Kenali 7 Manfaat Bunga Melati untuk Kecantikan Alami Perempuan Indonesia

Reporter : Arini Saadah
Sabtu, 7 Mei 2022 16:00
Kenali 7 Manfaat Bunga Melati untuk Kecantikan Alami Perempuan Indonesia
Ini dia manfaat bunga melati untuk kecantikan yang perlu kamu coba.

Dream - Bunga melati memiliki aroma harum semerbak, sehingga tak heran sering dijadikan aksesoris pengantin dan upacara-upacara adat lainnya.

Bunga melati sangat mudah ditemui di Indonesia. Banyak orang menanam bunga melati untuk mempercantik pekarangan rumah.

Bunga yang kebanyakan berwarna putih ini ternyata memiliki 200 jenis yang berbeda-beda. Akan tetapi hanya sekitar 9 jenis bunga melati yang dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia.

Salah satu jenis yang mudah ditemui adalah melati putih atau Jasminum sambac. Seringkali bunga melati yang satu ini diolah menjadi teh herbal.

Selain dijadikan teh, manfaat bunga melati juga dipakai untuk kecantikan alami kulit dan rambut, bahkan banyak produk kecantikan dibuat dari bahan dasar bunga melati.

Dikutip Dream dari Womenshealth, menghirup aroma bunga melati bermanfaat untuk melepaskan zat kimia otak yang membuat perasaan nyaman serta mengurangi kecemasan.

Lantas apa saja manfaat bunga melati untuk kesehatan? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Melati untuk Kecantikan

Ilustrasi© Unsplash.com

1. Sebagai Antiseptik alami

Manfaat bunga melati untuk kecantikan yang pertama adalah sebagai antiseptik alami. Hal ini lantaran bunga melati mengandung asam benzoat dan benzil benzoat. Keduanya mampu melawan dan menghambat pertumbuhan bakteri serta jamur. Manfaat bunga melati juga bisa mempercepat penyembuhan luka serta mengurangi infeksi pada kulit.

2. Bikin Kulit Lebih Lembap

Manfaat bunga melati untuk kecantikan yang kedua adalah bisa melembapkan kulit. Kandungan antioksidan pada bunga melati berperan mengembalikan kelembapan kulit yang hilang.

Tak hanya itu, bunga yang kerap dijadikan hiasan pengantin ini mampu membuka pori-pori kulit yang tertutup, sehingga skincare bisa berfungsi maksimal. Bahkan bunga melati juga sangat cocok untuk perawatan kulit kering dan kulit iritasi. Maka dari itu, manfaat bunga melatibagus untuk penderita eksim.

2 dari 4 halaman

3. Mencegah Penuaan

Ilustrasi© Pexels.com

Ada istilah yang menyebutkan bahwa tua adalah penyakit. Tua bukan hanya persoalan umur, tetapi juga fisik. Ada orang yang masih muda, namun fisiknya sudah menunjukkan penuaan. Untuk mencegah penuaan dini, Sahabat Dream bisa mengoleskan beberapa tetes minyak melati ke wajah dan leher rutin setiap malam menjelang tidur.

Minyak dari ekstrak bunga melati mampu memperlambat penuaan dini, mencegah garis halus, dan meningkatkan produksi kolagen.

 

4. Mengatasi Jerawat

Jerawat merupaka masalah sulit yang sangat sulit diatasi bagi sebagian orang. Tak jarang beberapa perawatan telah dilakukan demi menghilangkan jerawat pada wajah.

Nah, Sahabat Dream bisa mencoba perawatan alami dari bunga melati untuk mengobati jerawat. Kamu cukup membuatnya menjadi masker wajah dan rutin menggunakannya.

Cuci bersih bunga melati, kemudian ditumbuk halus. Lalu oleskan pada wajah yang berjerawat dan diamkan kurang lebih 10 sampai 15 menit. Terakhir bilas dengan air hangat.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Melati untuk Kecantikan

5. Bikin Kulit Jadi Halus

Manfaat bunga melati untuk kecantikan yang selanjutnya bisa membantu menghaluskan kulit baik wajah maupun tubuh. Kamu bisa mengolah bunga melati menjadi lulur mandi. Mencampurkan bubuk bunga melati dengan minyak zaitun kemudian dioleskan sambil digosok ke seluruh tubuh. Campuran bunga melati dan minyak zaitun berperan mengangkat sel kulit mati pada tubuh sehingga kalit akan terasa lebih halus dan lembut. Lakukan secara rutin seminggu dua kali untuk hasil lebih maksimal.

6. Menguatkan Rambut

Tak hanya bagus untuk kecantikan kulit, manfaat bunga melati juga bagus untuk kecantikan rambut. Masalah rambut rontok dan kebotakan kerap menjadi masalah yang mengganggu penampilan. Kamu bisa mengurangi kerontokan rambut dengan mencoba khasiat dari bunga melati.

Siapkan beberapa bunga melati,daun mangkokan, pandan wangi, daun urang aring, secangkir minyak kelapa, minyak wijen, kemiri, bunga mawar, dan air putih.

Haluskan semua bahan tersebut dan rebus di atas api kecil selama 20 menit. Lalu biarkan hingga dingin. Kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala sambil memijatnya lembut. Terapkan sehari dua kali sebelum mandi agar hasil maksimal.

4 dari 4 halaman

7. Melembapkan Kulit Kepala

Ilustrasi© Pixabay.com

Ramuan dari bunga melati tak hanya bagus mencegah kerontokan rambut, namun juga baik untuk menjaga kelembapan kulit kepala.

Ekstrak dari bunga melati mampu menjaga kelembapan di kulit kepala dan menjaga kulit kepala tetap terhidrasi sekaligus mencegah rambut rontok dan ketombe.

Itulah beberapa manfaat bunga melati untuk kecantikan alami perempuan Indonesia. Kamu bisa mencobanya untuk mendapatkan kulit tubuh dan wajah yang lebih cantik. Tak lupa aplikasikan pada rambutmu agar kamu mendapatkan kilau rambut yang alami.

Beri Komentar