Keutaman dan Adab-adab Berdoa yang Wajib Diperhatikan Umat Islam

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 17 Januari 2022 13:47
Keutaman dan Adab-adab Berdoa yang Wajib Diperhatikan Umat Islam
Berdoa adalah bentuk komunikasi antara seorang makhluk dengan Tuhan.

Dream – Sebagai umat Islam tentunya setiap denyut kehidupan tidak akan pernah terlepas dari aktivitas berdoa. Berdoa adalah bentuk komunikasi manusia dengan Penciptanya, Tuhan Yang Maha Esa. Di momen sakral ini, sahabat Dream bisa menyampaikan segala kesulitan yang tengah dihadapi hingga memohon sesuatu kepada Tuhan.

Ajaran Islam mengajarkan umatnya agar tidak meninggalkan doa sebelum maupun sesudah melakukan sesuatu. Kebiasaan ini untuk menyadarkan manusia bahwa segala sesuatu yang dilakukan adalah atas kehendak Allah SWT. Misalnya saja saat kamu sedang mencari rezeki, maka bukan saja mengandalkan usaha tetapi juga harus disertai dengan doa. Karena rezeki tersebut datang dari Allah SWT.

Perlu sahabat Dream sadari jika berdoa bukan lantas apa yang diinginkan bisa langsung dikabulkan oleh Allah SWT. Jika belum kunjung mengabulkan, maka janganlah berputus asa apalagi meragukan kekuasaan Allah SWT. Yang Maha Kuasa mengetahui apa yang terbaik bagi makhluk-Nya. 

Allah SWT tahu waktu yang paling tepat dan ingin memberikan yang terbaik untuk umat-Nya. Jadi, Sahabat Dream tidak perlu mengkhawatirkannya. Selain itu, dalam berdoa perlu juga untuk memerhatikan adab-adabnya agar doa tersebut bisa diterima Allah SWT.

Berikut adalah penjelasan lebih lengkap terkait pentingnya berdoa dan juga adab-adab berdoa yang perlu diketahui sebagaimana dirangkum oleh Dream melalui islam.nu.or.id.

1 dari 2 halaman

Pentingnya Berdoa

Pentingnya Berdoa© Unsplash.com

Sebagai seorang manusia, wajar jika dalam menjalani kehidupan ini ada banyak sekali keinginan. Mungkin di hari ini ada harapan yang sahabat Dream inginkan, lalu di minggu depan bahkan bulan depan ada harapan lainnya yang diinginkan. Apalagi setiap manusia memiliki kebutuhan dan kesulitan yang berbeda-beda setiap harinya.

Nah, dalam kondisi seperti ini hanya satu yang bisa menjadi tempat bersandar dan memohon, yakni Allah SWT. Oleh karena itulah, Islam menganjurkan kepada umatnya untuk berdoa. Hal ini pun telah diterangkan dalam firman Allah SWT melalui surat Ghafir ayat 60 yang bunyinya sebagai berikut:

وَقَالَرَبُّكُمُادْعُوْنِيْٓاَسْتَجِبْلَكُمْۗاِنَّالَّذِيْنَيَسْتَكْبِرُوْنَعَنْعِبَادَتِيْسَيَدْخُلُوْنَجَهَنَّمَدَاخِرِيْنَࣖࣖࣖ

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman, “ Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Ghafir: 60).

Seperti dikutip dari islami.nu.or.id, menurut as-Sadiy, dalam ayat di atas pada kalimat ud’uni berarti mintalah kalian niscaya akan aku kabulkan. Pendapat tersebut sama halnya dengan yang ada dalam cerita Qatadah dari Ka’b. Salah satu dari ketiga keistimewaan umat Nabi Muhammad saw dengan umat sebelumnya adalah kalimat perintah berdoa pada Nabi Muhammad saw bentuknya jamak pada semua umatnya.

Sedangkan perintah yang diturunkan pada nabi-nabi sebelumnya, frasa perintah bentuknya hanya tunggal pada para Nabi saja, seperti yang ada dalam kalimat berikut:

اُدْعُنِيْأَسْتَجِبْلَكَ

Artinya: Berdoalah kamu, niscaya akan Kukabulkan bagimu.”

