Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ridwan Kamil: Jamu is The New Espresso

Ridwan Kamil: Jamu is The New Espresso Ridwan Kamil

Dream - Sebelum pandemi, kopi dan es kopi susu jadi minuman favorit banyak orang. Bermunculan berbagai kedai susu di tiap sudut area. Kini, semua orang mencari minuman peningkat imunitas yaitu jamu jahe.

Minuman yang mulai ditinggalkan kini malah paling dicari. Mungkin jadi bagian new normal yang kini tengah digaungkan. Bahkan menurut Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, jamu bisa dianggap sebagai 'espresso yang baru. Hal ini diungkapkannya pada acara Silaturahome yang digelar Liputan6.com dan KLY secara daring pada hari ini Rabu 27 Mei 2020.

"Mungkin bisa jadi bisnis juga. Ke depan, jamu is the new espresso," kata dia.

Emil meyakini jamu akan semakin jadi tren ke depan, menyaingi kopi. Hal itu diamini oleh Aura Kasih yang menjadi lawan bicaranya dalam sesi bincang-bincang tersebut.

Ibu satu anak itu mengaku sudah mulai membuat jamu sendiri sejak duduk di bangku SMA. Kandungan jamunya terdiri dari kunyi, jahe, kapulaga, cengkih, dan kayu secang ditambah pemanis dari gula merah.

Konsumsi jamu tersebut disebutkannya bermanfaat untuk menaikkan imun. "Buat kulit juga bagus, masalah maag juga bagus," imbuhnya. Ia percaya, konsumsi jamu pun bisa menjaga ketahanan tubuh, terutama di saat sedang lelah-lelahnya.

"Sisi baiknya lebih lihat ke dalam, bukan lihat ke luar. Saya sedih banget Nyonya Meneer sudahan. Setelah ini orang nyari," tutur Aura.

 

Khasiat Jamu

Sebagaimana diketahui, sejak virus corona baru menyebar, jamu memang kembali naik daun. Konsumsinya merupakan upaya publik menjaga imunitas tubuh agar tak mudah terpapar virus.

Cara membuat jamu kunyit asam yang segar dan berkhasiat.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr. Inggrid Tania, sempat menjelaskan pada Liputan6.com, beberapa waktu lalu bahwa secara umum, jamu yang terdiri dari tanaman-tanaman obat kaya akan vitamin, mineral, dan zat-zat aktif memang memiliki khasiat sebagai antioksidan.

 

Antiinflamasi

Kandungan itu dikatakan mampu mengaktifkan imunitas tubuh demi menangkal infeksi virus.

Kunyit Asam, Jamu untuk Mengecilkan Perut

"Lalu, berkhasiat sebagai anti-inflamasi yang dapat mencegah kerusakan atau peradangan sel akibat penyakit infeksi virus. Juga, akan membantu mengatasi gejala batuk, pilek, meriang atau demam, sesak nafas, sakit kepala, lemas, dan mual yang sering meyertai penyakit infeksi virus, serta mempercepat proses pemulihan," paparnya.

Ketika ditanya soal seberapa ampuh jamu menghadang corona COVID-19, dr. Inggrid mengatakan, bisa jadi efektif jika diminum secara teratur setiap hari dalam takaran yang pas.

"Belum dapat dinyatakan secara tegas karena belum ada pengujian klinis pada manusia untuk kasus spesifik COVID-19," sambungnya.

 

Manfaat Beras Kencur, Jamu Tradisonal Indonesia

Dream – Hai warga +62! Sudah tidak asing lagi kan dengan salah satu minuman tradisional beras kencur?

Salah satu minuman tradisonal yang memiliki cita rasa manis ini ternyata banyak sekali penggemarnya loh. Apakah kalian salah satunya?

Kencur yang emmeiliki nama latin berupa Kaempferia galanga L ini, masih satu keluarga dengan jahe atau nama latinnya Zingiberaceae. Kencur merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang harus ada di etalase dapur rumah.

Bahan dapur ini memiliki cita rasa yang khas serta aroma segar yang menyeruak jika kalian mengupas kulitnya. Selain sebagai bumbu bahan dapur, kencur kerap dijadikan sebagai salah satu obat tradisional.

Kencur bisa dengan mudah kalian daaptkan di Indonesia. Pasalnya, tanaman kencur akan tumbuh subur di daerah yang beriklim tropis dan sub tropis.

Sehingga, daerah penyebaran terbesar tanaman kencur di Asia yang dimana meliputi Indonesia, Bangladesh, Malaysia, Thailand serta India. Bahkan tanaman ini juga bisa tumbuh dengan subur di dalam pot loh, asalkan tanah yang digunakan tidak terlalu basah. 

Kencur memiliki berbagai macam kandungan dan senyawa kimia yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa kandungan tersebut meliputi pati, mineral, asam anisat, asam sinamat dan masih banyak knadungan baik lainnya.

Untuk itu, kencur juga dijadikan sebagai salah satu minuman jamu tradisonal yaitu beras kencur. Penasaran dengan manfaat beras kencur untuk kesehatan, yuk simak informasi lengkapnya berikut ini:

Manfaat Beras Kencur: Meningkatkan Nafsu Makan

Siapa nih yang waktu kecil kalau susah makan bakal dikasih jamu beras kencur?

Yups, memang betul sih masyarakat Indonesia sangat percaya jika beras kencur memiliki manfaat suntuk dapat meningkatkan nafsu makan. Terutama pada anak kecil yang susah sekali untuk disuruh makan.

