Doa Setelah Wudlu dan Tata Cara Melakukan Wudlu yang Benar, Mudah Dihafal

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 26 November 2021 11:45
Doa Setelah Wudlu dan Tata Cara Melakukan Wudlu yang Benar, Mudah Dihafal
Sebelum dan setelah melakukan wudlu disunahkan untuk membaca doa.

Dream – Islam telah mengajarkan kepada umatnya agar berdoa sebelum dan setelah melakukan sesuatu. Selain sebagai bentuk representasi berkomunikasi dengan Sang Pencipta, doa adalah bentuk rasa syukur dan juga memohon agar segala aktivitas yang terlaksana bisa berjalan sesuai dengan harapan.

Ada berbagai doa yang telah diajarkan dalam Islam, misalnya saja doa sebelum wudlu dan doa setelah wudlu. Seperti yang sahabat Dream ketahui, wudlu adalah aktivitas bersuci untuk menghilangkan hadas besar maupun kecil sebelum umat Islam menjalankan ibadah sholat.

Sehingga ketika nantinya menghadap Allah SWT, kita dalam kondisi yang suci. Sehingga ibadah kita pun akan diterima oleh Allah SWT. Bahkan doa sebelum wudlu dan doa setelah wudlu tidaklah terlalu panjang. Sehingga sangat mudah untuk dihafalkan dan dibiasakan membacanya setiap saat.

Berikut adalah bacaan doa sebelum wudlu dan doa setelah wudlu lengkap dengan tata cara wudlunya yang benar sebagaimana telah dirangkum oleh Dream dari Merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Doa Sebelum dan Sesudah Wudlu

Doa Sebelum dan Sesudah Wudlu© Freepik.com

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa wudlu menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan sebelum menjalankan sholat. Namun perlu diingat selalu, bahwa sebelum maupun sesudah melakukan wudlu haruslah diiringi dengan doa.

Doa Sebelum Wudlu

Berikut adalah bacaan doa sebelum wudlu beserta artinya:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul whuduu-a liraf’ll hadatsil asghari fardhal lilaahi ta’aalaa.

Artinya: “ Saya niat berwudlu untuk menghilangkan hadas kecil fardu karena Allah.”

Doa Setelah Wudlu

Setelah selesai menyelesaikan wudlu, maka berikut ini adalah bacaan doa setelah wudlu yang juga disertai dengan artinya:

اَشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَاالتَّوَّابِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِىْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asy-hadu alla ilaaha illallah wahdahu laa syarikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuluh, allohummaj’alnii minattawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriin.

Artinya: “ Aku bersaksi bahwasanya tiada sesembahan yang benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku hamba yang bertobat dan jadikanlah aku sebagai orang yang bersuci, dengan ia membacanya melainkan akan dibukakan baginya delapan pintu surga, ia akan masuk lewat pintu mana saja yang ia mau.” (HR. Tirmidzi)

© Dream
2 dari 3 halaman

Tata Cara Wudlu yang Benar

Tata Cara Wudlu yang Benar© Flickr.com

Setelah sahabat Dream mengetahui bagaimana doa sebelum wudlu dan doa setelah wudlu, maka selanjutnya adalah mengetahui tentang tata cara wudlu yang benar. Wudlu sendiri telah diperintahkan oleh Allah SWT melalui Al-Quran dalam surat Al-Maidah ayat 6.

