5 Mitos yang Masih `Menghantui` Pengendara Motor di Indonesia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 10 September 2019 08:24
5 Mitos yang Masih `Menghantui` Pengendara Motor di Indonesia
Kamu pernah dengar yang mana?

Dream – Di dunia otomotif, mitos dalam berkendara juga sering ditemui dan yang mencemaskan dianggap sebuah kebenaran oleh sebagian masyarakat.  Mitos sangat populer di Indonesia karena berbagai budaya yang berbeda di setiap daerahnya. 

Mitos tak selamanya berkaitan dengan hal-hal mistis. Saking mendarah dagingnya dalam budaya Indonesia, hampir di berbagai sendi kehidupan berkembang mitos yang tak jelas siapa penciptanya.

Di dunia otomotif yang menerapkan teknologi maju banyak juga mitos yang tersebar. Beberapa diantaranya bahkan sering menghantui beberapa pemotor. Biasanya mitos ini terbentuk dari fakta yang ada di beberapa tahun sebelumnya.

Seiring berjalannya teknologi dalam dunia otomotif, fakta ini menjadi tidak relevan dan menjadi sebuah mitos yang berkembang di kalangan pengendara sepeda motor.

Berikut ini adalah deretan mitos tentang berkendara sepeda motor, dikutip dari Wahana Honda, Selasa 10 September 2019.

1 dari 5 halaman

Pada Masa Inreyen Sepeda Motor Tidak Bisa Di Kendarai Dengan Kecepatan Tinggi

Mitos ini merupakan sebuah fakta yang memang terjadi di zaman dahulu. Saat itu, sepeda motor masih menggunakan teknologi 2 tak. Masa Inreyen merupakan masa penyesuaian mesin yang terjadi pada sepeda motor baru.

Masa inreyen pada kendaraan sepeda motor 2 tak sedikit berbeda dengan kendaraan zaman sekarang.

Saat ini kendaraan pada masa inreyen sudah bisa digeber dengan kecepatan tinggi.

Yang tidak dianjurkan adalah membuka gas secara mendadak karena bisa menyebabkan penyesuaian mesin berjalan tidak maksimal.

2 dari 5 halaman

Menghidupkan Mesin di Pagi Hari Harus Menggunakan Kick Starter

Awal mula dari mitos ini adalah sepeda motor yang dibuat dibawah tahun 2000-an masih memiliki sistem kelistrikan yang belum secanggih sekarang. Pada masa tersebut aki yang digunakan harus diisi terlebih dahulu dengan nyala mesin pada sepeda motor agar aki bisa awet dan tahan lama.

Menggunakan kick starter pada pagi hari berfungsi untuk membuat aki lebih awet dan tahan lama.

Tapi di sepeda motor sekarang teknologi aki dan kelistrikan sudah berkembang pesat, sehingga kamu tidak usah memakai cara tersebut untuk merawat aki.

3 dari 5 halaman

Memanaskan Mesin Dalam Waktu Lama

Bicara memanaskan mesin, tentunya kita memperhatikan waktu yang dibutuhkan untuk memanaskannya. Untuk teknologi mesin injeksi, tak perlu waktu lama untuk memanaskan mesin.

Hanya dengan satu menit, mesin bisa siap digunakan.

Kalau untuk motor karburator, pengemudi memerlukan waktu yang agak lama. Sebab, pengapian di mesin karburator tak seefektif mesin injeksi.

4 dari 5 halaman

Ban Baru Jangan Diisi Full

Ada mitos yang berkembang tentang ban baru. Mitos ini menyarankan pengemudi tak mengisi ban baru dengan full dan dibiarkan sedikit kempes.

Mitos ini tentu saja salah dan malah bisa memicu bahaya. Ban yang kempes membuat jalan motor terganggu. Ban kempes yang digunakan justru akan memperpendek usia pemakaian karena merusak permukaan ban.

 

5 dari 5 halaman

Jangan Berpikir Celaka saat Naik Motor

Mitos ini paling umum ada di Indonesia. Pernah beberapa kali memakai perlengkapan safety riding dan bilang untuk mengurangi dampak jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Ada yang menyarankan agar tidak berpikir macam-macam saat berkendara motor agar tidak mengalami kecelakaan di jalan. Mitos ini ada benarnya juga, sih. Jika kita berpikiran negatif, misalnya, akan celaka kalau naik motor ini, ya pemikiran itu akan menjadi sugesti. 

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya