Fakta Seputar Telur, Kelebihan, dan Kekurangannya untuk Kesehatan

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 11 Oktober 2019 08:16
Fakta Seputar Telur, Kelebihan, dan Kekurangannya untuk Kesehatan
Telur bak pisau bermata dua, satu sisi bermanfaat bagi tubuh, sedangkan di sisi lain tidak memiliki manfaat apa-apa.

Dream - Telur, makanan yang berasal dari hewan unggas ini dikenal bersahabat dengan diet. Entah direbus atau digoreng, telur tetap menjadi andalan menu sarapan dan diet bagi sebagian orang.

Selain murah, tentu karena telur mengandung banyak nutrisi penting. Sudah bukan rahasia lagi, telur memiliki kandungan protein yang tinggi, asam amino, folate, selenium dan berbagai jenis vitamin. Seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin D, dan vitamin E. Semua nutrisi tersebut, bisa diperoleh dalam satu butir telur.

Telur memiliki dua bagian, putih telur dan kuning telur. Kedua bagian ini memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang berbeda.

Kuning telur dikenal mengandung lemak yang tinggi, sedangkan putih telur lebih banyak mengandung protein dan kalsium.

Dua bagian inilah yang akhirnya membuat telur menjelma bagai pisau bermata dua. Ada kalanya telur bermanfaat bagi tubuh, tapi ada juga saat di mana telur bisa memicu risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti diabetes.

Berikut fakta tentang telur, dari kelebihan hingga kekurangannya: 

1 dari 5 halaman

Manfaat Telur

 Fakta Tentang Telur

Telur secara utuh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan omega-3 dan choline bermanfaat dalam menjaga kesehatan otak, meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif.

Itu hanya satu dari sekian banyak manfaat telur untuk kesehatan tubuh manusia.

Selain dari segi kesehatan, telur punya peran penting dalam urusan dapur. Roti dan kue tanpa telur akan terasa ada yang kurang. Begitu pula ketika kita membuat mie sendiri di rumah.

Telur punya andil cukup penting dalam dunia kuliner. Baik bagian putih maupun kuning, keduanya punya porsi masing-masing.

Berlanjut ke dunia kecantikan, telur juga menyimpan manfaat untuk mencerahkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Bagian telur yang kerap dimanfaatkan dalam bidang kecantikan, biasanya ialah putih telurnya saja.

Bagian ini kerap menjadi bahan tambahan masker wajah, bahkan ada produk kecantikan khusus yang menggunakan putih telur sebagai bahan utamanya.

2 dari 5 halaman

Kelebihan Telur untuk Kesehatan

Dari sekian banyak manfaat telur di atas, masih banyak lagi manfaat telur yang bisa diperoleh untuk kesehatan.

Manfaat telur ini termasuk dalam kelebihan telur yang patut dipertimbangkan, seperti:

•    Menurunkan Berat Badan
•    Baik untuk Penglihatan
•    Membanngun Massa Otot
•    Baik untuk Ibu Hamil
•    Baik untuk Tulang

 Fakta Tentang Telur


Dari sekian banyaknya kelebihan telur, membuat makanan ini jadi makanan andalan. Cara memasaknya mudah, rasanya cukup enak, mengenyangkan dan menyehatkan tubuh.

Bagi ibu rumah tangga yang sibuk, telur bagaikan penyelamat. Ada banyak ragam masakan telur yang bisa dibuat dengan mudah dan dalam waktu singkat.

Dari semua kelebihan tersebut, mungkin kita pernah berpikir, telur seakan tidak memiliki kekurangan dan bisa dikonsumsi kapan saja, di mana saja. Jangan salah paham dulu, Sahabat Dream. Telur juga memiliki kekurangan, lho.

3 dari 5 halaman

Kekurangan Telur

Pada kondisi tertentu, mengonsumsi telur bisa memberikan efek negatif bagi tubuh, lho. Jadi jangan sampai kecolongan, ya Sahabat Dream. Berikut ini beberapa kekurangan telur yang harus kita tahu bersama:

 Fakta Tentang Telur

  • Mengonsumsi telur meningkatkan risiko terserang bakteri Salmonella. Bakteri ini sangat mudah ditemui di sekitar ayam. Apabila kebersihan dan cara mengolah telur salah, bukan tak mungkin kalau Salmonella bisa masuk ke tubuh.
  • Konsumsi telur mentah dapat menyebabkan biotin masuk ke dalam tubuh. Biotin akan memicu berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit kulit, kram otot, rambut rontok dan masalah otot lainnya.
  • Ada beberapa orang yang mengalami alergi pada telur. Jadi, hindari makan telur apabila mengalami gejala alergi seperti bersin, batuk, mual dan diare setelah makan telur, ya Sahabat Dream.
  • Konsumsi kuning telur berlebihan, dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan memicu risiko penyakit diabetes.
  • Kelebihan konsumsi protein dapat menyebabkan gangguan pada ginjal.

4 dari 5 halaman

Fakta Kuning dan Putih Telur

Seperti yang kita tahu selama ini, telur memiliki dua bagian, kuning dan putih telur. Walau berada di dalam satu cangkang, dua isi telur ini memiliki kandungan dan manfaat berbeda.

 Fakta Tentang Telur


Kuning Telur
Bagian yang berada di tengah, berwarna kuning ini memiliki tekstur pekat dan aroma menyengat. Di dalamnya terkandung lebih sedikit protein, dan lebih banyak kalori.

Selain itu, kuning telur memiliki lebih banyak kandungan nutrisi, seperti vitamin B6, vitamin B12, asam folik, tiamine, asam panthotenik dan berbagai macam vitamin lainnya. Satu kandungan lagi yang cukup tinggi di dalam kuning telur, yaitu lemak.

Putih Telur

Berbeda dengan kuning telur. Putih telur sangat rendah lemak, mengandung lebih banyak protein dan lebih sedikit kalorinya. Dalam satu butir putih telur, terkandung 1.3 mg folat, selenium, kalsium, magnesium, phosphorus, dan potassium.

5 dari 5 halaman

Bagian Telur yang Paling bermanfaat

Setelah mengetahui kandungan dari dua bagian telur tersebut, pasti akan muncul pertanyaan, “ Bagian mana yang lebih sehat dan bermanfaat bagi manusia?”

 Fakta Tentang Telur


Pertanyaan ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi konsumen telur. Putih telur akan sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, yang harus mengurangi konsumsi kuning telur.

Di sisi lain, bagi ibu hamil atau anak-anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan, membutuhkan nutrisi dalam kuning telur.

Kedua bagian telur ini sama-sama bermanfaat dan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Untuk mendapatkan manfaat telur secara maksimal, perhatikan frekuensi dan jumlah telur yang dikonsumsi. Pastikan tidak berlebihan dan tidak terlalu sering.

(ism, Sumber: Chairfood)

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'