5 Manfaat Beras Kencur, Jamu Tradisonal Indonesia


Beras kencur ternyata bisa juga loh untuk menaikan berat badan anak. Bagaimana tidak? Beras kencur merupakan salah satu ramuan tradisional yang mampu untuk meningkatkan nafsu makan si kecil.

Apalagi ramuan beras kencur ini memiliki cita rasa yang manis sehingga anak-anak juga akan mudah meminum ramuan ini.

Manfaat Beras Kencur: Meningkatkan Fungsi Otak

Salah satu manfaat beras kencur selanjutnya adalah dapat membantu untuk meningkatkan fungsi otak.

Dengan mengonsumsi beras kencur dapat membuat terjadinya peningkatan aktivitas serta daya konsentrasi seseorang. Mengapa demikian? Beras kencur ternyata merupakan salah satu minuman sebgai tonikum.

5 Manfaat Beras Kencur, Jamu Tradisonal Indonesia


Tonikum sendiri merupakan salah satu jenis minuman yang dapat memeberikan efek posisitf pada tubuh. Pasalnya, minuman jenis ini memiliki sejumlah kandungan vitamin dan mineral tinggi yang baik bagi tubuh.

Seperti yang sudah diketahui, minuman beras kencur memiliki sejumlah kandungan yang baik bagi tubuh, sehingga minuman ini masuk ke dalam tonikum.

Manfaat Beras Kencur: Mengatasi Peradangan

Beras kencur memiliki kandungan antibakteri dan asntiinflamasi yang sangat tinggi. Untuk itulah salah satu manfaat beras kencur yaitu dapat mengatasi peradangan yang sedang trejadi pada seseorang.

Tidak hanya itu saja, terdapat senyawa yang ada di dalam beras kencur dimana senyawa tersebut mmapu untuk mencegah lepasnya zat yang bisa merangsang radang.

5 Manfaat Beras Kencur, Jamu Tradisonal Indonesia


Bagi kalian yang sedang terkena peradangan, kalian bisa mencoba untuk mengonsumsi ramuan beras kencur ini untuk mengatasinya.

Selain dapat digunakan sebagai minuman, ramuan beras kencur juga bisa digunakan sebagai obat luar loh Sahabat Dream. Kalian hanya perlu untuk mengaplikasikan ramuan beras kencur ke area yang sakit dengan mengolesnya secara merata.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Resep dan Cara Membuat Es Cappucino Cincau yang Nikmat Melepas Dahaga

Resep dan Cara Membuat Es Cappucino Cincau yang Nikmat Melepas Dahaga

Dengan resep yang mudah dan bahan yang sederhana, Es Cappucino Cincau bisa menjadi alternatif minuman segar yang menyegarkan saat berbuka puasa.

Baca Selengkapnya
Gampang Banget, Bikin Roti Kopi Lembut ala Cafe untuk Sarapan

Gampang Banget, Bikin Roti Kopi Lembut ala Cafe untuk Sarapan

Roti kopi dengan selai mentega yang creamy bisa jadi hidangan saat sarapan atau camilan sore. Cara membuatnya pun mudah dengan berbekal roti tawar.

Baca Selengkapnya
Resep Serundeng Kelapa Gurih, Dijamin Bikin Nambah Nasi

Resep Serundeng Kelapa Gurih, Dijamin Bikin Nambah Nasi

Proses pembuatan serundeng juga nggak ribet banget, kok! Parutan kelapa disajikan dengan bumbu-bumbu yang diolah

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Resep Sup Kimlo Khas Solo, Hangatkan Tubuh Saat Hujan

Resep Sup Kimlo Khas Solo, Hangatkan Tubuh Saat Hujan

Kamu bisa mencoba memasaknya sendiri dan menikmati kelezatannya bersama keluarga. Bagi yang penasaran, berikut resep Sup Kimlo yang wajib dicoba.

Baca Selengkapnya
2 Tas untuk Minum Kopi yang Dipakai Syahrini Harganya Capai Rp1 Miliar

2 Tas untuk Minum Kopi yang Dipakai Syahrini Harganya Capai Rp1 Miliar

Pelantun lagu "Cintaku Kandas" ini memang selalu grande dalam tiap penampilan.

Baca Selengkapnya
Tidak Boleh Makan di Atas Jam 8 Malam, Benarkah?

Tidak Boleh Makan di Atas Jam 8 Malam, Benarkah?

Makan di atas jam 8 malam sering kali dinilai sebagai kebiasaan yang buruk untuk kesehatan. Yuk, simak kebenarannya!

Baca Selengkapnya
40 Kata-Kata Rindu Bulan Ramadhan yang Menyentuh Perasaan

40 Kata-Kata Rindu Bulan Ramadhan yang Menyentuh Perasaan

Kata-kata yang mengungkapkan rindu akan bulan Ramadhan seringkali mengalir dari hati, membawa aroma nostalgia dan kenangan manis.

Baca Selengkapnya
Konsumsi Kopi Agar Lebih Segar dan Fokus Saat Beribadah di Bulan Ramadan

Konsumsi Kopi Agar Lebih Segar dan Fokus Saat Beribadah di Bulan Ramadan

Kopi bisa menjadi solusi saat sering merasa mengantuk di bulan puasa. Mengonsumsi kopi juga dapat membuat ibadah lebih khusyuk dan fokus.

Baca Selengkapnya
Resep Waffle Rumahan Bertekstur Lembut untuk Teman Minum Kopi

Resep Waffle Rumahan Bertekstur Lembut untuk Teman Minum Kopi

Waffle bisa dijadikan teman minum kopi yang tepat di sore hari. Rasanya yang manis bisa mengimbangi rasa pahit dari kopi dan membuat sajian lebih hangat.

Baca Selengkapnya