Fenomena Facebook Sudah Disinggung dalam Alquran

Reporter : Sandy Mahaputra
Senin, 7 September 2015 10:17
Fenomena Facebook Sudah Disinggung dalam Alquran
Dalam Alquran telah dijelaskan manusia mempunyai sifat...

Dream - Perkembangan zaman membuat teknologi semakin modern. Salah satu fenomena yang sedang terkenal adalah adanya berbagai macam media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, dan Instagram.

Facebook lebih dahulu dikenal daripada yang lain. Jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg ini sudah digemari sejak awal kemunculannya.

Banyak orang yang menggunakan aplikasi ini. Dari anak kecil hingga orangtua. Tapi, ternyata fenomena Facebook sudah disinggung dalam Alquran.

Dalam Alquran telah dijelaskan manusia mempunyai sifat suka mengeluh. Apabila diberi kesusahan ataupun musibah, selalu berkeluh kesah.

Namun, jika ia diberkahi dengan kebaikan atau nikmat maka ia akan menjadi kikir. Hal tersebut telah menjelaskan fenomena jamaah 'fesbukiyah' pada umumnya. Selengkapnya klik di sini. (Ism) 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

1 dari 5 halaman

Nama-Nama Surga dan Calon Penghuninya Dalam Al-Quran

 

Nama-Nama Surga dan Calon Penghuninya Dalam Al-Quran

Dream - Berikut ini nama-nama surga, tingkatan, dan para calon penghuninya :

1. Surga Firdaus diciptakan oleh Allah SWT dari emas. Calon penghuninya dijelaskan dalam Surat 23/Al-Mukminun ayat 1- 11, ialah :

a. orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya,
b. orang-orang yang memelihara sholat,
c. orang-orang yang berpaling dari pekerjaan yang sia-sia.
d. orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali kepada istri-istri mereka

2. Surga Adn diciptakan oleh Allah SWT dari intan putih. Calon penghuninya, ialah
a) Orang-orang yang sabar karena mencari keridhoan Tuhan- nya, mendirikan sholat dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan. (QS. 13IAr Ro’du: 22-24)
b) Orang yang bertaubat, beriman, dan beramal saleh. (QS. 19/ Maryam: 60-61)
c) orang-orang yang benar-benar bertakwa. (QS. 38/Shod: 49- 50)

3. Surga Na’im diciptakan oleh Allah SWT dari perak putih. Calon penghuninya, ialah
a. orang-orang yang beriman dan beramal saleh (QS. 31/ Luqman: 8)
b. orang-orang yang bertakwa (QS. 68/Al-Qolam: 34)

4. Surga Ma’wa diciptakan oleh Allah SWT dari zamrud hijau. Calon penghuninya, ialah:
a. orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT (QS. 53/An- Najm: 15)
b. orang-orang yang benar-benar beriman dan berawal saleh. (QS 32/As-Sajdah: 19)
c. orang-orang yang takut kepada kebesaran Allah SWT dan menahan diri dari hawa nafsu yang buruk. (QS. 79/An- Nazi’at: 40-41)

5. Surga Darussalam diciptakan oleh Allah SWT dari yakut merah. Calon penghuninya sebagaimana yang diterangkan dalam Surat Al-An’am ayat 127, ialah:

a. orang-orang yang kuat iman dan islamnya;
b. orang-orang yang memperhatikan ayat-ayat Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari karena Al­lah SWT.

6. Surga Darul Muqomah diciptakan oleh Allah SWT dari permata putih. Calon penghuninya, ialah orang-orang yang kebaikannya amat banyak dan sangat jarang berbuat kesalahan.

7. Surga Al-Maqomul Amin diciptakan oleh Allah SWT dari emas. Calon penghuninya, ialah orang-orang yang keimanannya telah mencapai tingkat muttaqin, yakni orang-orang yang benar- benar bertakwa kepada Allah.

8. Surga Khuldi diciptakan oleh Allah SWT dari marjan merah dan kuning. Calon penghuninya, ialah orang-orang yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. (QS. 25/Al-Furqon: 15)

Sumber : Nama Surga

2 dari 5 halaman

Alquran Sebut Semut Bisa Bicara, Ilmuwan Membuktikan

Alquran Sebut Semut Bisa Bicara, Ilmuwan Membuktikan

Dream - Nabi Sulaiman A.S merupakan anak dari Nabi Daud A.S, dalam Alquran namanya disebutkan sebanyak 27 kali. Ia diangkat menjadi raja di kerajaan bani Israil setelah ayahnya wafat.

Tak hanya menjadi raja bani Israil, Allah memberikannya kemampuan untuk menjadi raja bagi bangsa jin dan binatang. Oleh karena itu, Nabi Sulaiman bisa mengerti berbagai macam bahasa binatang termasuk semut.

Dalam sebuah kisah di Alquran, Nabi Sulaiman dan bala tentaranya sedang melintasi sebuah jalan di mana terdapat gerombolan semut. Dalam ayat itu, Allah menyebutkan bahwa semut-semut itu dapat berbicara satu sama lain.

" Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari" . [QS. An-Naml ayat 18]

Sebagai umat Islam, kita percaya bahwa apa yang tertera di dalam Alquran tidak ada yang sia-sia. Namun, bagi orang-orang yang tidak mempercayai Alquran, pastilah ayat di atas hanya dianggap sebagai bualan belaka.

