© 2025 Https://www.dream.co.id
DREAM.CO.ID - Cuaca panas dan lembap yang khas di Indonesia sering membuat rambut cepat lepek, kulit kepala berminyak, bahkan terasa gatal. Kondisi ini jadi tantangan harian bagi banyak orang Indonesia yang tinggal di bawah teriknya matahari tropis. Berdasarkan survei JakPat terhadap lebih dari 3.000 responden, sekitar 40% mengalami kulit kepala berminyak dan 30% memiliki rambut yang mudah berminyak. Tak heran jika pencarian produk dengan klaim “ anti-lepek”, “ lightweight shampoo”, hingga “ scalp-soothing treatment” meningkat pesat di platform kecantikan seperti Sociolla.
Melihat fenomena ini, Celebrity Hairstylist sekaligus Certified Trichologist Rey Nathanael menghadirkan solusi lewat lahirnya Woshday, brand lokal yang mengusung konsep unik “ Skincare-Infused Scalp & Hair Expert.” Gagasannya sederhana: merawat rambut sebaik kita merawat kulit wajah.
“ Selama lebih dari tujuh tahun berkarya di dunia rambut, banyak klien datang kepada saya mengeluhkan rambut lepek atau shampo yang membuat rambut kering dan iritasi. Dari situ saya terinspirasi menciptakan Woshday, karena jarang produk hair care lokal yang sesuai untuk iklim tropis. Saya percaya perawatan rambut harus dimulai dari kesehatan kulit kepala,” ujar Rey.
Dibalik lahirnya Woshday, terdapat proses riset dan uji coba panjang selama tiga tahun. Rey menggandeng para ahli serta komunitas pengguna bernama Woshfam untuk memastikan formula yang dihasilkan benar-benar efektif. “ Formula Woshday tentunya telah mengalami trial dan error, dimulai dari tiga tahun lalu, saya bekerja sama dengan para ahli di bidangnya, melakukan riset mendalam, dan mengumpulkan feedback riil dari Woshfam, anggota komunitas kami, untuk memastikan hasilnya benar-benar terbukti,” tambahnya.

Konsep Skincare-Infused Haircare yang diusung Woshday hadir sebagai inovasi baru di dunia perawatan rambut lokal. Dengan formula ringan yang meniru kelembutan skincare, produk ini membantu menjaga keseimbangan minyak, menghidrasi kulit kepala, dan membuat rambut terasa lebih bervolume tanpa residu berat.
Dalam tahap uji coba terhadap lebih dari 250 anggota komunitas, 92% pengguna merasa Scalp Purifying Shampoo membantu mencegah rambut cepat lepek meski di cuaca panas dan lembap, sementara 92% lainnya mengaku Hair Volumizing Conditioner membuat rambut tetap ringan dan mengembang.
Dua produk andalan ini memiliki kandungan yang cermat dirancang untuk kondisi rambut tropis. Shampo-nya mengandung Suga®Nate dan Apple Cider Vinegar yang membersihkan minyak berlebih tanpa membuat rambut kering. Sedangkan kondisionernya mengombinasikan Aminosensyl™ HC, Green Tea, dan Panthenol untuk melembutkan rambut tanpa silikon, menjaga nutrisi tetap terserap optimal, dan memberikan hasil akhir yang halus dan berkilau alami.
Semua formula Woshday dikembangkan dengan pendekatan clean formulation — bebas silikon, tetapi tetap mampu memberikan performa maksimal. Pendekatan ini sekaligus menjawab tren baru konsumen Indonesia yang semakin sadar akan bahan dan keamanan produk.
Pertumbuhan kategori hair & scalp care di Indonesia memang meningkat pesat dalam dua tahun terakhir. Berdasarkan data SOCO Insight Factory, kategori ini tumbuh lebih dari dua kali lipat sejak 2023 hingga 2025. Perubahan ini menunjukkan bahwa semakin banyak konsumen yang menganggap perawatan rambut sebagai bagian penting dari rutinitas self-care.
Menurut Chrisanti Indiana, Co-founder & CMO Social Bella, faktor iklim dan gaya hidup masyarakat Indonesia membuat kebutuhan akan produk seperti Woshday semakin tinggi. “ Selain karakteristik iklim tropis yang panas dan lembap, kini konsumen juga semakin cermat terhadap kandungan produk. Dengan tingginya minat terhadap bahan seperti ceramide, peptide, centella, dan botanical extracts, konsumen kini mencari produk yang ringan, bersih, dan efektif menjaga rambut tetap segar di iklim tropis. Produk dengan konsep skincare for hair, seperti Woshday, kini menjadi pilihan konsumen,” ungkapnya.
Kolaborasi dengan Sociolla membuat kehadiran Woshday semakin mudah dijangkau. Produk ini hadir perdana di platform Sociolla.com mulai 11 November 2025, dan akan tersedia di seluruh toko omnichannel Sociolla mulai 13 November 2025, dengan harga Rp249.000 per botol (340ml) untuk masing-masing varian shampo dan kondisioner.
Rey menutup dengan pesan optimistis yang menjadi semangat di balik brand ini: “ Saya ingin setiap orang yang mencoba Woshday dapat merasakan rambut dan kulit kepala yang lembut, sehat, bervolume, dan bebas lepek—better hair, brighter days! Diformulasikan secara profesional dan berbasis sains dengan clean formulation yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, kami berharap kolaborasi dengan Sociolla dapat membantu Woshday menjangkau lebih banyak beauty enthusiast sekaligus mengedukasi pentingnya merawat kulit kepala dan rambut dengan cara yang tepat.”
Advertisement
Ujian Tengah Semester Bentrok dengan Syuting, Prilly Latuconsina Numpang Kamar Warga

Respons Rifat Sungkar Saat Putranya Lakukan Kesalahan di Sirkuit Bikin Haru Warganet

Inspiratif Banget, 5 Komunitas Kebangsaan di Indonesia

FKSM 2025 Singgah di Cirebon, Hadirkan Seni Media Sampai Layar Tancap

5 Tempat Makan Pempek Legendaris di Palembang untuk Manjakan Lidah




Respons Rifat Sungkar Saat Putranya Lakukan Kesalahan di Sirkuit Bikin Haru Warganet

Ujian Tengah Semester Bentrok dengan Syuting, Prilly Latuconsina Numpang Kamar Warga

Siswa SMPN 19 Tangsel Diduga Korban Bullying Meninggal Dunia, Sempat Koma di RS


Proses Pembuatannya Sampai 2 Tahun, Bonvie Haircare Rilis Produk Perawatan Rambut Khusus Cowok