Cocok Dikonsumsi Pas Ramadan, Madu Selandia Baru Ini Punya Banyak Khasiat

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 27 April 2021 16:45
Cocok Dikonsumsi Pas Ramadan, Madu Selandia Baru Ini Punya Banyak Khasiat
Tak hanya bikin kulit glowing, ini dia manfaat-manfaatnya.

Dream – Selama bulan puasa, sistem pencernaan kita pasti berterima kasih karena frekuensi makan akan berkurang. Melalui kegiatan setahun sekali ini, tubuh dan pikiran akan semakin sehat.

Namun, kita perlu memperhatikan apa yang dikonsumsi saat makan selama Ramadan, baik saat sahur maupun buka puasa. Ada satu makanan yang perlu dikonsumsi selama Ramadan, yaitu madu.

Dari berbagai jenis madu yang kamu kenal, pernahkan mendengar nama madu manuka. Madu ini dihasilkan dari pohon manuka asal Selandia Baru.

“ Selandia Baru sangat menjaga komitmen dan kepatuhannya terhadap serangkaian tindakan untuk melindungi kualitas, integritas, dan kemurnian madunya,” kata New Zealand Trade Commissioner untuk Indonesia, New Zealand Trade and Enterprise, Diana Permana, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 27 April 2021.

 

Madu manuka berasal dari pohon manuka.© Istimewa

 

Standar ketat dari pemerintah, industri, dan internasional terus dipenuhi untuk memastikan produk madunya dijamin sebagai salah satu yang terbaik di dunia, kata Diana.

Lantas, apa saja keunggulan madu manuka?

1 dari 3 halaman

Untuk Pencernaan

Maag atau rasa terbakar di ulu hati merupakan masalah pencernaan yang lumrah terjadi. Selain melalui pengobatan medis, orang yang menderita penyakit ini harus makan dalam porsi kecil sering-sering, tetapi tentunya hal itu tidak mungkin dilakukan saat berpuasa.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri H. pylori atau inflammatory bowel disease (IBD) atau peradangan di saluran usus. Jika tidak diatasi, penyakit ini bisa berkembang menjadi masalah lainnya yang lebih bahaya, misalnya pendarahan di saluran pencernaan.

 

 

© MEN

 

Namun, konsumsi rutin madu manuka dengan konsentrasi MGO (methylglyoxal) yang tinggi, paling tidak UMF (Unique Manuka Factor) 13+, telah dibuktikan melalui uji klinis mampu membunuh bakteri ini.

Kamu bisa menikmati sesendok madu manuka saat sahur dan berbuka puasa agar madu melapisi dan melindungi perut. Lebih bagus lagi jika kamu mengkonumsi madu ini dengan kandungan UMF15+ untuk menciptakan lingkungan antimikroba yang bisa membunuh bakteri di dalam usus besar.

2 dari 3 halaman

Untuk Pernapasan

Sudah setahun lebih pandemi COVID-19 terjadi. Sekarang suara bersin atau batuk sekecil apapun pasti mengganggu. Di saat seperti inilah madu m?nuka bisa kita jadikan penolong: karena secara uji klinis telah dibuktikan kemampuannya sebagai alternatif dari obat antibiotik dalam perawatan cystic fibrosis, suatu infeksi pernapasan yang disebabkan bakteri mematikan.

 

© MEN

 

Berdasarkan penelitian di Universitas Oxford, madu ini mengandung hydrogen peroksida yang lebih efektif menangani infeksi saluran pernapasan atas daripada obat yang dibeli di apotek.

3 dari 3 halaman

Untuk Kulit

Madu bisa digunakan untuk merawat kulit. Jika kulit wajahmu mudah berjerawat dan gonta-ganti produk perawatan malah akan memperparah kondisinya, coba gunakan madu manuka sebagai pelembap/cuci wajah.

 

© MEN

 

Senyawa kimia madu yang bersifat anti peradangan dan memiliki pH rendah, mampu memperbaiki kondisi kulitmu. Sebagai tambahan, penggunaan madu m?nuka juga baik untuk merawat kondisi kulit lain, misalnya eksim, psoriasis, kulit lutut yang kering, bahkan bibir pecah-pecah. Memang selama berpuasa, orang-orang tidak makan dan minum selama 13 jam.

Beri Komentar