Intip Menu Jamuan Makan Penobatan Putra Mahkota Jepang

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 16 November 2020 17:48
Intip Menu Jamuan Makan Penobatan Putra Mahkota Jepang
Seperti apa?

Dream - Budaya dan politik kekaisaran di Jepang bertahan hingga saat ini. Kedudukan Kaisar masih sangat dihormati, meskipun Jepang termasuk negara yang sangat modern. Pada 8 November lalu, baru saja dilakukan upacara penobatan Putra Mahkota.

Pangeran Akishino, adik dari Kaisar Jepang Naruhito, dinobatkan sebagai Putra Mahkota. Upacara penobatan ini dikenal dengan nama " Rikkoshi no Rei" , yang salah satu ritualnya adalah menggelar jamuan makan bersama.

Sayangnya ritual jamuan tersebut tahun tak bisa dilakukan secara besar-besaran karena pandemi Covid-19. Meski demikian, para duta besar Jepang di berbagai negara tetap merayakan penobatan dengan menghadirkan menu khusus.

Seperti Ambassador Ishii Masafumi, duta besar Jepang untuk Indonesia. Beliau menunjukkan menu khas penobatan Putra Mahkota di akun Instagramnya. Tampak sajian menu yang penataannya begitu cantik dan khas Jepang.

Dubes Ishii© Instagram Ambassador Ishii Masafumi

" Berdasarkan ritual " Rikkoshi no Rei" , Pangeran Akishino dinobatkan sebagai Putra Mahkota Jepang.? Saya merayakan hal ini sembari berharap akan kesejahteraan dan kemakmuran Jepang di masa mendatang," tulis Dubes Ishii. ?

Mangkuk berdesain tradisional Jepang, berisi nasi dan lauk pauk. Tampak juga wadah berisi camilan yang sudah ditata cantik. Sayang, Dubes Ishii tak menjelaskan detail menu perjamuan tersebut, karena banyak orang yang penasaran dengan hidangan khas Kekaisaran Jepang.

1 dari 7 halaman

Mi Instan Indonesia Versi 'Next Level' Jadi Favorit Dubes Jepang

Dream - Ishii Masafumi, Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia, dikenal dengan gaya diplomasinya lewat makanan. Lewat akun Instagramnya, ia selalu mengunggah menu-menu makan siangnya yang sangat beragam.

Ishii suka sekali masakan Indonesia dan lebih sering menghabiskan jam makan siang di ruang kantornya. Menu makan siang khas Indonesia biasa ia pesan lewat layanan ojek online.

Kali ini, menu yang disantapnya cukup bikin kaget banyak orang. Ishii menikmati mi instan merek Indonesia, Mie Sedap. Tak disangka seorang duta besar makan mi instan. Rupanya mi tersebut dimasak dengan berbeda atau ia mengistilahkannya sebagai mi 'next level.

Dubes Ishii© Instagram

" Menurut cerita sekretaris saya, ini bukan mie goreng biasa, dengan tambahan baso, sayuran, bumbu dan satu tahapan lagi membawa mie goreng ini ke “ next level”. Hanya melihat foto ini saja, teman-teman Indonesia pasti sudah tahu kelezatan rasanya,"  tulis Ishii dalam keterangan foto yang diunggahnya pada 2 Juni 2020 lalu.

 

2 dari 7 halaman

Bintang Iklan Mahal

Komentar pun bermunculan. Warganet malah menunggu review atau ulasan rasa dari Dubes Ishii. Banyak yang memintanya untuk membandingkan dengan merek lain.

© Dream

Seperti komentar @damaiantifitria yang menulis " Cobain indomie Goreng juga, Pak.. terus enakan yg mana? Ditunggu reviewnya.."

Ada juga berkomentar kalau Mie Sedap harus bayar mahal. Pasalnya, 'bintang iklannya' seorang Dubes Jepang. Akun @rivopamudji berkomentar " Bintang iklannya mahal ini!" .

 

3 dari 7 halaman

Menu Makan Siang Dubes Jepang Ternyata Sangat Indonesia

Dream - Ishii Masafumi, duta besar Jepang untuk Indonesia sedang jadi perbincangan para pecinta kuliner Indonesia. Pria yang bertugas di Indonesia sejak 2017 ini selalu memamerkan menu makan siangnya dari berbagai provinsi di Indonesia.

© Dream

Sang Dubes kerap menunjukkan menu makannya itu dengan cara yang unik dan super gemas. Seperti saat makan Tongseng Kambing, Masafumi bergaya seperti kambing bertanduk.

Tak hanya itu, Masafumi kerap mengenakan batik sambil menunjukkan peta Indonesia di ruang kerjanya, dari mana batik tersebut berasal.

Gaya diplomasinya tampak sangat hangat dan menyenangkan. Lihat saja gaya Ishii Masafumi dalam menerapkan food diplomacy, seru!

4 dari 7 halaman

1. Menikmati Bihun Bebek Medan

Bihun Bebek Medan© Instagram

Sambil memegang boneka astronot, sang duta besar menikmati menu Bihun Bebek khas Medan. Sluurp!

 

5 dari 7 halaman

2. Nasi Bali Lengkap dengan Sate Lilit

Nasi Bali© Instagram

Kali ini menu makan siang Ishii adalah nasi Bali. Ia terlihat bersemangat menikmati sate lilit. 

6 dari 7 halaman

3. Mi Aceh

Mi Aceh© Instagram

Aceh memang memiliki sejarah sendiri yang wajib diketahui para duta besar dari negara lain yang bertugas di Tanah Air. Ishii juga mempelajarinya sambil menikmati sajiannya yang sangat terkenal. Mi Aceh!

7 dari 7 halaman

4. Tongseng Kambing

Tongseng Kambing© Instagram

Olahan kambing bukanlah makanan yang 'normal' bagi masyarakat Jepang. Siapa sangka kalau Ishii menyukainya. Ia juga selalu menulis tagar #dutajepangsukamakananIndonesia dalam tiap postingan makan siangnya.

Itadakimasu!

Beri Komentar