Jangan Lakukan Ini Saat Bikin Brownies

Reporter :
Selasa, 9 Oktober 2018 09:42
Jangan Lakukan Ini Saat Bikin Brownies
Kue satu ini sering disebut kue antigagal, karena justru hasil yang dicari adalah bentuk yang tidak mengembang atau dikenal dengan sebutan 'kue bantet'

Dream - Brownies jadi salah satu makanan penutup favorit. Campuran cokelat yang pekat dengan bahan lain seperti keju atau remahan kacang, selalu bisa memanjakan lidah.

Perpaduan rasa pahit, manis dan gurihnya serta teksturnya yang lengket, bikin ketagihan.

Kue satu ini sering disebut kue antigagal, karena justru hasil yang dicari adalah bentuk yang tidak mengembang atau dikenal dengan sebutan 'kue bantet'. Meski demikian, rasanya jangan 'gagal'. 

Untuk itu pastikan Sahabat Dream tak melakukan ini saat membuat brownies. Apa saja?

1. Tidak Menggunakan Cokelat Berkualitas

Sebagai bahan utama, pastikan cokelat yang bakal diolah menjadi brownies adalah yang berkualitas. Hindari menggunakan cokelat chip karena mengandung penstabil yang.

Lebih baik untuk gunakan cokelat besar dan potong menjadi ukuran kecil. Proses melelehnya akan lebih lambat dan mengarah ke hasil yang jauh lebih berkrim.

Jangan hanya menggunakan jenis dark chocolate. Tambahkan beberapa varietas cokelat yang juga mengandung sedikit gula di dalamnya.

2. Cokelat Terlalu Panas

Jika mencampurkan cokelat ke telur yang super panas, efeknya malah memasak telur. Hal ini tentu tidak akan baik. Jadi, biarkan coklat meleleh dengan suhu dingin sedikit demi sedikit baru kemudian dicampur dengan telur.

3. Telur dan Mentega Terlalu Dingin

Kesalahan terkait suhu lainnya adalah menggunakan mentega dan telur langsung dari lemari es. Biarkan dulu mentega dan telur dalam suhu kamar, sebelum digunakan dalam adonan.

4. Brownies Tidak Cukup Matang

Brownies yang kurang matang sangat mungkin terjadi. Bagian luarnya sudah tampak padat, tapi saat dipotong, bagian dalamnya masih berupa adonan cair. Jaga panas oven stabil, jangan terlalu besar. Efeknya bisa matang di luar bahkan gosong tetapi mentah di dalam.

(ism, Laporan: Rahma Yulius/Foodbeast)

Beri Komentar
Summer Style 2019