Doa Memohon Ilmu yang Bermanfaat, Baca Setiap Hari Agar Ilmu Jadi Berkah!

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 21 Juni 2022 20:00
Doa Memohon Ilmu yang Bermanfaat, Baca Setiap Hari Agar Ilmu Jadi Berkah!
Alquran mengajak pemeluknya untuk mencari ilmu yang mengarahkannya kepada ketaatan.

Dream – Islam memerintahkan kepada pemeluknya untuk selalu mencari ilmu selama hidup. Perintah mencari ilmu banyak disampaikan dalam Alquran dan Hadist. Seorang muslim wajib hukumnya mencari ilmu dari buaian hingga ke liang lahat. Artinya selama masih bernyawa, tidak ada alasan bagi seseorang untuk tidak belajar.

Ilmu menjadi dasar seseorang untuk menjalani kehidupan agar lebih mudah. Alquran mengajak pemeluknya untuk mencari ilmu yang mengarahkannya kepada ketaatan. Manusia memiliki akal yang merupakan anugerah terbesar dari Allah SWT. Dengan akalnya, manusia dapat berpikir dan mengembangkan pengetahuannya.

Tentu saja kita berharap kepada Allah agar ilmu yang kita punya bermanfaat untuk sesama.  Maka dari itu, kita dianjurkan membaca doa untuk memohon ilmu yang bermanfaat. Doa memohon ilmu yang bermanfaat ini dibaca setiap hendak belajar, pergi ke sekolah, atau setiap hari selesai sholat.

Berikut bacaan doa memohon ilmu yang bermanfaat dirangkum Dream dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Dalil tentang Anjuran Mencari Ilmu

Anjuran untuk mencari ilmu sudah banyak tercatat dalam Alquran dan Hadis. Sebab Alquran menjadi petunjuk bagi manusia yang memberikan banyak informasi mengenai kehidupan dunia dan akhirat.  

Salah satunya dalam firman Allah Swt dalam Surat Shad Ayat 29:

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

Kitābun anzalnāhu ilaika mubārakul liyaddabbarū āyātihī wa liyatażakkara ulul-albāb.

Artinya:

" Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran."

Selain itu, terdapat hadis yang juga menyebutkan tentang kewajiban menuntut ilmu, sebagaimana hadis yang diriwayatkan Ibnu Majah berikut:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَوَاضِعُ الْعِلْمِ عِنْدَ غَيْرِ أَهْلِهِ كَمُقَلِّدِ الْخَنَازِيرِ الْجَوْهَرَ وَاللُّؤْلُؤَ وَالذَّهَبَ

Artinya:

" Mencari ilmu adalah kewajiban setiap muslim, dan siapa yang menanamkan ilmu kepada yang tidak layak seperti yang meletakkan kalung permata, mutiara, dan emas di sekitar leher hewan."

2 dari 3 halaman

Doa Memohon Ilmu yang Bermanfaat

Doa mohon ilmu yang bermanfaat salah satunya dari hadis yang diriwayatkan Ibnu Majah. Hadis ini dinilai sebagai hadis shahih oleh Syekh Al-Albani rahimahullah dalam Sahih Ibnu Majah.

Berikut bacaan doa mohon ilmu yang bermanfaat menurut hadis:

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as-aluka ‘ilman nafi'an wa rizqan thayyiban, wa ‘amalan mutaqabbalan.

Artinya:

" Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima."

Selain dari hadis, doa mohon ilmu yang bermanfaat juga terdapat dalam Alquran Surat Thaha ayat 114:

 رَبِّىْ زِدْنِيْ عِلْمًـا ناَفِعًاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Robbi zidni 'ilman naafi'an warzuqni fahma.

Artinya:

" Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan berikanlah aku pemahaman yang baik."

3 dari 3 halaman

Doa Memohon Ilmu yang Bermanfaat Selanjutnya

Terdapat banyak doa untuk memohon agar ilmu yang kita dapatkan bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat. Berdasarkan hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berdoa seperti berikut:

 اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ

Allahummanfa'nii bimaa 'allamtanii wa 'allimnii maa yanfa'una wa zidnii 'ilman, alhamdulillahilladzi 'alaa kulli haalin wa a'uzu billahi min haali ahlin Naar.

Artinya:

" Ya Allah, Jadikanlah ilmu yang Engkau ajarkan kepadaku bermanfaat bagiku. Ajarkanlah kepadaku ilmu yang berguna untukku dan tambahkanlah kepadaku ilmu. Segala puji bagi Allah atas segala hal, aku berlindung kepada Allah dari keadaan dan segala hal yang dilakukan penghuni neraka" . (HR at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan al-Bazzar)

Itulah beberapa doa memohon ilmu yang bermanfaat agar ilmu yang didapatkan memberikan berkah bagi sesama manusia dan sesame makhluk.

Beri Komentar