Proses Panjang Membuat Tauco Legit Asal Cianjur

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 10 Oktober 2019 17:12
Proses Panjang Membuat Tauco Legit Asal Cianjur
Di Cianjur, ada pabrik tauco yang sudah berdiri sejak 1880, diproduksi oleh Nyonya Tasma.

Dream - Tauco biasa digunakan untuk meningkatkan keragaman asa dalam masakan. Seperti sambal tauco, kangkung tauco, tumis tahu dan masih banyak lagi. Tauco merupakan bumbu yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan.

Di Cianjur, ada pabrik tauco yang sudah berdiri sejak 1880, diproduksi oleh Nyonya Tasma. Saat ini, tauco Nyonya Tasma diberi label Cap Meong. Stefany Tasma merupakan generasi ke 3 penerus Tauco Cap Meong Nyonya Tasma.

Hingga saat ini, ia tetap mempertahankan cara pengolahan atau proses produksi yang sudah diwariskan turun temurun. Proses pembuatan tauco terbilang cukup panjang dan memakan waktu lama.

 

 

1 dari 6 halaman

Membersihkan kedelai

Pertama, kacang kedelai disortir secara manual untuk membersihkan kotoran kedelai. Untuk produksi tauco, Stefany menggunakan kedelai yang diimpor dari Amerika.

Kedelai untuk tauco© Dream


Setelah itu, kedelai yang sudah bersih akan dijemur selama seminggu lalu digiling untuk dipisahkan dengan kulitnya.

“ Limbah dari kedelai atau kulitnya itu diolah lagi, terus kita keringin buat dijual jadi pakan ternak,” ujar Stefany, Owner Tauco Cap Meong Generasi ke 3, di acara media trip Permata Bank, Cianjur, Jawa Barat, Rabu 9 Oktober 2019.

 

2 dari 6 halaman

Digiling dan direbus

Setelah digiling, kedelai direbus selama 5-6 jam. Biasanya, air rebusan pertama, diminum oleh Stefany dan para karyawannya, karena itu merupakan sari kedelai atau lebih dikenal dengan susu kedelai.

Pembuatan tauco© Dream

Untuk proses fermentasi, kedelai yang sudah kering direndam di dalam larutan garam dan dijemur sampai air rendaman habis. Uniknya, kedelai yang sedang difermentasi tersebut, ditaruh di dalam sebuah wadah dari tanah liat yang merupakan peninggalan dari masa produksi Nyonya Tasma.

 

3 dari 6 halaman

Campur gula aren

Tauco mentah dimasak hingga mendidih. Setelah mendidih dicampur gula jawa dan gula aren. Tauco pun siap untuk dikemas di dalam botol kaca.

Botol Tauco© Dream

“ Tauco Cap Meong beda dari tauco lain karena kita pake pengawet alami dan kita gak pake segel di tutup botolnya. Jadi orang bisa tahu itu fresh,” ujar Stefany.

Laporan: Alfi Salima Puteri

4 dari 6 halaman

Bosan dengan Tempe Goreng? Mari Bikin Sate Tempe

Dream - Terbuat dari kedelai yang difermentasi, tempe memiliki cita rasa yang khas. Perpaduan gurih, manis dan pastinya sangat memanjakan lidah. Biasanya, tempe diolah dengan digoreng karena merupakan cara paling praktis.

Bosan dengan Tempe Goreng? Mari Bikin Sate Tempe© MEN

Jika Sahabat Dream bosan dengan olahan tempe goreng, cobalah membuat sate tempe. Sajian satu ini kerap jadi menu favorit untuk mereka yang vegetarian tapi ingin menikmati menu sate.

Cara membuat sate tempe yang enak tidaklah terlalu sulit. Selengkapnya, langsung ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

5 dari 6 halaman

Siapkan Bumbu Bakarnya

Untuk membuat sate tempe dari dua papan tempe, kita perlu menyiapkan bahan-bahan ini untuk membuat bumbu bakarnya:

Ingin Sehat? Jangan Remehkan Tempe Tahu© MEN

1 gelas air
6 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdm ketumbar butir
1 sdm merica butir
1/2 sdm garam
1 sdm gula pasir
1 sdt kaldu jamur
2 sdm tepung maizena, dilarutkan dengan sedikit air
kecap manis secukupnya

Masak semua bahan bumbu kecuali kecap dan maizena. Panaskan dengan api kecil sampai mendidih. Setelah itu, tambahkan kecap manis dan tepung maizena. Aduk sebentar sampai mengental. Bumbu bakar siap digunakan.

 

6 dari 6 halaman

Bumbui dan Panggang

Tempe bisa dikukus terlebih dahulu, kemudian, dipotong dadu. Setelah selesai dikukus, tempe kemudian disusun dengan tusukan sate. Lalu rendam dalam bumbu bakar.

Diamkan selama sekitar 30 menit terlebih dahulu. Dengan begini, bumbu akan lebih meresap ketika dipanggang.

 Sebenarnya kita bisa pakai wajan antilengket untuk memanggang sate tempe ini. Tapi bila ingin rasanya lebih enak, kita perlu menggunakan arang untuk memanggang sate tempe. Aroma bakar dari arang akan membuat sate tempe ini terasa lebih istimewa.

Tempe Balado Manis, Menu Praktis untuk Santap Sahur© MEN

Tertarik untuk langsung mencoba membuat sate tempe sendiri di rumah? Semoga info ini bermanfaat, ya.

Laporan Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela.com

Beri Komentar