Honda Bawa PCX Electric, Kapan Yamaha Kenalkan Motor Listrik?

Reporter : Sandy Mahaputra
Rabu, 6 Februari 2019 16:15
Honda Bawa PCX Electric, Kapan Yamaha Kenalkan Motor Listrik?
Mereka menganggap motor listrik masih terlalu dini.

Dream – Yamaha tak mau 'latah' ikut meluncurkan motor listrik untuk pasar Indonesia. Produsen berlambang garpu tala itu menilai langkah menghadirkan mobil berbahan bakar listrik di pasar lokal masih terlalu dini.

" Merek sebesar Yamaha perlu memperhatikan banyak faktor, salah satu faktor utamanya adalah kepuasan konsumen tentang charging dan baterai," ujar Excecutive Vice President & COO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti di Jakarta, ditulis Rabu 6 Februari 2019.

Diketahui, kompetitor terkuat Yamaha, PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja meluncurkan Honda PCX Electric, pekan lalu. Sebagai langkah awal, PCX Electric ini memperkenalkan produknya lewat sistem sewa. 

Takkan lama lagi, kendaraan kolaborasi PT Gesits Technologies Indo (GTI) dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya siap meluncurkan model skutik listrik, Gesit dan Lincah.

Dyon menjelaskan, Yamaha masih menunggu kesiapan infrastruktur penunjang motor elektrik di Indonesia. Sementara untuk teknologinya, Yamaha mengaku sudah menguji coba skutik listrik. 

Di pasar global, Yamaha sudah puluhan tahun lalu meluncurkan produk produk electric di pasar eropa.

" Faktor lain yang perlu diperhatikan soal buangan limbah karena baterai itu sangat beracun sekali. Bagaimana cara pengolahannya, fast chargingnya, dan juga saat banjir," kata Dyon menegaskan.

1 dari 1 halaman

Kapan Yamaha siap meluncurkan motor listrik?

Targetnya, sambung Dyon, Yamah akan melihat perkembangan pasar sebelum meluncurkan motor elektriknya. Pemerintah sendiri sudah memasang target pada tahun 2025 ada 20 persen kendaraan listrik di jalanan.

" Tentu Yamaha akan mengikuti pasar. Kami juga akan bekerjasama dengan semua pemerintah, tentang bagaimana industri mengembangkan suatu sistem baterai atau fast charging yang sama" .

Namun, kata Dyon, hingga kini belum ada standar industrinya dan pemerintah sedang menggodok peraturan ini.(Sah)

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie