Sajian High Tea Berkelas Dipadu Dessert Berbahan Dasar Teh

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Selasa, 20 Agustus 2019 10:43
Sajian High Tea Berkelas Dipadu Dessert Berbahan Dasar Teh
Harum semerbak pada gigitan pertama.

Dream - Teh selama ini dikenal sebagai bahan herbal yang disajikan dengan cara diseduh untuk diminum. Meski begitu, ada cara lain untuk menikmati teh selain diseruput.

Yup, siapa sangka teh bisa menjadi sangat nikmat jika disajikan dalam bentuk makanan?

Dream baru saja mencicipi sajian dessert berbahan dasar teh di ajang Dilmah Tea Inspiration for the 21st Century. Berbagai jenis kudapan manis disajikan di atas tiered trays atau papan bertumpuk yang memberi kesan mewah.

 Dessert

Ada dua teknik pengolahan daun teh untuk membuat aneka camilan manis. Salah satunya adalah metode infused yang banyak digunakan untuk membuat cake.

" Infused dilakukan dengan cara menyeduh teh bersama dengan krim. Butuh proses 24 jam untuk mengeluarkan rasa dan aroma teh dengan sempurna," papar Feri Sulfian, Pastry Chef Pullman Hotel di Jakarta, Senin 19 Agustus 2019.

 Teh

Krim yang sudah di-infused memakai teh harus didiamkan terlebih dahulu sebelum dikocok hingga mengembang. Kemudian krim digunakan sebagai pelapis di antara lembaran cake.

1 dari 5 halaman

Metode Lain

Selain infused, metode lain yang juga banyak digunakan untuk dessert adalah direct pouring. Daun teh dituangkan langsung ke dalam adonan tanpa diseduh terlebih dahulu.

 Dessert

" Daun yang masih kering dapat meningkatkan aroma teh sehingga lebih kuat. Misalnya digunakan untuk campuran pannacotta," ujarnya.

Teknik direct pouring banyak digunakan untuk mengeluarkan aroma teh berjenis light seperti chamomile dan white tea. Selain rasa dessert yang enak, aroma teh juga akan membuat pengalaman high tea jadi lebih menyenangkan.

2 dari 5 halaman

Tea Pairing, Cara Temukan 'Jodoh' Teh yang Tepat

Dream - Harmonisasi antara makanan dengan minuman sangat penting untuk meningkatkan cita rasa. Salah satu metode yang banyak dibahas di dunia kuliner adalah tea pairing.

Sahabat Dream mungkin sering mendengar istilah wine pairing dan coffee pairing. Padahal minum teh juga punya teknik tersendiri agar paduan makanan terasa lebih nikat.

Tea pairing merupakan metode penyajian makanan yang cocok dinikmati bersama secangkir teh. Cara menentukannya tidak asal. Teh dan makanan harus berada pada dimensi yang sama agar rasanya tidak tumpang tindih.

 Teh

Dream berkesempatan mempelajari teknik tea pairing di ajang Dilmah Tea Inspiration for the 21st Century. Teh dan makanan terbagi menjadi tiga tingkatan rasa, yakni light, medium dan strong.

" Makanan yang strong harus dinikmati bersama teh yang juga strong agar terasa seimbang di lidah. Kalau tehnya light nanti jadi seperti minum air putih," kata Feri Sulfian, Pastry Chef Pullman Hotel di Jakarta, Senin 19 Agustus 2019.

3 dari 5 halaman

Makanan Asin

Untuk menikmati teh beserta hidangan asin (savoury), pilih makanan bercita rasa light terlebih dahulu seperti croissant, roti dan salmon sashimi. Padukan dengan teh jenis paling lembut.

 Salmon

" Tipsnya benar-benar harus melihat rasa makanan itu sendiri. Kalau yang tidak terlalu medok, natural dan tidak berbumbu, tehnya pun harus yang light seperti chamomile dan white tea yang sifatnya cuma aromatic aja," jelasnya.

Minum segelas air putih untuk menetralisir lidah sebelum mencoba level pairing lebih tinggi. Olahan ayam biasanya memiliki tingkatan rasa medium. Kamu bisa memadukannya dengan earl grey atau jasmine tea.

Makanan Manis

Bukan cuma makanan asin, Sahabat Dream juga dapat menyeruput secangkir teh dengan dessert yang manis.

 Dessert

Berbeda dengan savoury, dessert atau hidangan penutup memiliki cita rasa manis. Beberapa dessert juga dibuat dengan teknik infused, yakni menambahkan teh ke dalam adonan.

" Kalau makan dessert yang mengandung earl grey, minum tehnya juga dengan jenis teh yang sama agar tidak bertabrakan," pungkas Feri.



Kemudian di paling atas, padukan black tea dengan hidangan strong yang memakai banyak rempah seperti rendang atau sate.

4 dari 5 halaman

Kompetisi Racikan High Tea, Penasaran Hasilnya?

Dream - Teh sudah menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat sejak zaman nenek moyang. Kebiasaan minum teh seakan telah mendarah daging bagi sebagian orang.

Memasuki era modern, teh mulai kehilangan esensi kultural yang sesungguhnya. Maraknya kreasi minuman saat ini mengalahkan teh tradisional yang pernah menjadi 'teman' menikmati hidangan sehari-hari sebagai sajian high tea.

" Teh semestinya dinikmati pada pagi, siang dan sore hari. Namun saat ini orang cenderung meminum apa yang ada. Mereka hanya atau teh manis, ice tea dan fruit tea saja, padahal ada lebih banyak dari itu," kata Eliawati Erly, Vice President Director PT David Roy Indonesia di Jakarta, Senin 19 Agustus 2019.

Dengan mengangkat kembali cita rasa dan seni meminum teh, Dilmah menggelar ajang Tea Inspiration for the 21st Century yang dihelat pada 19-20 Agustus 2019 di Pullman Hotel, Jakarta Pusat.

Jika meracik kopi sudah biasa, kini pakar kuliner diajak berlomba menciptakan seduhan teh terbaik beserta makanan yang cocok untuk dinikmati bersama secangkir teh.

  Juri Meracik Teh

" Kami coba untuk memperluas wawasan masyarakat bahwa ternyata, ada berbagai macam teh yang dapat memberi manfaat pada tubuh jika dinikmati bersama hidangan tertentu. Seperti teh yang membantu mengontrol kadar gula pada dessert," kata Dilhan C. Fernando, Founder & CEO Dilmah.

5 dari 5 halaman

Dinilai oleh Para Chef Kelas Dunia

Peserta diminta menyajikan teh dengan menerapkan 7 nilai dimensi yang terdiri dari Budaya, Personal, Kuliner, Mixology, Sustainability, Teh dan Harmoni.

Salah satu diantaranya adalah sajian teh yang mengusung kosep Bali. Hidangan khas Klungkung, yakni sate lilit disajikan sebagai teman minum teh buah pir.

Sajian high tea semakin lengkap dengan dessert kue klepon yang di-infused dengan ceylon tea. Alunan musik tradisional dipasang untuk meningkatkan suasana ketika para juri menyeruput teh.

  Teh

Ada pula hidangan unik lainnya seperti Teh Pletok, Pomegranate Cake, Teh Rujak Mangga, Cheese Cake dan Solo Pink Ice Tea. Hidangan para kontestan dinilai langsung oleh chef dan pakar teh kelas dunia, diantaranya Dilhan C. Fernando, Peter Kuruvita, Chandra Yudasswara dan Tomek Malek.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone