Yang Dilakukan Rasulullah di Hari Jumat

Reporter : Sandy Mahaputra
Jumat, 13 November 2015 15:15
Yang Dilakukan Rasulullah di Hari Jumat
Aktivitas itu tidak melulu bersifat ritual, semisal wiridan, doa, salat, dan sejenisnya. Akan tetapi, beliau juga suka mengerjakan...

Dream - Jumat dianggap hari paling mulia dibanding hari lainnya. Pada hari itu pula seluruh umat Islam, khususnya laki-laki, berbondong-bondong ke masjid untuk menunaikan salat Jumat.

Kemulian hari Jumat ini dibuktikan dengan banyaknya ragam ibadah sunah yang dikerjakan khusus pada hari itu.

Dalam beberapa riwayat dikisahkan bahwa Nabi Muhammad SAW melakukan aktivitas tertentu di hari Jumat. Aktivitas itu tidak melulu bersifat ritual, semisal wiridan, doa, salat, dan sejenisnya. Akan tetapi, beliau juga suka mengerjakan ibadah yang bersifat sosial.

Rasul juga mengajarkan kepada umatnya agar membiasakan membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas sebanyak tujuh kali setelah salat Jumat, serta memperbanyak sholawat. Usai membaca kalimat suci tersebut dan melantunkan doa, biasanya beliau melakukan salat sunah di rumahnya.

Hari Jumat juga dijadikan Rasulullah SAW sebagai momentum untuk silaturahmi kepada keluarga dan tetangga. Semisal, mengunjungi orang-orang yang sedang sakit ataupun ditimpa musibah, membantu proses penyelenggaraan jenazah atau menghadiri akad nikah. Selengkapnya klik di sini.

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

Beri Komentar