Kapten Teddy Indra, Ajudan Jokowi Lulus US Ranger School

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Rabu, 8 April 2020 08:00
Kapten Teddy Indra, Ajudan Jokowi Lulus US Ranger School
Teddy menjadi satu-satunya siswa asing di angkatannya yang lulus pendidikan pasukan elite di lingkungan US Army tersebut.

Dream - Kapten Infantri (Inf) Teddy Indra Wijaya berhak menyandang tab Ranger di lengan kiri seragam militernya. Personel TNI AD ini lulus dari United State Ranger School.

Tak hanya itu, Teddy juga punya prestasi lain. Dia dinyatakan satu-satunya prajurit asing yang dapat lulus di jenjang pendidikan pasukan elite di lingkungan US Army tersebut.

Akun instagram resmi milik TNI AD, @tni_angkatan_darat, memuat gambar Teddy mengikuti prosesi penyematan Tab Ranger. Ini menandakan masa pendidikan Teddy di Ranger School sudah selesai.

" Semat Tab Ranger, Teddy Indra Wijaya Perwira TNI AD Kualifiksi Pasukan Elite US Army. Tab Ranger yang tersemat di bagian lengan kirinya, tidak saja menandakan bahwa Kapten Inf Teddy Indra Wijaya telah menjadi salah satu perwira TNI AD yang berhasil meraih kualifikasi pasukan Elite US Army. Minggu (5/4/2020),"  tulis akun resmi TNI AD.

1 dari 2 halaman

Satu-satunya Siswa Asing Lulus

US Ranger School merupakan program pendidikan militer untuk menghasilkan US Army Ranger bagi Resimen Ranger ke-75. Sekolah ini berlokasi di Fort Benning, Georgia, Amerika Serikat.

Sekolah militer ini terkenal dengan seleksi yang ketat. Jumlah pendaftar awalnya ada 416 siswa, termasuk di dalamnya beberapa siswa asing dari Jerman, Ukraina, Arab Saudi, Kanada, Belanda, dan Indonesia.

Hanya 76 siswa yang berhasil lulus dan hampir sebagian besar adalah militer AS. Tetapi, terselip satu prajurit asing yaitu Teddy yang merupakan siswa militer dari Indonesia.

 

2 dari 2 halaman

Sekolah Bergengsi Bagi Prajurit di Seluruh Dunia

Tingkat kesulitan sekolah ini juga terkenal tidak main-main. Maka tidak aneh Ranger School menjadi sekolah paling bergengsi bagi kalangan AD di seluruh dunia.

Saking sulitnya, di depan gerbang Pangkalan Militer Fort Benning, Georgia terpampang tulisan 'Not for the Weak and Fainthearted' atau 'Bukan untuk Mereka yang Lemah dan Pengecut'.

Perwira TNI AD lainnya juga lulusan Ranger School di antaranya Presiden ke-6 RI Jenderal (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono, eks Sekretaris Menkopolhukam Letjen (Purn) Hotmangaraja Panjaitan, eks Sekjen Wantannas Letjen (Purn) Nugroho Widyotomo, mantan Dankodiklatad Letjen (Purn) Syaiful Rizal, serta beberapa perwira muda yang menjadi generasi penerus.

Sebelum menempuh pendidikan di US Ranger School, Teddy sempat berdinas sebagai ajudan Presiden Joko Widodo. Dia selalu ada di samping Jokowi setiap kali kunjungan.

Beri Komentar