Tak hanya dalam Al-Quran saja, dalam hadis pun juga telah diperintahkan untuk melaksanakan wudlu. Hadis tersebut adalah sebagai berikut: 

أُمِرْتُبِالْوُضُوءِإِذَاقُمْتُإِلَىالصَّلَاة

Artinya: Aku diperintah untuk berwudlu apabila hendak melakukan sholat.” (HR. Abu Dawud (3760), Tirmidzi (1848))

Wudlu sendiri haruslah dilakukan secara berurutan. Berikut adalah tata cara wudlu yang benar:

Membaca Niat Wudlu

Sebelum melakukan wudlu, maka harus didahului dengan niat. Hal ini sebagaimana pernah ditulis oleh HR. Bukhari bahwa “ Rasulullah saw menerangkan bahwa segala perbuatan tergantung kepada niatnya, dan seseorang akan mendapatkan balasan menurut apa yang diniatkannya…,” (HR. Bukhari dalam Fathul Baary, 1”9;Muslim, 6:48)

Membaca Basmallah

Setelah berniat melakukan wudlu, maka selanjutnya adalah membaca basmallah semabri membasuh kedua telapak tangan sebanyak tiga kali sampai ke sela-sela jari tangan. Tetapi jika sahabat Dream lupa untuk membaca basmallah, maka hal tersebut tetap membuat wudlumu sah.

Berkumur-kumur

Kemudian dilanjutkan dengan berkumur-kumur sebanyak tiga kali. Sahabat Dream bisa memasukkan air dengan menggunakan tangan ke dalam mulut dan memutar air di dalamnya lalu mengeluarkan air tersebut. Kemudian juga membersihkan sisa-sisa makanan yang ada di sela-sela gigi.

Mencuci Lubang Hidung

Selanjutnya adalah mencuci lubang hidung sebanyak tiga kali. Hal ini dalam upaya untuk mengeluarkan kotoran yang ada di dalam hidung. Sunahnya adalah dengan memasukkan air ke hidung dan mencucinya dengan menghirup air tersebut sekali saja, lalu kemudian dikeluarkan dengan cara memencet hidung.

Mencuci Muka

Kemudian dilanjutkan dengan mencuci muka sebanyak tiga kali. Air yang dibasuhkan sebaiknya mulai dari ujung kepala di mana tempatnya tumbuh rambut sampai ke bagian bawah dagu. Lalu tak lupa juga membersihkan telinga, dimulai dari telingan kanan ke telinga kiri.

3 dari 3 halaman

Tata Cara Wudlu yang Benar

Mencuci Kedua Belah Tangan sampai Siku

Lalu mencuci kedua belah tangan sampai ke bagian siku sebanyak tiga kali. Perlu diingat, bahwa saat berwudlu agar didahulukan pada bagian tubuh yang sebelah kanan. Bahkan mencuci kedua belah tangan sampai ke bagian siku juga sudah dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Maidah ayat 6.

Mengusap Kepala

Setelah mencuci kedua belah tangan sampai ke siku, selanjutnya adalah mengusap kepala dari bagian depan ke bagian belakang sebayak satu kali. Hal ini sebagaimana hadis, Ali bin Alin Thalib berkata, “ Aku melihat Nabi saw mengusap kepalanya satu kali.” (HR. Sahih Abu Dawud No. 106)

Membersihkan Kedua Telinga

Saat membersihkan kedua telinga ini adalah dengan cara memasukkan jari telunjuk ke dalam telinga, lalu ibu jari diusapkan kedua daun telinga. Cara ini dilakukan secara bersamaan antara telinga kanan dan juga telinga kiri.

Mencuci Kedua Kaki sampai di Atas Mata Kaki

Urutan wudlu selanjutnya adalah mencuci kedua kaki sampai di atas mata kaki yang dilakukan sebanyak tiga kali. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis HR. Bukhari, bahwa didahulukan kaki yang sebelah kanan sampai tiga kali, lalu kaki bagian kiri. Dan ketika sedang membasuh kaki, Rasulullah saw juga menggosok jari kelingkingnya di sela-sela jari kaki (HR. Bukhari, Fathul Baari, dan Muslim).

Membaca Doa Wudlu

Dan yang terakhir adalah disunahkan membaca doa setelah wudlu seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Ketika sahabat Dream membaca doa setelah wudlu, maka sebaiknya posisinya adalah menghadap ke arah kiblat sembari mengangkat kedua tangan.

© Dream
Beri Komentar