Bikin Tempe Sendiri Pakai Kacang Merah dan Kacang Hijau

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 15 November 2021 19:48
Bikin Tempe Sendiri Pakai Kacang Merah dan Kacang Hijau
Rasanya pasti lebih kaya. Mau coba?

Dream - Sahabat Dream pasti sudah akrab dengan tempe. Makanan yang terbuat dari kedelai ini biasanya disajikan dengan digoreng, ditumis atau sebagai campuran sayur.

Rasanya nikmat dan tentu saja kaya gizi. Tempe yang selama ini sering kita konsumsi terbuat dari kacang kedelai. Tempe sebenarnya juga bisa dibuat dari kacang lain. Seperti kacang hijau dan kacang merah.

Akun Instagram @jezhalim membagikan pengalamannya membuat tempe dari kacang merah dan kacang hijau. Sahabat Dream mungkin juga ingin membuatnya di rumah. Berikut langkah-langkahnya.

Tempe© Instagram @jezhalim

1. Rendam kacang merah rendam 2 malam, dan kacang hijau sekitar 8 jam. Airnya pastikan memenuhi seluruh wadah dan tutup.

2. Rebus kacang merah 45 menit, dan kacang hijau hanya 15 menit

3. Taruh di atas tampah dan serbet lalu lap kering

4. Masukkan wadah, beri 2 sendok makan untuk 250 gram kacang dan 1 sendok teh ragi aduk rata

4. Masukkan wadah, tutup kain lembap (kain dapur/ kitchen cloth @demibumi.id), taruh di atas tampah. Masukkan ke lemari dibuka sedikit

5. Tempe akan jadi dalam 15 hari. pun siap dihidangkan mentah atau digoreng

1 dari 5 halaman

Video Membuat Tempe Kacang Merah dan Hijau

      View this post on Instagram

A post shared by Jessica Halim (@jezhalim)

2 dari 5 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

3 dari 5 halaman

Cara Simpel Bikin Tempe Bacem Legit, Mau Coba?

Dream - Olahan tempe memang sulit ditolak. Baik digoreng, ditumis, dikukus atau dibuat bacem. Bagi Sahabat Dream yang suka citarasa manis, menu tempe bacem pastinya jadi favorit.

Sangat pas disajikan dengan nasi putih, nasi kuning atau nasi uduk. Banyak yang mengira kalau membuat tempe bacem membutuhkan proses yang rumit. Sebenarnya ada cara simpel untuk membuatnya. Dikutip dari Cookpad Dian Innes Anjaskara.

Cara Simpel Bikin Tempe Bacem Legit, Mau Coba?© MEN

Bahan :
- 2 sdm air asam
- 3 sdm kecap manis
- 1/2 potong gula merah

Bumbu Halus :
- 6 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar

Cara membuat:
- Haluskan bawang merah, bawang putih dan ketumbar
- Didihkan air, setelah mendidih rebus tempe bersama bumbu halusnya, aduk rata
- Masukkan kecap manis, gula merah dan air asam
- Aduk rata tunggu sampai air menyusut
- Jika sudah berubah cokelat dan air menyusut, tiriskan kemudian goreng sebentar saja
- Tempe bacem siap disantap

 

4 dari 5 halaman

Cara Masak Tempe Goreng Renyah Pakai Air Fryer

Dream – Seperti namanya, air fryer merupakan penggoreng udara yang dirancang untuk menggoreng makanan tanpa menggunakan minyak. Air fryer memiliki sistem kipas pengedar udara panas dengan kecepatan tinggi untuk menghasilkan lapisan renyah.

Selain diklaim lebih sehat karena tidak memerlukan minyak, alat ini semakin populer sebab sangat praktis untuk digunakan. Air fryer bisa digunakan untuk menggoreng apa saja mulai seperti daging ayam, ikan, tahu, atau tempe.

Bagi Sahabat Dream yang ingin mencoba menggunakan air fryer untuk menggoreng tempe, bisa meniru trik dari dr. Audy, yang aktif di media sosial, memberi edukasi kesehatan.

Dalam unggahan video di Instagram miliknya @abigailaudity, tempe harus direndam terlebih dahulu dengan bumbu rendaman. Bumbu ini merupakan campuran bawang putih, ketumbar, dan garam yang dihaluskan dan diberi air.

Tempe© Instagram @abigailaudity

Jika terlalu malas untuk menghaluskannya, Sahabat Dream bisa membeli bumbu tempe goreng instan yang mudah ditemukan di warung, pasar, atau supermarket. Rendam beberapa saat hingga bumbu tersebut menyerap dengan baik.

 

5 dari 5 halaman

Setelahnya, masukan tempe tersebut ke dalam air fryer. Pastikan setiap tempe diberi jarak agar matangnya merata. Kemudian, pilih mode fried snack yang diatur selama lima menit.

Tunggu di menit ke lima, dan balik tempenya agar kedua sisi matang dengan sempurna. Sisi berikutnya juga membutuhkan waktu lima menit di mode yang sama. Tempe pun bisa dinikmati, dijamin renyah tanpa minyak.

Jika masih belum garing, Sahabat Dream bisa menambahkan durasi memasaknya. Pastikan untuk memperhatikan durasi waktu memasak. Sebab, makanan yang dimasak dengan suhu tinggi mudah hangus bila kelebihan beberapa detik atau menit.

Untuk lebih jelas, lihat videonya.

      View this post on Instagram

A post shared by Audy Antawidjaja (@abigailaudity)

 

Beri Komentar