Namun, fakta kebenaran Alquran soal itu kembali terungkap melalui sebuah penelitian ilmiah. Penasaran seperti apa? Selengkapnya di sini. (Ism) 

 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke redaksi@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

3 dari 5 halaman

Profesor Perancis Temui Bukti Ilmiah di Quran

Profesor Perancis Temui Bukti Ilmiah di Quran

Dream - Karpet merah menjuntai di depan mulut pintu pesawat yang baru mendarat dari penerbangan Mesir. Puluhan orang dengan stelan jas berbaris rapi, menjemput. Raut muka mereka penasaran. Sebentar kepala mereka menengadah, menatap sebuah peti mati tertutup kaca yang perlahan diturunkan melalui tangga pesawat.

Sesaat peti sampai di landasan, seorang pria paruh baya melangkah mendekat. Dia adalah Presiden Perancis, Francois Mitterrand. Di depan peti dia mencondongkan badan ke depan, membungkuk memberi hormat. Spontan orang-orang yang ada di sekelilingnya mengikuti. Tidak terkecuali para menteri dan pejabat senior.

Suasana mendadak hening. Tersihir sosok di dalam peti yang begitu tersohor. Jenazah orang paling tiran yang pernah dicatat dalam semua kitab suci agama samawi : Raja Mesir, Firaun. Dia memang sudah tak bernyawa. Tapi tubuhnya masih tetap utuh.

Upacara penyambutan usai. Buru-buru Sang Firuan diangkut ke Monument Center, di jantung kota Paris. Di sana ia bakal dipertemukan para arkeolog, ahli bedah, dan ahli anatomi kelas wahid.

Kedatangan Firaun ke Perancis itu merupakan bagian dari cita-cita negeri itu untuk mendalami arkeologi dan budaya kuno dunia. Selain itu mereka berjanji dengan teknologi mutakhir, akan merestorasi mumi agar tetap awet. Perancis meminta Mesir ‘meminjamkan’ mumi Firaun untuk membuktikannya.

Permintaan itu diluluskan. Realisasinya, menerbangkan jenazah Firaun ke Perancis pada 1981. Selengkapnya Profesor Prancis Mualaf Usai Bedah Mumi Firaun. (Ism)

                                                                ****

4 dari 5 halaman

Keajaiban Hujan dalam Alquran

Keajaiban Hujan dalam Alquran

Dream - Hujan merupakan proses alam yang mendapat perhatian dari para ilmuwan selama bertahun-tahun. Selama penelitian berjalan, proses terbentuknya hujan begitu sulit dipecahkan karena kurangnya teknologi mutakhir pada saat itu. Setelah radar cuaca ditemukan, barulah para ilmuan menemukan titik terang tentang proses pembentukan hujan

Dalam Jurnal berjudul The Atmosphere (1975,) kelompok ilmuwan menuliskan bahwa terdapat tiga tahap proses pembentukann hujan. Tiga tahapan tersebut meliputi adanya bahan baku berupa awan yang terpisah-pisah, kemudian awan tersebut bergabung membentuk titik-titik air, hingga akhirnya terlihat curahan hujan.

Pada awal penemuan tersebut, angin dalam proses hujan hanyalah sebagai penggerak awan. Memasuki abad 20, dengan peralatan yang lebih modern, seperti pesawat terbang, satelit, komputer, barulah ilmuwan menemukan bahwa angin memiliki fungsi yang signifikan dalam proses terbentukanya hujan. Yakni mengawinkan uap air yang melayang di udara dengan partikel-partikel yang berada di bawanya dari laut dan akhirnya membantu pembentukan awan hujan.

Temuan tentang proses hujan ini menjadi hal yang mengagumkan bagi ilmu pengetahuan modern. Selain karena waktu yang panjang, ilmuwan juga membutuhkan peralatan mutakhir dalam melakukan penelitian. Namun penelitian ini begitu sederhana di mata Allah SWT. Pasalnya proses terjadinya hujan tertulis jelas dalam Alquran sejak 1400 tahun silam, yakni dalam Surat Ar-Ruum ayat 48.

Bagaimana penjelasan Alquran mengenai hujan? Baca selengkapnya di sini. (Ism) 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

5 dari 5 halaman

Mukjizat Alquran: Dua Lautan Ini Tidak Saling Bercampur

Mukjizat Alquran: Dua Lautan Ini Tidak Saling Bercampur

 

Dream - Lautan sangat sering disebutkan di dalam kita suci Alquran. Beberapa waktu lalu, ilmuwan telah membuktikan bahwa Alquran adalah benar-benar wahyu Allah SWT.

Pada saat itu para peneliti menemukan bahwa ada sebuah lautan yang didalamnya terdapat api yang berkobar, namun banyaknya air laut tidak mampu memadamkan api, begitu juga panasnya api tersebut tidak mampu membuat air laut mendidih.

Dan kali ini, lagi-lagi ilmuwan dibuat tercengang dari apa yang sudah tertuang di Alquran 14 abad silam. Seperti apa? selengkapnya di sini.

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!  

Beri Komentar