8 Khasiat Jamur yang Jarang Diketahui Publik

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 1 September 2015 10:01
8 Khasiat Jamur yang Jarang Diketahui Publik
Jamur mengandung kolin, nutrisi penting yang membantu dalam pergerakan otot dan memori.

Dream - Jamur memiliki sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Selain sebagai sumber serat, jamur telah digunakan sebagai obat-obatan sejak dahulu. Jamur merupakan makanan yang rendah kalori, namun kaya akan vitamin B dan D, Kalium, tembaga, besi dan mineral yang disebut selenium.

Seperti dikutip laman boldsky.com Selasa, 1 September 2015 disebutkan bahwa jamur mengandung kolin, nutrisi penting yang membantu dalam pergerakan otot dan memori. Makanan kaya manfaat ini juga memiliki rasa yang lezat sehingga sangat bagus dimasukan dlam menu pola makan diet harian.

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, jamur juga masih banyak memiliki kandungan baik untuk kesehatan, di antaranya:

1. Kaya Antioksidan
Jamur merupakan sumber antioksidan yang ergothioneine, yang diperlukan untuk melawan penuaan, peradangan dan membantu dalam penurunan berat badan.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Antioksidan yang terdapat di dalam jamur membantu mempromosikan sistem kekebalan tubh yang sehat. Sehingga dapat menjaga penyakit pilek dan flu menyerang orang yang gemar menyantap jamur. Selenium did alam jamur meningkatkan respon imun dan merangsang untuk membunuh produksi sel T.

3. Sumber Vitamin D
Secara alami jamur akan menghasilkan vitamin D saat terkena sinar matahari, sehingga sangat bagus untuk kesehatan tulang. Jamur mengandung sekitar 20 persen dari kebutuhan vitamin D setiap harinya.

4. Menurunkan Gula Darah
Jamur memiliki tingkat karbohidrat yang sangat rendah, sehingga tidak berpotensi meningkatkan gula darah. Hal ini juga sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian.

5.Mengendalikan Berat Badan
Jamur dapat mambantu untuk mengendalikan berat badans seseorang, karena rendah kolestrol dan lemak bebas. Jamur membuat rasa kenyang bertahan lebih lama dan membuat nafsu makan menjadi berkurang.

6. Bagus untuk Kulit dan Rambut
Mengonsumsi jamur dapat mengurangi resiko wajah berjerawat. Makanan yang satu ini juga membantu kulit berhidrasi sehingga banyak digunakan sebagai bahan membuat kosmetik. Mineral selenium di dalamnya sangat bagus untuk mencegah ketombe serta melawan kerontokan rambut.

7. Menjaga Jantung
Jamur dapat membantu mengurangi peradangan arteri dan mencegah penyakit janttung. Serat, kalium dan vitamin C pada jamur berkontribusi terhadap kesehatan jantung.

8. Melawan Kanker
Banyak mengonsumsi jamur dapat menurunkan resiko terkenaberbagai jennis kanker. Senyawa di dalam jamur dapat dimanfaatkan untuk memerangi sel-sel penyebab kanker.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone