5 Area di Tubuh yang Jarang Dibersihkan Saat Mandi

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 23 Januari 2019 17:43
5 Area di Tubuh yang Jarang Dibersihkan Saat Mandi
Jika dibiarkan, bagian-bagian tubuh tersebut akan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang mengancam kesehatan dan penampilan.

Dream - Membersihkan tubuh dengan cara mandi merupakan kebiasaan yang ditanamkan sejak kecil. Meski penting untuk menjaga tubuh dari kuman, masih ada saja yang nekat mandi seadanya atau banyak disebut `mandi bebek`

Tahukah Sahabat Dream, menyiram air dan memakai sabun saja tidak cukup untuk membersihkan tubuh?

Sebagian besar orang memang kurang memperhatikan kebersihan tubuh saat mereka mandi. Mereka ingin segera selesai mandi tanpa sempat membersihkan bagian-bagian tubuh tertentu.

Padahal jika diamati, ada beberapa bagian tubuh yang jarang dibersihkan dengan benar ketika mandi dan akhirnya menjadi area paling kotor.

Jika dibiarkan, bagian-bagian tubuh tersebut akan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang mengancam kesehatan dan penampilan.

Nah, agar kamu benar-benar menerima manfaat dari aktivitas mandi, berikut ini cara yang benar untuk membersihkan bagian-bagian tubuh:

Telinga

Bagian belakang telinga merupakan area tubuh yang jarang mendapat perhatian ketika kita mandi. Kelenjar Sebaceous atau kelenjar minyak yang ada di bawah kulit bagian belakang telinga menghasilkan sebum untuk menjaga kulit telinga tetap lembab.

Sebum inilah yang menarik kotoran dan bakteria berkumpul di bagian belakang telinga. Jika tidak dibersihkan dengan air setiap hari, akan menimbulkan bau.

1 dari 2 halaman

Pusar

Kebanyakan orang-orang mengabaikan pusar saat mandi. Jika tidak dibersihkan dengan benar, pusar akan mengumpulkan kotoran dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Setelah bakteri berkembang biak, akan menyebabkan bau tidak sedap dan infeksi kulit. Disarankan untuk membersihkan pusar dengan bantuan handuk saat mandi.

 Mandi

Pangkal Paha

Area pangkal paha (termasuk selangkangan) memiliki banyak lipatan dan umumnya mudah berkeringat. Kondisi ini bisa memicu perkembangan bakteri di sekitar kulit alat kelamin.

Inilah sebabnya mengapa area pangkal paha perlu dibersihkan dengan benar saat mandi. Kenakan celana katun longgar untuk mencegah keringat terjadi di area pangkal paha.

2 dari 2 halaman

Ketiak

Keringat yang berlebihan menyebabkan ketiak mengeluarkan bau tak sedap. Tidak mencukur bulu ketiak akan membuatnya terlihat jorok.

Selain itu, bulu pada ketiak akan memperparah kelembaban dan menarik bakteri yang menyebabkan ketiak berbau. Disarankan untuk membersihkan ketiak dengan sabun dan air atau menggunakan deodoran yang tidak menimbulkan iritasi kulit untuk mencegah ketiak bau.

 Mandi

Punggung

Punggung mungkin ikut basah saat kita mandi. Tetapi mungkin tidak sepenuhnya bersih seperti yang kita bayangkan. Punggung adalah salah satu bagian tubuh dengan area terbesar yang sering terabaikan saat mandi.

Saat berbaring di tempat tidur, sangat mudah bagi pori-pori dan kelenjar di punggung untuk tersumbat. Jika area punggung tidak dibersihkan secara benar dan menyeluruh, dapat menyebabkan munculnya jerawat dan masalah kulit lainnya.

Sumber: Boldsky.com

Beri Komentar
Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary_mark