4 Penyebab Mobil Susah Menyala Saat Distarter Selain Aki Soak

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 22 November 2019 07:36
4 Penyebab Mobil Susah Menyala Saat Distarter Selain Aki Soak
Tak selalu aki jadi penyebab mobil tak mau menyala.

Dream - Hal yang pertama langsung muncul di pikiran saat mobil susah dihidupkan adalah aki soak. Namun kamu akan langsung pusing tujuh keliling jika ternyata sumber arus litrik itu ternyata tidak bermasalah.

Tahukah kamu jika penyebab mesin mobil susah dihidupkan bukan hanya karena aki yang bermasalah. Sayangnya, hal ini jarang diketahui para pengendara kendaraan bermotor.

Mengutip laman Garda Oto, Jumat 22 November 2019, berikut adalah empat biang kerok mobil tak bisa distarter.

 

1 dari 4 halaman

1. Busi Kotor Atau Rusak

Busi jadi komponen utama pada setiap mesin kendaraan bermotor. Mesin tidak menyala, bisa jadi karena busi kotor atau memang sudah rusak.

Hindari Modus Pecah Kaca Mobil dengan Busi, Gunakan Cara Ini© MEN

Busi yang kotor akan menghambat percikan api untuk menyalakan mesin. Bersihkan dengan kain lap serta ampelas. Kalau businya sudah rusak, harus diganti.

 

2 dari 4 halaman

2. Dinamo Ampere Rusak

Bisa jadi mobil susah dihidupkan karena dinamo ampere rusak. Komponen ini memiliki peranan sangat penting, yaitu untuk mengalirkan listrik ke aki.

Apabila komponen ini rusak, mobil sudah bisa dipastikan takkan menyala meski kondisi aki sangat prima. Jangankan mendengar suara mesin berusaha menderu, kamu hanya mendengar suara klik saat memutar kunci mobil ke posisi start.

Sebenarnya komponen dinamo ampere jarang sekali rusak. Kerusakan ini sering terjadi pada mobil-mobil yang sudah berusia 8 tahun ke atas. Kalau mengalami permasalahan seperti ini, tak ada jalan lain selain membawa mobil ke bengkel dan memperbaiki atau mungkin mengganti dinamo ampere.

 

3 dari 4 halaman

3. Koil Terlalu Panas

Koil juga berkaitan dengan proses kelistrikan. Komponen ini berfungsi untuk menggandakan tegangan listrik yang lebih besar ke aki. Kemudian arus listrik tersebut akan mengalir ke busi sehingga menimbulkan percikan api.

Komponen Kaki-kaki Mobil Ini Wajib Kamu Perhatikan© MEN

Ciri-ciri koil rusak yaitu ketika suhunya sudah terlalu panas. Solusinya, ganti komponen baru agar mobil bisa normal lagi.

 

4 dari 4 halaman

4. Water Temperature Sensor Rusak

Water Temperature Sensor atau lebih dikenal WTS ini merupakan sensor yang ada pada sistem starter. Ketika WTS ini rusak, sistem injeksi akan terganggu.

Hal ini mengakibatkan mobil akan susah menyala. Untuk mengatasi masalah ini, lakukan pengecekan ke bengkel mobil.

Beri Komentar