Ingin Urus Sertifikat Halal untuk Produk Anda? Begini Caranya

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Rabu, 22 Februari 2017 17:28
Ingin Urus Sertifikat Halal untuk Produk Anda? Begini Caranya
Dengan sertifikasi, pemilik usaha dapat meyakinkan konsumen terkait jaminan kehalalan produknya.

Dream - Produk halal sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Produk halal bahkan tidak hanya diminati umat Islam, melainkan juga non-Muslim.

Para pemilik usaha kini berlomba-lomba mendapatkan sertifikat halal untuk memasarkan produknya. Melalui sertifikasi itu, para pemilik dapat meyakinkan konsumen akan jaminan halal produk mereka.

Terus, bagaimana cara mendapat sertifikat halal MUI? Menurut Direktur Lembaga Pengkajian dan Pengawasan Obat dan Makanan (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta, Osmena Gunawan, caranya sangat mudah.

" Pertama, ada niat, kalau pra-sertifikasi halalnya niat mantap dipersiapkan, maka akan mudah, karena dia paham sertifikat itu," kata Osmena di Jakarta Selatan, Rabu 22 Februari 2017.

Osmena menjelaskan, dalam memproses permohonan sertifikasi, MUI akan melakukan audit ke tempat usaha milik pemohon. Audit tersebut dijalankan pada bahan baku, gudang, dan bahan-bahan yang didapat dari rekanan pemohon.

" Mulai dari air minum, dapur, bahan-bahan, tidak hanya yang ada di meja, tapi gudangnya seperti apa, sausnya yang kerja sama dengan lain kita juga periksa dulu," ucap dia.

Osmena menganjurkan pemilik usaha menggunakan bahan yang sudah ada logo halal MUI. Tapi, jika ada bahan baku yang harus diimpor, maka diharuskan memilih bahan bersertifikasi halal dari lembaga yang diakui MUI.

" Sebetulnya cara pandangnya dan cara kerja kalau kita memandang itu (sertifikasi halal) sulit, enggak akan selesai. Kalau dipandang mudah, ya mudah," kata dia.

Beri Komentar
Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting