Jelajahi Kuliner Unik Khas Bintan

Reporter : Yusmaisya
Jumat, 7 November 2014 16:31
Jelajahi Kuliner Unik Khas Bintan
Keindahan panorama alam Pulau Bintan memang tak perlu diragukan. Dikelilingi oleh laut, Pulau Bintan menghadirkan keunggulan kuliner seafood.

Dream - Keindahan panorama alam Pulau Bintan, Kepulauan Riau, memang tak perlu diragukan. Dikelilingi oleh laut, Pulau Bintan menghadirkan keunggulan kuliner seafood.

Seafood memang memiliki daya tarik tersendiri. Makanan laut ini memang banyak digemari semua usia. Selain rasa, tekstur daging pada seafood juga lembut. Seafood juga bisa disajikan dalam aneka menu makanan. Proses pengelohannya juga bisa dibakar, goreng atau rebus.

Di antara banyaknya jenis seafood, ada dua jenis seafood yang paling populer di Pulau Bintan, yaitu ketam saus merah dan gonggong. Gonggong merupakan jenis keong laut. Makanan ini jarang dijumpai di luar Pulau Bintan. Tak ayal gonggong menjadi makanan khas di Pulau ini.

Untuk membuat dua makanan populer ini tidaklah susah. Gonggong hanya perlu dimasak selama 15 menit dan diberi bumbu sambal. Sambal gonggong terbuat dari kacang tanah, gula merah, cabai, dan bawang putih. Untuk mengkonsumsi gonggong, Anda hanya perlu mengambil dari cangkangnya.

Untuk ketam saus merah, atau lebih dikenal dengan kepiting haruslah digoreng terlebih dahulu. Untuk bumbunya bisa menggunakan bawang bombay, daun bawang, plum pasta, merica, telur dan cabai merah. Semua bumbu tersebut dicampurkan ke dalam kepiting yang sudah matang. Lezat ya?

(sumber : Kuliner Bintan )

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary