Hukum Membuka Aurat di Depan Perempuan Non Muslim

Reporter : Ratih Wulan
Senin, 5 Desember 2016 19:02
Hukum Membuka Aurat di Depan Perempuan Non Muslim
Bagaimana ya hukumnya membuka aurat di depan perempuan non Islam? Apakah benar diharamkan?

Dream - Seorang muslimah dilarang untuk membuka auratnya di depan non-muhrim. Islam telah mengatur hal itu secara tegas di dalam Alquran.

Tapi, bagaimana ya hukumnya untuk membuka hijab di depan wanita beragama lain?

Hal ini sempat menjadi perdebatan beberapa kalangan. Bahkan, banyak di antara para muslimah yang tidak mengetahui hukumnya secara jelas.

Ternyata banyak yang berpendapat jika hal itu dilarang, berdasarkan dari tafsiran surat An-Nur ayat 31.

“ Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita.”

Penekanan kata 'nisaihinna' dalam ayat di atas menjelaskan jika wanita muslimah dilarang untuk membuka auratnya di depan wanita yang berbeda agama.

Diperkuat dengan pendapat mayoritas ulama Hanafiyah, Malikiyah dan madzab Syafi'i yang dijelaskan di Ensiklopedia Fiqih. Di dalamnya dijelaskan secara jelas mengenai batasan aurat wanita muslimah.

Untuk lebih jelasnya, simak pemaparan lebih lengkap di sini. (Ism) 

 

Kirimkan kisah nyata inspiratif di sekitarmu atau yang kamu temui ke komunitas@dream.co.id dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Beri Komentar