Silk Lash, Bulu Mata Palsu yang Mulai Punah

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Jumat, 29 November 2019 09:36
Silk Lash, Bulu Mata Palsu yang Mulai Punah
Mink falsies mendadak jadi primadona karena memberi tampilan mata super lentik dan elegan seperti mengenakan eyelash extension.

Dream - Bulu mata mink hair atau mink falsies sempat menjadi tren beberapa tahun terakhir. Falsies ini dibuat dari bulu hewan cerpelai, sejenis musang berkaki pendek dengan tubuh panjang dan ramping.

Bulu cerpelai yang sangat halus banyak diolah menjadi bahan pembuat falsies di berbagai negara. Mink falsies mendadak jadi primadona karena memberi tampilan mata super lentik dan elegan seperti mengenakan eyelash extension.

" Mink falsies ini karakternya berantakan, agak sedikit messy namun memberi efek sempurna pada mata. Biasanya mink hair disusun dengan model layering berpisah-pisah," kata Redavell Tjen, Founder, CCO & Eyelash Architect Artisan Professionnel di Jakarta, Kamis 29 November 2019.

 Bulu mata© shutterstock.com

Mink hair disusun dengan bentuk menyerupai huruf 'X' hingga menciptakan tampilan falsies lebih lentik dan bervolume. Falsies ini juga disertai dengan batang yang kokoh agar dapat menahan berat bulu. Hal tersebut membuat mink falsies pada umumnya dapat dipakai hingga berkali-kali.

1 dari 4 halaman

Nyaris Punah

Mink falsies sangat digemari oleh banyak orang di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat yang menjadi pasar terbesar bulu mata cerpelai. Tingginya permintaan ternyata membawa pengaruh buruk pada lingkungan.

 Artisan Professionnel© Annisa Mutiara Asharini/Dream

Populasi cerpelai mulai menurun dan hampir menjadi hewan yang nyaris punah. Apalagi cerpelai juga banyak diburu untuk memproduksi produk fashion di sejumlah perusahaan fast fashion dunia.

Para desainer bulu mata kemudian merancang bulu sintetis yang dapat menggantikan bulu cerpelai. " Saat ini kita pakai bulu mink sintetis yang dibuat menjadi silk lash, bulu mata palsu yang sifat dan desainnya sama dengan mink falsies," ujarnya.

2 dari 4 halaman

Trik Memilih Bulu Mata Palsu untuk Setiap Gaya Riasan Wajah

Dream - Bulu mata palsu atau falsies banyak digunakan sebagai pelengkap riasan wajah. Belum afdol jika makeup flawless tidak dilengkapi dengan bulu mata palsu. Falsies dapat membuat sorotan mata terlihat lebih segar.

Sepintas terlihat sama, falsies memiliki desain bulu yang berbeda di setiap jenisnya. Variasi bentuk ini bukan hanya sekadar menjadi pilihan ketika bersolek.

" Setiap model falsies dirancang untuk memenuhi bentuk mata dan kebutuhan makeup yang berbeda-beda, meski bisa disesuaikan juga dengan selera si pemakai," kata Redavell Tjen, Founder, CEO & Eyelash Architect Artisan Professionnel di Jakarta, Kamis 28 November 2019.

 Artisan Professionnel© Annisa Mutiara Asharini/Dream

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Model bulu mata klasik merupakan jenis paling mendasar yang bisa diterapkan di setiap bentuk mata den jenis makeup. Bulu dirancang dengan sangat natural menyerupai rambut asli. Falsies jenis ini juga cocok digunakan di riasan daily look.

Sedangkan untuk di acara pesta dengan makeup bold, pilih falsies dengan desain lebih rumit untuk tampilan lebih glamor.

" Falsies ini banyak dipakai di Malaysia. Sangat ngetren karena rata-rata bentuk mata wanita di sana cenderung cekung," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Lebih Bold Namun Tetap Natural

Untuk tampilan lebih lentik seperti mengenakan eyelash extension, Sahabat Dream dapat memakai falsies yang terbuat dari bulu hewan cerpelai atau mink hair. Namun hewan ini mulai langka sehingga banyak orang memakai bahan silk lash yang memberi efek sama dengan mink lash.

 Artisan Professionnel© Annisa Mutiara Asharini/Dream

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Jika ingin lebih bold, gunakan 3D falsies dengan jenis curl strand. Bulu mata ini dapat memberi efek mata lebih segar, besar dan dramatis. 3D falsies banyak digunakan untuk kebutuhan pernikahan atau pesta dalam durasi waktu lebih lama.

" Bagian batang 3D falsies juga lebih kokoh. Pilih 3D falsies dengan helai natural sehingga tidak membuat mata terlihat drowsy atau mengantuk," kata Redavell.

4 dari 4 halaman

Bulu Mata Bawah

Tak hanya bagian atas, bulu mata bawah kerap menjadi masalah bagi banyak orang. Pasalnya, bulu mata bawah orang Asia cenderung pendek sehingga sulit untuk melentikkannya jika hanya mengandalkan maskara.

Under falsies bisa menjadi solusi bagi kamu yang kurang pede dengan tampilan bulu mata bawah. Meskipun baru sedikit produsen bulu mata yang mengeluarkan falsies jenis ini.

 Artisan Professionnel© Annisa Mutiara Asharini/Dream

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

" Memilih under falsies agak sulit karena harus tetap terlihat natural, tidak mengilap dan terkesan hanya dipoles memakai maskara namun dengan efek lebih cantik. Tidak boleh juga pakai yang terlalu tebal," imbuhnya.

Artisan Professionnel, sebuah brand falsies asal Jawa Timur mempelopori tren under falsies di Indonesia. Dibuat dengan teknik handmade, falsies memberi hasil natural ketika diaplikasikan pada mata.

Falsies yang dibuat oleh para pengrajin lokal asal Probolinggo ini sudah banyak dipakai oleh pesohor dunia. Diantaranya Camilla Cabello, Catriona Gray hingga selebriti Tanah Air seperti Maia Estianty dan Krisdayanti.

Beri Komentar