Bukan Goreng atau Rebus! Ini Cara Paling Sehat Mengolah Jamur

Reporter :
Rabu, 10 Oktober 2018 11:01
Bukan Goreng atau Rebus! Ini Cara Paling Sehat Mengolah Jamur
Sederet zat gizi pada jamur tersebut bisa hilang begitu saja jika tak diolah secara tepat.

Dream - Olahan jamur selalu bisa menggugah selera. Teksturnya yang kenyal dan memiliki rasa gurih, membuat jamur jadi 'pengganti' daging untuk mereka yang vegetarian.

Jamur merupakan sumber alami vitamin D, tidak mengandung lemak dan kaya akan serat. Kandungan selenium serta vitamin B juga sangat baik untuk tubuh. Tapi sederet zat gizi pada jamur tersebut bisa hilang begitu saja jika tak diolah secara tepat.

Jangan mengolah jamur dengan menggoreng atau merebusnya. Menurut sebuah studi baru, yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition, jamur harus dipanggang untuk mempertahankan kekayaan nutrisinya.

Selama studi mereka, para ilmuwan mencatat bahwa ada penurunan yang signifikan dalam aktivitas antioksidan setelah jamur direbus dan digoreng. Namun setelah dipanggang atau dipanaskan di microwave dapat meningkatkan aktivitas zat antioksidannya.

Menggoreng dan merebus bisa melarutkan zat nutrisi yang terdapat pada jamur dan berpengaruh buruk pada kandungan gizinya.

" Sebaliknya, ketika jamur dipanggang atau diolah dengan microwave, kandungan polifenol dan aktivitas antioksidan meningkat secara signifikan," ujar Irene Roncero dari Mushroom Technological Research Center of La Rioja (CTICH) di Spanyol.

Untuk mengolah jamur, bisa digunakan minyak apapun, tapi disarankan menggunakan minyak zaitun. Sebelum dipanggang, taburi garam dan merica dan sedikit minyak zaitun. Rasanya akan lebih nikmat tanpa meningkatkan level kalorinya.

(Sah, Sumber: Food NDTV)

Beri Komentar
Steve Emmanuel Divonis 9 Tahun Penjara