Kuliner Turki yang Jadi Incaran Buat Menu Buka Puasa & Sahur

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 28 April 2021 15:45
Kuliner Turki yang Jadi Incaran Buat Menu Buka Puasa & Sahur
Apakah kamu suka juga kuliner Turki berikut ini?

Dream - Keterbatasan sajian makanan saat Ramadan bikin mata dan lidah liar memikirkan menu-menu buka puasa dan sahur. Terlebih Ramadan sudah berjalan lebih dari separuh bulan. Semua ide tentang makanan berbuka atau sahur sudah dikerahkan.  

Saking liarnya perburuan makanan itu, sampai-sampai menu gabungan cita rasa Asia Tengah, Timur Tengah, dan Eropa Barat alias Turki terngiang-ngiang di pikiran.

Di Indonesia sendiri, makanan khas Turki memiliki tempatnya sendiri di hati pecinta kuliner. Bahkan, ada makanan khas Turki yang cukup tenar sehingga dijadikan bisnis waralaba di Indonesia, yaitu kebab.

Tapi ternyata ada beberapa menu khas Turki yang juga ramai diburu para pecinta kuliner Indonesia, termasuk saat Ramadan. Apa saja?

1 dari 3 halaman

Olahan daging

Ilustrasi© Shutterstock

Köfte

Köfte merupakan makanan utama favorit di Turki. köfte adalah daging cincang berbentuk bola dan bisa disajikan dengan cara direbus, sebagai isi roti lapis, di atas salad, atau polos dengan yogurt.

Manti

Manti merupakan makanan mirip pangsit berisi daging sapi atau domba yang direbus atau digoreng dan disajikan dengan yogurt atau mentega. Mant? juga sering dilengkapi dengan berbagai rempah-rempah.

Kuzu Tand?r

Hidangan ini terbuat dari daging domba yang digantung dan dipanggang seluruhnya secara tradisional. Kuzu Tand?r kerap disajikan dengan nasi atau kentang dan yogurt.

2 dari 3 halaman

Olahan Sayur

Ilustrasi© Shutterstock

Kumpir

Kumpir merupakan sajian kentang panggang yang berisi bergam topping seperti potongan sosis, sayur-sayuran, serta saus dengan cita rasa khas. Kuliner satu ini banyak ditemui di pinggir jalan pada malam hari.

Pilav

Pilav merupakan sajian nasi berlemak yang dibakar. Nasi dibumbui butter, garam, beragam rempah, serta kadang dicampur kacang polong. Rasa nasi ini gurih dan khas dan biasa disantap dengan yogurt atau lauk pauk lainnya.

Menemen

Menemen merupakan sarapan tradisional Turki berupa telur orak arik. telur ini ditumis dengan sayuran dan disajikan panas dengan roti.

3 dari 3 halaman

Aneka pencuci mulut

Ilustrasi© Shutterstock

Turkish Delight

Turkish Delight atau yang juga disebut dengan Lokum merupakan makanan penutup yang sangat populer. Makanan manis ini bertekstur kenyal dan lengket dengan berbagai rasa dan isi dan sering diberi gula halus di atasnya.

Künefe

Künefe merupakan makanan penutup yang terbuat dari keju yang dipanggang dengan suiran adonan kue dan diberi taburan pistachio di atasnya. Künefe adalah camilan umum saat berkumpul di luar karena sangat sulit dibuat sendiri di rumah.

Baklava

Hidangan pencuci mulut berupa pastry yang memiliki rasa pedas dan manis dengan isi pistachio cincang.

Sumber: Liputan6.com

Beri Komentar