Mulai Segera, Konsumsi Makanan Rendah Garam

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 30 Maret 2020 12:36
Mulai Segera, Konsumsi Makanan Rendah Garam
Kebiasaan sehat ini demi kesehatan jangka panjang.

Dream - Tubuh manusia memiliki batasan anjuran untuk mengkonsumsi sesuatu yang sesuai dengan kebutuhannya. Salah satunya adalah garam. World Health Organization (WHO) memperingat untuk membatasi konsumsi sodium maksimal 2.400mg atau sekitar 1 sendok teh garam per hari.

Mengonsumsi garam secara berlebihan memiliki dampak yang buruk bagi tubuh, karena garam dapat berkontribusi untuk merendam air yang ada di dalam tubuh, sehingga memberi beban lebih besar pada jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, kelebihan garam juga dapat berisiko memicu penyakit serius seperti darah tinggi, kanker usus, penyakit ginjal, batu ginjal, sakit kepala dan obesitas. Berikut tips-tips untuk mengurangi konsumsi garam.

 

1 dari 5 halaman

Baca label

Pertama, biasakan membaca label makanan secara teratur. Ketika membeli makanan olahan seperti keripik atau makanan ringan lainnya, baca nilai gizi pada label. Disarankan untuk menjaga konsumsi garam di bawah 2.300 mg atau kurang sehari. Carilah produk yang tidak mengandung garam tambahan.

 

2 dari 5 halaman

Gunakan rempah-rempah

 Lada Hitam Tak Hanya Lezat Tetapi Membuat Sehat© MEN

Gunakan bumbu tambahan secukupnya. Selalu simpan bubuk cabe dan lada hitam di atas meja. Tambahkan ke dalam makanan untuk menambah rasa. Jika resep masakan membutuhkan sejumput garam, gantilah dengan bubuk bawang putih, bawang bombay, lada hitam, pala, jinten, bubuk kari, jahe, ketumbar, daun salam, atau mustard.

 

3 dari 5 halaman

Gunakan garam herbal

 Garam Jangan Sampai Setengah Sendok Makan© MEN


Garam herbal (Herb salt) dapat dibeli di pasar atau dibuat sendiri. Herbal seperti ketumbar, peterseli, mint, dan basil dapat digunakan untuk membuatnya. Gomasio adalah garam wijen khusus. Untuk membuatnya, campur 1 bagian garam dengan 5 buah biji wijen panggang dan ditumbuk. Orang Jepang menggunakan gomasio dalam makanan mereka untuk mengurangi penggunaan garam. Mereka juga menggunakan lebih banyak jahe dalam makanan mereka.

 

4 dari 5 halaman

Siapkan makanan sendiri

 Cara Mudah Membuka Makanan Kaleng Tanpa Alat Pembuka© MEN

Makanan kaleng mengandung terlalu banyak garam, karena garam berfungsi sebagai pengawet. Mempersiapkan makanan sendiri adalah cara terbaik untuk mengontrol jumlah natrium dalam makanan yang hendak dikonsumsi.

 

5 dari 5 halaman

Hindari makanan kemasan

Belilah bahan makanan segar seperti daging, sayur dan buah-buahan. Pantau asupan garam dengan menghindari makanan kemasan dan olahan, seperti makanan kaleng dan makanan ringan dalam kemasan.

Laporan Raissa Anjanique/ Sumber Times of India

Beri Komentar