Cari Tahu Dampak Mandi Air Hangat Terhadap Kesehatan Rambut

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 7 Januari 2021 13:33
Cari Tahu Dampak Mandi Air Hangat Terhadap Kesehatan Rambut
Ketahui juga dampak pemakaian air dingin.

Dream - Mandi air hangat terasa sangat nyaman di musim hujan. Selain nyaman, mandi air hangat juga diklaim mampu mengatasi stres secara fisik maupun psikis.

Namun, air hangat dapat membuat kulit dan rambut lebih kering karena kelembapan alaminya terkikis.

Sebelum mandi air hangat, ketahuilah efeknya terhadap rambutmu. Dilansir dari Times of India, berikut efek mandi air hangat pada rambut menurut Dermatologis, Syed.

Apakah suhu air berdampak pada kesehatan rambut?

Faktanya, rambutmu bisa lebih rontok, kering, kusut dan rapuh jika mandi dengan air hangat. Hindarilah air yang terlalu hangat agar tidak membahayakan kesehatan rambut.

Sebenarnya, mandi air hangat dapat membersihkan pori-pori di kulit kepala, membuka kutikula dan memperlancar peredaran darah.

Namun di saat yang sama, air hangat juga mengikis kelembapan alami rambut. Sehingga, rambutmu akan lebih mudah kusut dan patah.

Rambut juga bisa iritasi, berketombe dan gatal. Perubahan tekstur rambut bisa terjadi dan membuat penampilanmu kurang menarik.

1 dari 4 halaman

Bagaimana dampak pemakaian air bersuhu dingin pada rambut?

Keramas© Shutterstock.com


Sebaliknya jika menggunakan air dingin, kelembapan rambut akan terjaga dan kulit kepala menjadi lebih sehat.

Kelembapan yang terjaga akan menyebabkan rambut lebih halus dan berkilau. Pori-pori pada kulit kepala juga tertutup, sehingga rambutmu tidak akan terlihat berminyak dan tetap segar untuk waktu lama.

Rambutmu juga tidak akan rentan patah, lebih sehat dan tumbuh lebih optimal. Tapi, air dingin bisa membuat rambutmu lebih berat dan kurang bervolume. Mandi air dingin juga akan membuatmu kedinginan di musim hujan.

Sehingga, solusi yang disarankan adalah menggunakan air yang bersuhu netral, tidak terlalu dingin maupun hangat agar rambut tetap sehat.

(Sumber: Times of India)

2 dari 4 halaman

Level Stres Meningkat? Segera Mandi Air Hangat


Level Stres Meningkat? Segera Mandi Air Hangat© Dream

Saat pikiran dikuasai stres, kita akan lebih sulit berpikir bahkan melakukan sesuatu.

 

Dream - Beban pikiran yang sangat banyak, mulai dari pekerjaan, finansial hingga persoalan pribadi, kadang muncul bersamaan. Stres pun muncul dan tak bisa dihindari. Tubuh selalu terasa lelah padahal sudah tidur cukup lama.

Saat pikiran dikuasai stres, kita akan lebih sulit berpikir bahkan melakukan sesuatu. Maka dari itu, Sahabat Dream perlu meredakan stres terlebih dahulu sebelum melanjutkan kegiatan.

Salah satu cara untuk mengatasi stres adalah dengan mandi air hangat. Menurut Veronica Adesla, seorang psikolog klinis, mandi air hangat 1-2 jam sebelum tidur dapat menurunkan gelombang theta. Gelombang tersebut berkaitan erat dengan kondisi mental yang tak stabil akibat stres.

" Air hangat bisa mengaktifkan pineal gland untuk memproduksi melatonin, jadi tidur juga akan lebih berkualitas setelah mandi air hangat," kata Veronica di Hotel Morrissey, Jakarta Pusat, Selasa 10 Desember 2019.

3 dari 4 halaman

Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Jika Sahabat Dream suka berendam, lakukanlah dengan air bersuhu hangat untuk memperbaiki suasana hati. Berendam dengan air hangat bisa melancarkan peredaran darah serta membantu mengeluarkan zat sisa metabolisme tubuh.

Mandi Pagi Pakai Air Dingin Bikin Sehat© MEN

" Jadi setelah berendam, tubuh dan pikiran kita akan terasa lebih segar. Stres pun akan hilang seusai berendam," tambahnya.

Perhatikan juga suhu air yang digunakan saat mandi atau berendam. Saat mandi dengan shower, pastikan suhunya jangan melebihi 41 derajat.

4 dari 4 halaman

Khasiat Tersembunyi Berendam Air Hangat Saat Lelah Menghadang

Khasiat Tersembunyi Berendam Air Hangat Saat Lelah Menghadang© Dream

Dengan berendam air hangat tubuh akan terasa lebih bersih dan segar.

 

Dream - Rasa lelah dan penat sering kali menghampiri kita usai beraktivitas seharian. Tahukah Sahabat Dream jika langsung merebahkan diri untuk untuk tidur ternyata bukan pilihan tepat.

Saat beraktivitas padat, tubuh biasanya menjadi kotor. Kondisi itu disebabkan keringat dan debu jalanan.

Pada saat kita memutuskan untuk langsung tidur setelah beraktivitas, kotoran-kotoran yang masih menempel di tubuh membuat tidur terasa tidak nyaman.

Solusi yang tepat untuk membersihkan kotoran itu yaitu mandi. Meski terkadang udara dingin kerap membuat kita malas untuk mandi.

Di saat seperti itulah berendam menggunakan air hangat dapat jadi solusi.

shutterstock© dream.co.id

Selain membuat tubuh menjadi lebih bersih dan segar, berendam air hangat dipercaya bisa membantu mengangkat kotoran-kotoran serta kelebihan minyak yang menempel di kulit.

Dengan berendam air hangat, tubuh akan terasa lebih bersih dan segar. Alhasil, pikiran kita akan menjadi lebih tenang dan nyaman.

Berendam dengan air hangat dipercaya dapat mengendurkan otot yang tegang. Gunakan air hangat dengan suhu mencapai sekitar 37 derajat celcius.

Dengan kendurnya otot-otot yang tegang, kamu dapat merasakan beban pikiran akan menurun. Kamu juga dapat menambahkan aroma terapi dan musik klasik agar suasana batin ikut nyaman.

Khasiat lain dari berendam air hangat ternyata dapat mencegah insomnia. Berendam beberapa saat akan dapat membantu menghilangkan penyebab gangguan tersebut sehingga nantinya tidur akan menjadi lebih pulas.

Yang terakhir, juga dapat menjaga kestabilan tubuh. Sebab, saat berendam dengan air hangat pembuluh darah akan terbuka.

Sebagai teman untuk menikmati rendaman air hangat, kamu dapat membawa minuman berbahan herbal yang tak berefek samping seperti Larutan Penyegar Cap Badak.

Minuman produksi Sinde ini mengandung ramuan herbal yaitu Gypsum Fibrosum dan Galcareous Spar.

Bahan tersebut dapat menyegarkan tubuh dan mengurangi tekanan pada masalah yang kamu rasakan tanpa efek samping.

lpcb© dream.co.id

Selain itu, Larutan Penyegar Cap Badak juga mampu mencegah flu dan panas dalam, hingga melancarkan sembelit.

Larutan Penyegar Cap Badak tersedia tanpa rasa dalam kemasan botol 200 mililiter dan 500 mililiter. Sedangkan dalam kemasan kaleng 320 mililiter tersedia dengan tujuh varian rasa buah segar jeruk, strawberi, melon, leci, jambu, anggur, dan apel.

Beri Komentar