Tips Hatam 30 Juz Ala Hafidzah Qur'an

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 16 April 2021 04:02
Tips Hatam 30 Juz Ala Hafidzah Qur'an
Banyak manfaat bagi orang-orang untuk menghafalkan firman-Nya.

Dream - Memasuki bulan Ramadan tentu banyak amalan yang bisa dilakukan oleh umat muslim. Mulai dari membaca Al Quran, menunaikan salat sunnah, hingga puasa. Namun bagi sebagian orang, kegiatan itu tidaklah cukup, dan ingin menambah amalan lebih spesial.

Amalan spesial itu salah satunya menghafal Al Quran. Banyak manfaat bagi orang-orang untuk menghafalkan Firman-Nya, namun tak sedikit yang berpendapat menghafal Al Quran itu sulit.

Sebagai santriwati yang telah menyelesaikan hafalan 30 juz, Rafika Husna Ramadhani Silaen, atau kerap disapa Rafika, ingin membagikan tips menghafal Al-Qur'an agar fokus dan dapat menyelesaikan hafalan sesuai target.

1 dari 6 halaman

Tipsnya

Rafika merupakan santriwati di Rumah Tahfidz Ikhlasus Pratama, Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat. Ia berhasil menghafal 30 juz dalam waktu satu tahun dua bulan pada 23 Juli 2019 lalu. Durasi yang cukup singkat bagi santri yang baru pertama klai menghafal Al Quran.

Gadis 21 tahun itu, dengan senang hati memberikan tips menghafal 30 juz yang telah ia lakukan selama ini. Menurutnya, hal pertama yang perlu dilakukan ialah menysun target.

" Kalau mau hafalan kita lancar, kita dari awal harus menyusun target, misal di hari ini target kita harus satu halaman," tutur Rafika dalam keterangan tertulis yang diterima Dream.co.id, Kamis 15 April 2021.

Ia menambahkan, usahakan agar dapat mencapai target tersebut tiap harinya. Jika perlu, hafalkan lebih banyak dari target itu. Hal tersebut akan membuat target harian tak terasa berat.

" Kalau bisa kita bisa melebihi target yang telah kita tetapkan itu setiap harinya," ucapnya menambahkan.

2 dari 6 halaman

Tetap Semangat

Setelah menyusun target, ia berpesan kepada seluruh teman-teman agar tidak patah arang dan tetap semangat untuk mengkhatamkan Al Quran. Sebab menurutnya, Al Quran adalah jalan hidup.

" Jika menjadikan Al Quran Sebagai pondasi, maka keberkahan akan mengikuti sepanjang hidup, baik di dunia maupun di akhirat," tulisnya.

Tak hanya untuk teman-temannya yang sudah menghafal Al-Qur'an, Rafika pun memberikan semangat kepada seluruh teman-temannya yang belum menghafal Al-Qur'an agar mulai mencoba menghafal Qur'an.

" Untuk teman-teman semuanya, yang lagi menghafal terus lanjut untuk menkhatamkan Al-Qur'an, sehingga bisa bermanfaat untuk hal apapun. Ataupun yang masih belum memulai menghafal, mari terus coba untuk menghafal dan memulainya," seru Rafika bersemangat.

3 dari 6 halaman

Kisah Rafika, Menjadi Hafidzah Hanya dalam Waktu 1 Tahun

Dream - Satu lagi seorang hafidzah lahir di rumah tahfidz binaan PPPA Daarul Qur'an, bernama Rafika Husna Ramadhani. Dia merupakan santri putri dari Rumah Tahfidz Ikhlasul Pratama yang terletak di Bojonggede, Bogor, Jawa Barat.

Rafika menyelesaikan hafalan 30 juznya dalam kurun waktu satu tahun dua bulan sejak bergabung di rumah tahfidz sejak Juli 2019.

Gadis berusia 20 tahun itu merupakan putri asli daerah yang juga tinggal di Bojonggede.

4 dari 6 halaman

Sosok yang Baik dan Cerdas

Di mata Ustaz Budi, pengajarnya, Rafika merupakan sosok santri yang baik dan penurut.

Selain itu, ia juga terkenal disiplin karena selalu menaati peraturan yang ada di rumah tahfidz. Kecerdasaannya pun diakui Ustaz Budi diatas rata-rata.

Dirinya pun dikenal sangat baik oleh teman-teman santri. Rafika termasuk santri yang senang bercanda dan kerap memberikan contoh yang baik kepada rekan-rekannya.

5 dari 6 halaman

Demi Membahagiakan Orang Tua

Menurut Ustaz Budi, Rafika berhasil mencapai cita-citanya untuk menjadi hafidzah bukan karena perjuangan yang biasa, melainkan dari perjuangan yang sangat menguras tenaga dan emosi.

Selama menghafal, Rafika selalu optimis dan tidak kenal menyerah. Semua itu ia lakukan demi membahagiakan kedua orang tuanya.

" Perjuangan Rafika selama ini dari awal sampai sekarang, alhmdulillah anaknya prihatin, pantang menyerah, tak mudah putus asa, jarang mengeluh, dia juga punya motivasi ingin menjadi hafidzah mutqin dan ingin membanggakan kedua orang tuanya di dunia dan di akhirat," ujar Ustadz Budi.

6 dari 6 halaman

Merasa Bangga

Sebagai guru bagi seorang Rafika, Ustadz Budi merasa sangat bangga kepada anak didiknya tersebut. Ia berharap Rafika dapat menjadi pelopor di masyarakat dan meneruskan ilmunya kepada orang lain.

" Alhmdulillah, saya sangat bangga dan terharu, salut juga karena Rafika bisa menghafal Alqur'an 30 juz dengan waktu yang singkat, satu tahun 2 bulan, bagi saya itu sangat luar biasa, semoga bisa menjaga hafalannya dan bisa bermanfaat ilmu, serta bisa membanggakan orang tuanya, masyarakat, umat, nusa, bangsa dan agama," ucap Ustaz Budi.

Beri Komentar