Pesan-pesan Aneh Ini Muncul Secara Misterius di Amerika

Reporter : Ratih Wulan
Rabu, 7 September 2016 13:21
Pesan-pesan Aneh Ini Muncul Secara Misterius di Amerika
Ubin misterius ini pertama kali muncul pada tahun 1980 di Philadelpia.

Dream - Selama tiga dekade terakhir, ada seseorang yang diam-diam meninggalkan pesan aneh di sekitaran Amerika Serikat dan Amerika Selatan. Pesan tersebut dilukis di lantai linoleum persegi panjang dan tertanam di aspal jalanan.

Setelah ditelusuri, hampir keseluruhan ubin membawa pesan yang sama. Kemudian ubin-ubin itu disebut sebagai 'Toynbee' karena banyak merepresentasikan pandangan sejarawan terkenal Arnold J Toynbee.

Sedangkan ubin-ubin lain membawa pesan mengenai pernyataan politik, keluhan masyarakat dan budaya yang dituangkan dalam nada-nada samar. Sejauh ini telah ditemukan ratusan ubin, namun tetap tidak terungkap identitas siapa pembuatnya. Serta tujuan apa sebenarnya yang ingin dikemukakan dengan melakukan tindakan itu.

Banyak yang kemudian meyakini bahwa pelakunya terinspirasi dari karya fiksi ilmiah, Ray Bradhury 'The Toynbee Convector' yang merujuk pada salah satu karya Arnold J Toynber. Isinya menceritakan tentang sebuah gagasan yang diusulkan Toynbee mengenai cara manusia untuk bertahan hidup. Termasuk dalam mencapai hal-hal yang nyaris di luar batas kemampuan seseorang.

Ada kemungkinan juga penciptanya ingin menyebarkan bahwa orang-orang harus mengadopsi ide dan pemikiran Toynbee serta harus berpikir di luar dari biasanya seperti menjelajah Jupiter.

Ubin misterius ini pertama kali muncul pada tahun 1980 di Philadelpia. Pada saat ini orang meyakini bahwa seniman anonim tersebut merupakan penduduk asli Philadelpia. Sebagian besar ubin ditanam di wilayah yang berbatasan dengan Kansas City, Missouri Boston, Massachusetts, Washington DC, dan masih banyak lainnya.

Sementara ini, satu orang yang dicurigai sebagai pelaku adalah pria yang mengatasnamakan dirinya sebagai James Morasco. Meskipun tetap dicurigai bahwa nama itu adalah hanya nama samaran.

Namun saat ia meninggal di tahun 2003, pesan-pesan serupa terus muncul bahkan setelah lama dari tanggal kematiannya.

Ubin dirancang dengan metode yang sangat cerdik. Dibungkus dengan kertas tar lalu diletakkan di jalan-jalan yang selalui ramai dilewati. Sebagian ubin ditekan masuk ke dalam jalanan meskipun banyak yang telah hancur dalam proses pemeliharaan jalanan.

Hingga akhirnya pada 2015 silam, Departemen Pemelihara Jalan Philadelpia menyatakan ubin Toynbee sebagai seni jalanan dan ingin menyimpan beberapa sisanya.

(Sumber: Amusingplanet)

Beri Komentar