Niacinamide, Formula 'Dewa' yang Bikin Kulit Glowing

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 29 Juli 2021 07:35
Niacinamide, Formula 'Dewa' yang Bikin Kulit Glowing
Pastikan kamu perhatikan kandungan ini sebelum membeli produk skincare, ya.

Dream – Sebelum membeli skincare, kamu wajib banget perhatikan kandungan yang ada di tiap produk. Ada bahan perawatan kulit yang harus dihindari setiap jenis kulit, misalnya alkohol, wewangian (fragrance), parabe, sampai glycolic acid.

Kandungan-kandungan tersebut dapat menyebabkan efek buruk, mulai dari kulit yang mengering sampai bikin alergi. Tapi tenang Sahabat Dream, ada kok bahan yang bekerja keras dan cocok di semua jenis kulit dan kamu pun bisa mencobanya. Kandungan itu adalah niacinamide.

Untuk kamu pecinta skincare, pasti sudah familiar dengan turunan vitamin B3 ini. Di Indonesia, bahan ini sama populernya dengan retinol dan vitamin C. Sebagian besar brand skincare pasti memiliki produk yang di dalamnya mengandung niacinamide.

1 dari 4 halaman

Apa sih niacinamide?

Sebagai salah satu turunan vitamin B3, niacinamide secara alami terdapat dalam makanan, seperti biji-bijian, ikan, daging, dan kacang-kacangan.

Paula Begoun pendiri Paula’s Choice mengatakan bahan ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. “ Niacinamides punya manfaat yang bagus untuk semua jenis kulit dan usia,” ungkapnya kepada Vogue.

Ilustrasi© shutterstock

Apa Manfaatnya?

Paula menjelaskan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa niacinamide melindungi kulit dari kerusakan lingkungan terutama akibat sinar matahari dan meningkatkan kelembaban.

Selain itu juga mengurangi tanda penuaan, mengecilkan pori-pori serta meratakan warna kulit secara signifikan.

Penelitian tahun 2019 menemukan bahwa kandungan ini sangat bagus dalam memerangi polusi yang sering dihadapi berkat kemampuannya untuk memperbaiki DNA yang rusak serta sifat antioksidannya yang kuat.

2 dari 4 halaman

Apakah Niacinamide untuk Semua Orang?

Ilustrasi© shutterstock

Setiap jenis kulit bisa mendapat manfaat ketika memasukan niacinamide kedalam perawatan rutin mereka. Triknya adalah menemukan formula yang tepat tergantung jenis kulitmu.

“ Jika kulitmu berminyak atau pori-pori besar dan warna kulit tidak rata, cari produk dengan kandungan yang ringan seperti 10% Niacinamide Booster. Tapi jika kulitmu kering, pelembab atau toner dengan kandungan niacinamide yang rendah akan membuat perbedaan besar,” ujar Paula.

Oleh sebab itu, sesuaikan dengan jenis kulitmu, ya, Sahabat Dream.

3 dari 4 halaman

Bisakah digunakan untuk Jerawat?

Tidak ada masalah dengan jerawat atau purging. Niacinamide bersifat menenangkan, anti-inflamasi, dan tidak meningkatkan pergantian sel sehingga kemungkinan tidak ada masalah dengan hal tersebut.

Namun, jika mau berjerawat atau mengalami reaksi lain, sudah saatnya menghentikan produk niacinamide. Sebab bisa jadi reaksi tersebut akibat konsentrasi kandungan yang terlalu tinggi.

Ilustrasi© shutterstock

Kapan digunakan?

Gunakan niacinamide sebelum pelembap. Kamu bisa menggunakannya di pagi atau sore hari atau kapan saja jika kamu ingin.

4 dari 4 halaman

Amankah digunakan bersamaan dengan Vitamin C?

Beredar rumor berkata menggunakan niacinamide bersamaan dengan vitamin C dapat membuat keduanya tidak efektif dan menyebabkan kemerahan.

Namun, mereka bisa digunakan bersama. Paula mengatakan dasar dari rumor ini adalah penelitian tahun 60an, dimana kedua bahan tersebut diuji secara tidak stabil dan dipanaskan.

Saat ini, kedua bahan tersebut hampir selalu distabilkan dan tidak dapat dipanaskan. Jadi kamu bisa menggunakan kedua bahan ini untuk membantu mencerahkan kulit.

Tidak seperti bahan lain yang datang dengan berbagai nama, niacinamide akan selalu dicantumkan dengan jelas pada label produk. Jadi jika kamu ingin membelinya, pastikan baca dengan teliti terkait kandungannya, ya!

Laporan: Elyzabeth Yulivia

Beri Komentar