CONNECT WITH US!

Iseng Banget, Avatar Nyalon di Pilkada

Reporter : Arie Dwi Budiawati | Senin, 16 April 2018 06:44
Ilustrasi
Dia mencalonkan diri sebagai wali kota.

Dream – Ramai pemilihan calon kepala daerah baru ternyata tak hanya terjadi di Indonesia. Di Jepang, sejumlah politisi dan tokoh juga tengah berebut simpati demi menjadi seorang walikota. 

Namun dari sekian banyak kontestan, ada satu calon yang paling mencuri perhatian.

Dikutip Dream dari laman Oddity Central, Sabtu, 14 April 2018, sebuah robot mencalonkan diri dalam Pilkada Kota Tama, Tokyo, Jepang. Layaknya kandidat manusia lainnya, avatar ini memberikan janji-janji semasa kampanye, seperti kesetaraan dan keseimbangan dalam politik.

Sang kontestan juga berjanji akan membuat regulasi yang adil dan bermanfaat kepada warga Tama.

Gambar avatar itu memang nyata terpampang di berbagai tempat. Tapi dia tak murni seorang robot. Ini adalah strategi kampanye dari seorang kandidat, Michihito Matsuda.

Lewat kampanye ini, Matsuda berjanji akan memaksimalkan kecerdasan artificial untuk menjalankan urusan kota jika terpilih sebagai pimpinan Tama.

“ Untuk pertama kalinya di dunia, AI akan mencalonkan diri dalam pemilihan. Kecerdasan buatan akan mengubah Kota Tama. Dengan kelahiran Wali Kota AI, kita akan melakukan politik yang adil dan seimbang,” kata dia.

Matsuda akan menerapkan kebijakan untuk masa depan, mengumpulkan informasi dan pengetahuan, serta memimpin generasi lainnya dengan kecerdasan buatan.

Sekadar informasi, Matsuda yang berusia 44 tahun, pernah mencalonkan diri sebagai calon wali kota Tama pada 2014. Sayangnya, dia kalah. Kini, dia bertindak sebagai avatar untuk AI yang diyakini bisa membuat keputusan yang lebih baik daripada yang dibuat manusia. Nantinya, avatar ini akan “ bertarung” di Pilkada Tama hari ini.

Akankah calon kepala daerah yang saat ini bertarung di Pilkada serentar di Indonesa akan meniru strategi kampanye Michihito?

(Sah)

 

Baim Wong Lamar Paula - Vicky Shu Melahirkan