Surat Al Isra: Kandungan, Keutamaan, Dan Khasiatnya

Reporter : Ulyaeni Maulida
Selasa, 16 Februari 2021 08:05
Surat Al Isra: Kandungan, Keutamaan, Dan Khasiatnya
Al Isra artinya perjalanan malam.

Dream – Surat Al Isra terdiri dari 111 ayat. Surat Al Isra adalah surat ke 17 dalam Al Quran. Surat Al Isra tergolong dalam surat Makiyyah. Karena diturunkan di Kota Mekah.

Al Isra artinya perjalanan malam. Surat Al Isra juga dinamakan Bani Israil, karena pada ayat kedua sampai ayat kedelapan serta sebelum akhir dari surat ini memuat tentang Bani Israil yang sebelumnya adalah bangsa yang sangat besar, namun kemudian dihinakan oleh Allah karena menyimpang dari ajaran-Nya.

Adapun hikmah yang terkandung dari dihubungkannya umat Islam dengan Bani Israil adalah agar umat Islam jangan berlaku seperti Bani Israil, di mana setelah masa kejayaannya, mereka menjadi ingkar kepada tuhannya.

1 dari 5 halaman

Kandungan Pokok Surat Al Isra

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

 

Adapun di antara kandungan pokok surat Al Isra adalah sebagai berikut:

  • Menegaskan bahwa Allah tidak mempunyai anak, baik berupa manusia maupun berupa malaikat;
  • Menjelaskan bahwa Allah pasti menanggung rezeki hamba-Nya;
  • Menjelaskan Asma Allah yang baik;
  • Menjelaskan bahwa Al Quran adalah wahyu Allah sebagai petunjuk, obat, dan rahmat bagi orang-orang yang beriman;
  • Menceritakan tentang kisah padang Mahsyar dan hari kebangkitan;
  • Menjelaskan tentang larangan Allah terhadap menghilangkan jiwa manusia;
  • Menjelaskan tentang larangan berbuat zina;
  • Menjelaskan tentang larangan mempergunakan harta anak yatim;
  • Menjelaskan tentang larangan durhaka kepada ibu bapak;
  • Menjelaskan perintah untuk memenuhi janji;
  • Menjelaskan perintah mendirikan shalat fardhu sesuai dengan waktunya;
  • Menjelaskan tentang pertanggungjawaban manusia terhadap amal perbuatannya masing-masing;
  • Menjelaskan tentang petunjuk bergaul dengan orang tua, tetangga dan masyarakat, serta sifat-sifat buruk pada manusia.
2 dari 5 halaman

Keutamaan Surat Al Isra

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

 

Adapun keutamaan surat Al Isra adalah sebagai berikut:

Pertama, termasuk Al-Mu’in yang diturunkan kepada Baginda Nabi Muhammad Saw. sebagai pengganti Zabur.

Kedua, Rasulullah SAW. selalu membacanya setiap malam. Ummu Mukminin, Aisyah, telah berkata bahwa Nabi berpuasa hingga kami mengatakan, “ Baginda tidak ingin berbuka.” Baginda juga berbuka, hingga kami mengatakan, “ Baginda tidak ingin berpuasa” Baginda tidak tidur di atas tempat tidurnya, sebelumnya Baginda membaca surat Bani Israil (Al Isra) dan surat Az-Zumar di setiap malamnya. (HR. Ahmad)

Ketiga, dapa dijadikan wasilah atau doa agar memiliki kehidupan yang penuh berkah.

Keempat, dapat dijadikan wasilah atau doa agar dapat berbicara lancar, tidak gagap. Hal ini sangat berguna bagi para dai, agar ia dapat berbicara dengan lancar dan perkataannya dapat dipercaya oleh para pendengar.

Kelima, dapat dijadikan wasilah atau doa agar hidup penuh hormat dan mulia.

Adapun caranya adalah dengan membaca Surat Al Isra ayat 80 setiap selesai mendirikan shalat tahajud secara konsisten. Adapun ayatnya adalah:

" Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong.” (QS. Al Isra: 80)

3 dari 5 halaman

Khasiat Surat Al Isra

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

 

Khasiat ayat 23-24 = menjadi anak soleh

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan " ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (QS. Al Isra: 23)

Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: " Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil." (QS. Al Isra: 24)

4 dari 5 halaman

Khasiat ayat 45-46 = Terpelihara dari gangguan jin

Dan apabila kamu membaca Al Quran niscaya Kami adakan antara kamu dan orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, suatu dinding yang tertutup. (QS. Al Isra: 45)

dan Kami adakan tutupan di atas hati mereka dan sumbatan di telinga mereka, agar mereka tidak dapat memahaminya. Dan apabila kamu menyebut Tuhanmu saja dalam Al Quran, niscaya mereka berpaling ke belakang karena bencinya. (QS. Al Isra: 46)

 

Khasiat ayat 82 = Penawar penyakit zahir dan batin

Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. (QS. Al Isra: 82)

 

Khasiat ayat 105-106 = Menghilangkan was-was dan khayalan-khayalan yang karut

Dan Kami turunkan (Al Quran) itu dengan sebenar-benarnya dan Al Quran itu telah turun dengan (membawa) kebenaran. Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan. (QS. Al Isra: 105)

Dan Al Quran itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian. (QS. Al Isra: 106)

5 dari 5 halaman

Khasiat ayat 110 = Supaya rajin solat dan beribadah

Katakanlah: " Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu."  (QS. Al Isra: 110)

 

Khasiat ayat 111 = Kegembiraan dan keamanan

Dan katakanlah: " Segala puji bagi Allah Yang tidak mempunyai anak dan tidak mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya dan Dia bukan pula hina yang memerlukan penolong dan agungkanlah Dia dengan pengagungan yang sebesar-besarnya. (QS. Al Isra: 111)

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

 

Beri Komentar