Deretan Makanan Pereda Stres

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 15 April 2021 12:00
Deretan Makanan Pereda Stres
Yuk dicoba!

Dream – Saat merasa stres karena masalah perkerjaan, urusan rumah atau apapun sebabnya, pasti kamu akan mencari cara agar keluar dari masalah tersebut.

Liburan, menonton televisi, series, drama Korea, berbelanja online, atau lainnya bisa jadi pilihan melepaskan penat tersebut.

Tapi kamu jangan lupa, bahwa ada juga cara penghilang stres secara efektif, lho! Yaitu makan.

Ilustrasi© Shutterstock

Enggak harus pesan ke restoran mahal kok untuk menyantap menu-menu penghilang stres ini. Apa saja sih? Yuk simak!

1 dari 2 halaman

1. Ubi

Stres kronis dapat menyebabkan disfungsi kortisol sehingga bisa bikin peradangan, nyeri dan efek samping lainnya. Dengan menyantap makanan karbohidrat yang kaya nutrisi, seperti vitamin C dan kalsium ini dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol.

Ubi jalar adalah salah satu makanan karbohidrat yang sangat baik.

2. Kimchi

Kimchi merupakan hidangan sayur fermentasi yang biasanya dibuat dengan kubis napa dan daikon, sejenis lobak. Makanan ini dikemas dengan bakteri menguntungkan yang disebut probiotik dan tinggi vitamin, mineral, serta antioksidan.

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa makanan fermentasi dan kaya probiotik membantu menghilangkan stres dan kecemasan serta menguntungkan bagi kesehatan mental.

Ilustrasi© Shutterstock

3. Telur

Telur mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan, karenanya telur sering disebut multivitamin alami yang dibutuhkan untuk respon stres yang sehat.

Telur utuh juga sangat kaya akan kolin yang dipercaya memainkan peran penting dalam kesehatan ottak dan dapat menghindari seorang dari stres dan meningkatkan suasana hati.

2 dari 2 halaman

4. Kerang

Segala jenis kerang mengandung asam amino tinggi seperti taurin.

Taurin ini memiliki potensi meningkatkan suasana hati karena dapat menghasilkan neurotransmiter seperti dopamin yang penting untuk mengatur respon stres.

Selain itu, kerang juga mengandung vitamin B12, seng, tembaga, mangan, dan selenium yang dapat membantu meningkatkan mood dan menghilangkan depresi.

5. Bawang putih

Bawang putih kaya akan senyawa sulfur yang membantu meningkatkan kadar glutation. Antioksidan ini adalah bagian dari garis pertahanan terdepan tubuh untuk melawan stres.

Hal ini telah dibuktikan dengan penelitian pada hewan, namun demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia.

Ilustrasi© Shutterstock

6. The chamomile

Chamomile adalah ramuan obat yang telah digunakan sejak zaman kuno sebagai peredam stres alami. Teh dan ekstraknya telah terbukti meningkatkan tidur nyenyak dan mengurangi gejala cemas dan depresi.

Ekstrak chamomile dapat mengurangi kadar kortisol saliva dan memperbaiki gejala kecemasan.

7. Bluberi

Buah beri kaya akan antioksidan flavonoid yang memiliki efek anti-inflamasi dan pelindung saraf yang kuat sehingga baik untuk meningkatkan suasana hati.

Selain itu, beri juga dapat mengurangi peradangan dan melindungi kerusakan sel terkait stres.

Laporan: Josephine Widya, Sumber: Healthline

Beri Komentar