di samping melakukan perawatan, lakukan juga pencegahan dengan menghindari hal yang bisa menyebabkan area di sekitar mulut menjadi kering seperti dilansir dari Skincare.com berikut ini.

3 dari 4 halaman

Menjilat Bibir

Menjilat bibir bisa menyebabkan bibirmu lebih kering dari sebelumnya. Ini disebabkan oleh saliva atau air liur yang menguap setelah menjilat bibir.

Akibatnya, bibirmu kehilangan kelembapan alaminya yang menguap bersama air liur. Gunakan lip balm yang cocok dengan bibirmu saat terasa kering.

Mandi air panas

Mandi air panas kurang baik bagi kesehatan rambut dan kulit. Termasuk kulit di sekitar bibir yang bisa mengering akibatnya.

Gunakanlah air bersuhu hangat-hangat kuku agar lebih segar dan tetap aman untuk kesehatan kulit maupun rambut.

Menggunakan produk yang mengandung alkohol dan parfum

Produk yang banyak mengandung jenis alkohol tertentu dan parfum bisa menyebabkan kulit sangat kering.

Hindari lip balm, pelembap wajah, pasta gigi yang mengandung bahan tersebut, terutama jika kulitmu sensitif dan kering. (mut)

4 dari 4 halaman

Beri Komentar