4 Hal yang Harus Diperiksa Seksama Sebelum Beli Skincare

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 17 Januari 2022 09:12
4 Hal yang Harus Diperiksa Seksama Sebelum Beli Skincare
Jangan sampai produk yang kamu gunakan malah membahayakan kulit.

Dream ─ Belakangan ini banyak kosmetik beredar yang tidak aman untuk digunakan. Ada yang membuat kulit iritasi, bahkan hingga mengelupas seperti terbakar.

Semakin banyak orang yang bingung memilih produk kosmetik dan meragukan keamanan maupun kualitasnya. Jika salah pilih kosmetik, kulit wajah bisa rusak dan hancur.

Untuk memilih kosmetik dan skincare yang aman, dikutip dari Instagram @bpom_ri, ternyata Sahabat Dream perlu memastikan 4 hal

" Ingat kosmetika, harus ingat juga cek KLIK ya," tulis admin BPOM di kolom caption.

KLIK sendiri merupakan kepanjangan dari Kemasan, Label, Izin Edar, serta Kedaluwarsa. Jadi, kamu perlu mengecek keempat hal tersebut ketika membeli produk kosmetik.

1 dari 3 halaman

Kemasan

Menggunakan Produk Perawatan Kulit© Shutterstock

Sebelum membeli, perhatikan kemasan produk dalam keadaan baik. Artinya, kemasannya tidak rusak, cacat, jelek, menggelembung, atau penyok. Sehingga, kualitas dan keasliannya tetap terjaga.

Label

Selanjutnya, cek label pada kemasan untuk membaca informasi seputar produk yang digunakan. Kamu bisa mengetahui kandungan, fungsi, cara penggunaan, serta efek samping produk yang akan dibeli.

2 dari 3 halaman

Izin edar

Jangan lupa cek izin edarnya. Biasanya, izin edar produk kosmetik tertera pada label berupa kode notifikasi (diawali huruf N, diikuti 1 huruf, dan 11 digit angka). Lalu, cek izin edar tersebut ke aplikasi BPOM Mobile.

Tanggal kedaluwarsa

Salah satu penyebab salahnya pemilihan produk kosmetik adalah tidak mengecek tanggal kedaluwarsa. Meski memiliki kandungan serta fungsi yang tepat untuk kulit, produk yang kedaluwarsa tetap akan menyebabkan berbagai masalah pada kulitmu. Jadi, selalu cek tanggal kedaluwarsa sebelum membeli produk kosmetik.

Laporan: Abinsha Nurmaulida Rizky

3 dari 3 halaman
Beri Komentar