3 Tips Aman Mengemudi di Jalan Tol, Newbie Wajib Tahu!

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 3 Februari 2019 07:00
3 Tips Aman Mengemudi di Jalan Tol, Newbie Wajib Tahu!
Biar tidak cemas ketika menyetir di jalan tol.

Dream – Apa yang pertama kali kamu rasakan ketika menjadi pengendara newbie? Gugup dan cemas ketika menyetir di jalan raya, terutama di jalan tol, pasti pernah kamu alami.

Nyali terasa semakin menciut manakal melihat mobil melintas dengan kecepatan tinggi di samping kanan dan kiri kendaraan. Belum lagi lampu sorot dari mobil di belakang makin buat keringat bercucuran padahal AC sudah menyala. 

Kecepatan mobil di jalan tol di Indonesia memang dirancang melaju minimal 60 km/jam. Kecepatan itulah yang menjadi faktor kegugupan bagi pemula. Apalagi ketika kamu baru saja mendapatkan SIM, rasa senang dan tegang bercampur menjadi satu.

Kamu senang karena bisa mengemudi dengan lancar dan stabil di jalan tol, tapi juga tegang. Kamu harus berkendara dalam kecepatan konstan di jalan tol dan harus lebih tinggi daripada di jalan raya,

Lalu, bagaimana caranya agar bisa menyetir dengan aman dan benar ketika melewati jalur tol? Berikut tipsnya dikutip dari Suzuki, Sabtu 2 Februari 2019.

1 dari 1 halaman

Perhatikan Jarak Aman dan Fokus

Perhitungkan Jarak Aman

Perhitungkan dan jaga jarak aman kendaraanmu. Selain menjadi suatu keharusan dan dipatuhi bagi setiap pengendara, hal ini guna keselamatan dan kenyamanan berkendara kamu dan orang lain.

Jarak aman berkendara adalah sekitar 10-20 meter. Atau, selisih waktu dengan kendaraan di depan kamu selama tiga detik.

Fokus dan konsentrasi penuh

Tak jarang pengemudi merasa bosan dan mengantuk di jalan tol. Hal ini disebabkan oleh karakteristik jalan yang lurus dan kecepatannya konstan.

Kurangnya fokus dan konsentrasi karena rasa kantuk sangat berisiko. Jika kantuk dan bosan menyerang, minum air putih atau mendengarkan musik untuk mengalihkan.

Gunakan Jalur Lambat

Kalau merasa kurang yakin menggunakan jalur cepat tol atau jalur kanan, kamu bisa menggunakan yang lajur lambat. Tujuannya untuk membuat dirimu nyaman berkendara dan tidak merugikan orang lain. Di jalur kiri, kecepatan rata-rata hanya 60-80 km per jam.(Sah)

Beri Komentar