Radiasi Ponsel Potensi Kanker Kulit, Ini Cara Hindarinya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 1 Desember 2018 15:01
Radiasi Ponsel Potensi Kanker Kulit, Ini Cara Hindarinya
Perangkat elektronik seperti smartphone juga memancarkan radiasi sinar UV yang bisa berakibat kanker kulit.

Dream - Penampilan wajah yang kusam sangat mengganggu penampilan. Memakai makeup pun tidak menjadi solusi. Wajah justru bisa terlihat cakey dan kurang natural.

Wajah yang kusam disebabkan oleh banyaknya sel kulit mati akibat kotoran, debu maupun polusi, atau paparan sinar UV.

" Kalau warna kulitnya kusam, berarti kulitnya tidak sehat. Kulit yang glowing dan bertekstur lembut itu sehat," imbuh Abraham Arimuko, Ketua Studi Dermatologi Kosmetik Indonesia (KSDKI) Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) di Hotel Morrissey, Jakarta Pusat.

Untuk menjaga kulit tetap cerah, biasanya banyak orang akan memakai produk eksfoliasi dan sunscreen di siang hari. Padahal, kata dia, sebenarnya sunscreen masih harus dipakai ketika kulit masih terpapar sinar dari gadget.

Penelitian dalam jurnal American Academy of Dermatology menyatakan, perangkat elektronik seperti TV, laptop dan smartphone juga memancarkan radiasi sinar UV.

" Radiasi sinar UV itu paling buruk dampaknya ke wajah. Makanya, perlu pakai sunscreen supaya kulit tidak berbintik hitam, mengalami pigmentasi, penuaan dini dan kusam," ungkapnya.

Yang perlu dihindari dari radiasi sinar UV pada perangkat elektronik adalah UV-A karena berdampak pada bagian dalam kulit, seperti penuaan, pengempisan dan menyebabkan kanker kulit.

" Ada tiga jenis sinar UV yang perlu dihindari, UV-A, UV-B dan UV-C. UV-C sudah ditahan di lapisan ozon. UV-A dan UV-B bisa masuk ke dalam kulit dan terbakar. Rasanya pedih. Tapi, UV-A yang lebih terserap kulit," katanya.

Gunakan sunscreen yang cocok dengan kulit agar kulit benar-benar terlindungi. " Kalau produk yang dipakai tidak cocok, itu lebih parah lagi. Malah merusak kulit" .

Maka dari itu, kenali jenis produk dan kandungan yang baik untuk kulit dan cobalah di area belakang kuping utuk mengetahui reaksinya terhadap kulit. (ism) 

2 dari 4 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Benarkah Nusron Wahid Tantang OPM, Fakta atau Hoaks?