Melalui ayat tersebutlah, bisa diambil suatu pelajaran bahwasanya Allah SWT adalah Maha Pengatur. Meski begitu, Allah SWT tetap memberikan kesempatan pada hamba-Nya untuk bisa menyampaikan kegelisahan dan harapan yang diinginkan. Oleh karena itulah, Allah SWT memerintahkan untuk berdoa.

2 dari 2 halaman

Adab-adab Berdoa dalam Islam

Adab-adab Berdoa dalam Islam© Freepik.com

Salah satu cara untuk bisa mendekatkan diri dengan Allah SWT adalah melalui berdoa. Hal inilah yang dilakukan oleh umat Islam agar bisa berkomunikasi dengan-Nya. Bahkan dengan berdoa bisa membuat sahabat Dream lebih tenang karena merasakan adanya penjagaan dan perlindungan dari Allah SWT.

Nah, saat sedang berdoa sebaiknya sahabat Dream memerhatikan adab-adabnya. Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, berikut adalah beberapa adab berdoa yang ada dalam Al-Adzkarul Muntakhabah min Kalami Sayyidil Abrar oleh Imam An-Nawawi:

1. Adab berdoa yang pertama adalah menunggu datangnya waktu yang mulia. Misalnya saja saat datangnya hari Arafah, saat bulan Ramadan, di hari Jumat, di sepertiga terakhir dalam setiap malam atau saat menjalankan sholat tahajud, dan di saat sedang sahur.

2. Adab berdoa yang kedua adalah dengan memanfaatkan momen-momen yang istimewa. Misalnya saja saat sedang sujud, lalu saat ada dua pasukan yang saling berhadapan dan telah siap untuk bertempur, kemudian saat sedang turun hujan, dan saat mendengar iqomah sholat dan setelahnya.

3. Adab berdoa yang ketiga adalah dengan menghadap ke arah kiblat seperti halnya saat sedang sholat. Lalu angkatlah kedua tangan dan setelah berdoa ditutup dengan mengusap wajah.

4. Adab berdoa yang keempat adalah mengontrol volume suara. Di mana jangan sampai terlalu keras dan juga jangan terlalu pelan.

5. Adab berdoa yang kelima adalah menghindari kalimat yang bersajak dalam doa tersebut. Hal ini karena dikhawatirkan bisa melewati batas ketika berdoa. Intinya adalah tidak berlebihan saat menggunakan kata-kata ketika berdoa.

6. Adab berdoa yang keenam adalah dengan penuh ketundukan, kekhusyukan, dan rasa takut kepada Allah SWT.

7. Adab berdoa yang ketujuh adalah dengan memantapkan hati saat sedang berdoa. Di mana sahabat Dream harus yakin akan dikabulkannya doa dan memiliki harapan yang besar pada doa tersebut. Sufyan bin Uyaynah mengatakan tentang kesadaran akan keadaanmu yang jangan sampai menjadi penghalang untuk berdoa kepada Allah SWT.

8. Adab berdoa yang kedelapan adalah memohon secara terus-menerus kepada Allah SWT. Dalam artian, sahabat Dream jangan lelah untuk berdoa. Meskipun doa itu belum juga dikabulkan oleh Allah SWT, hal tersebut jangan membuatmu putus asa dan berhenti berdoa karena lelah. Yakinlah bahwa Allah SWT sudah menyiapkan yang terbaik untukmu.

9. Adab berdoa yang kesembilan adalah membuka doa dengan berdzikir. Saat memulai berdoa, Islam menganjurkan kepada umatnya agar mendahului dengan pujian serta sholawat. Hal itu jugalah yang dilakukan saat sedang mengakhiri doa.

10. Adab berdoa yang kesepuluh adalah bertaubat. Adab ini sangatlah penting. Di mana dengan mengembalikan benda-benda pada mereka yang teraniaya serta menghadap kepada Allah SWT dengan mematuhi segala aturan yang ditetapkan dalam agama Islam.

Itulah penjelasan tentang pentingnya berdoa kepada Allah SWT serta 10 adab yang harus diperhatikan umat Islam ketika sedang berdoa. Adab-adab itulah yang menjadi wujud kesakralan umat Islam ketika sedang berdoa pada Allah SWT.

Beri Komentar