Proses Hidup Membawa Seseorang ke Sesuatu yang Lebih Baru

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 15 September 2021 19:06
Proses Hidup Membawa Seseorang ke Sesuatu yang Lebih Baru
Becoming A New Version of Me jadi topik obrolan seru alumni angkatan ke-33 Institut Pertanian Bogor (IPB) secara online.

Dream – Hampir dua tahun kita hidup dengan kata “ berubah”. Mulai dari kebiasaan, aktivitas, sampai pola pikir sehingga perubahan itu mampu membentuk sesuatu yang baru pada diri kita masing-masing.

Perubahan ke hidup lebih baik tengah dirasakan kita semua agar selalu siap dengan segudang masalah yang hadir dengan tiba-tiba. Seperti halnya sesuatu yang baru dalam diri tanpa disadari hadir pada tiap orang.

Mengusung “ Becoming A New Version of Me” yang digelar alumni angkatan ke-33 Institut Pertanian Bogor (IPB) sukses jadi obrolan seru pada Minggu, 5 September 2021 lalu, secara daring.

Diskusi online ini merupakan rangkaian kegiatan menuju Reuni Perak 33 yang akan diselenggarakan pada 11 Desember 2021.

Menghadirkan dua orang pembicara yakni Wiene Andriyana yang merupakan alumni Manajemen Kehutanan IPB dan Wully Wahuni, seorang alumni Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak IPB, mereka sangat antusias dalam pertemuan online bersama teman-teman satu almamaternya.

Wiene Andriyana yang saat ini bekerja sebagai konsultan di UNDP Indonesia, CIFOR dan IISD serta aktif menulis di Majalah Forest Digest, beranggapan bahwa Becoming a New Version of Me adalah menjadi seorang yang lebih baik dari waktu ke waktu.

1 dari 4 halaman

Hidup Nomaden Wiene Andriyana

Mengikuti tugas suami melahirkan tantangan dan peluang dengan pindah dari satu negara ke negara lain bagi Wiena agar tetap bisa mengembangkan diri (self development), yakni menjadi New Version of Me (Better Improvement).

Terinspirasi dari buku Be More Tree, Wiene merasa perjalanan hidupnya terkoneksi dengan Filosofi Pohon.

Falsafah pertama dalam Filosofi Pohon adalah Bend and Shape it Like a Tree, falsafah kedua, When there is a wood, there is a way, falsafah ketiga, Brench Out of Life (wood wide web), dan falsafah keempat, Be Wood Wide and Nurture with Nature.

Sejak menikah dengan seorang Diplomat pada 2004 silam, Wiene berkomitmen menganut gaya hidup nomaden dengan pola yang akan terus berulang 3-4 tahun di luar negeri, tiga tahun kembali ke Indonesia dan balik lagi ke luar negeri selama 3-4 tahun berikutnya.

Dengan kehidupan yang tiba-tiba berubah seperti itu, Wiene kemudian mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai ASN Dosen di Universitas Lampung untuk mendampingi suami yang bertugas di Lisbon, Portugal selama 3 tahun.

Kemudian kembali mendampingi tugas suami ke Austria di mana Wiene melanjutkan studi doktoralnya. Sejak 2018 hingga saat ini, Wiene dan keluarga menetap di Ottawa, Canada.

Aktivitas yang berubah-ubah membuat Wiene menemukan makna dari Becoming a New Version of Me.

2 dari 4 halaman

Hal Baru dari Wully Wahyuni

Bersamaan dengan itu, Wully Wahyuni yang saat ini merupakan orang Indonesia pertama sekaligus perempuan pertama yang menjadi General Manager di PT Trow Nutrition Indonesia jadi narasumber selanjutnya yang masih membahas soal Becoming a New Version of Me.

Mengawali kariernya di perusahaan Elanco Animal Health dari 2004-2011, kemudian menjabat sebagai Regional Manager Brand Poultry Asia Pacific, lalu menjadi Country Director di PT Novus International Indonesia pada 2011-2018.

Diskusi Seri 6 Menuju Reuni Perak IPB 33 'Tang96uh'© IPB

Berbagai kesulitan dan tantangan awalnya dihadapi Wully saat memulai karirnya seperti kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, jam kerja tinggi, tidak bisa menyetir, perbedaan budaya, senioritas, hingga issu gender.

Namun berkat tekad, kesungguhan, kerja keras dan rasa percaya diri akan kemampuannya Wully mampu menjalani karirnya dengan mulus dan berbuah prestasi. Seiring berjalannya waktu Wully semakin bijaksana dalam memahami makna sukses.

Jika dulu ia memandang bahwa sukses adalah ketika mendapatkan jabatan dan karir yang melesat, kini Wully meyakini bahwa ada sesuatu yang jauh lebih penting dari itu.

Bagi kedua perempuan ini keluarga dan anak-anak adalah yang utama.

“ Jangan pernah melupakan akar karena dari sanalah kita berasal,” kata Wiene dengan mantap.

 

3 dari 4 halaman

Tetap Pikirkan 'Me Time'

Bagi Wiene, yang berperan besar membantu bangkit dari titik terendah adalah teman-teman dan keluarga yang hadir sebagai support system.

Walau keduanya tergolong sibuk dalam menjalani kehidupan sehari-hari, tapi mereka tak lupa untuk memanjakan diri dengan sekadar Me Time.

Diskusi Seri 6 Menuju Reuni Perak IPB 33 'Tang96uh'© IPB

Me time bagi Wiene, menikmati kopi sambil membaca buku di halaman belakang. Sesekali online shopping dan mendapatkan barang berkualitas dengan harga murah adalah mood booster untuk kemudian kembali berjibaku dengan pekerjaannya menulis laporan.

Sementara Wully memanfaatkan Me Time dengan menyempatkan diri jalan-jalan dan mencoba hal-hal baru di kota-kota yang ia singgahi di tengah kunjungan kerja.

Bergabung di Komunitas Fotografi 33 TAN96UH bagi Wully adalah Me Time yang menyegarkan usai rutinitas harian di kantor.

 

4 dari 4 halaman

Harapan ke Depannya

Diskusi Seri 6 Menuju Reuni Perak IPB 33 'Tang96uh'© IPB

Dalam lima tahun ke depan, Wienne menyampaikan bahwa ia ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi, ingin menulis lebih banyak lagi, sehingga sains menjadi sesuatu yang mudah dibaca dan dipahami khalayak.

Sedangkan Wully ingin melanjutkan kuliah S3 di UI untuk menggenapi impian kuliah di 3 kampus terbaik di Indonesia setelah menempuh kuliah S1 di IPB dan S2 di ITB.

Beri Komentar