Terungkap, Dua Potongan Ayam Favorit Orang Indonesia

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 2 September 2020 11:33
Terungkap, Dua Potongan Ayam Favorit Orang Indonesia
Kamu lebih suka paha atau dada?

Dream - Pilih dada atau paha? Pertanyaan ini selalu muncul saat kita memesan menu ayam. Ada yang suka paha dan ada juga yang lebih memilih dada karena dagingnya lebih tebal.

Menurut Sahabat Dream, orang Indonesia lebih suka mana? Menurut data Belfoods Indonesia, produsen makanan olahan dari ayam, orang Indonesia lebih suka paha dibandingkan dada ayam.

" Mungkin karena dada lebih berserat dan kurang juicy, jadinya agak kering," kata Dicky Saelan, Managing Director PT Belfoods Indonesia, dikutip dari Liputan6.com.

Ia mengatakan selain paha, orang Indonesia juga sangat suka sayap. Tingginya minat konsumen lokal terhadap dua jenis potongan ayam tersebut membuat harga sayap dan paha relatif lebih mahal dari dada.

" Kami enggak pernah cukup paha dan sayap, sementara dada stoknya banyak," ujarnya.

 

1 dari 5 halaman

Dada Lebih Sedikit Lemak

Hal itu tak mengherankan mengingat jenis ayam yang banyak dikembangbiakkan di peternakan di Indonesia berjenis broiler dari strain Amerika Serikat.

Ayam ini, sambung dia, memiliki bagian dada yang lebih besar. Dada juga dianggap lebih sehat karena kandungan lemaknya lebih sedikit dibandingkan bagian paha dan sayap.

Kunci Menggoreng Dada Ayam Nikmat, Bebas Alot© MEN

" Pegiat makanan sehat atau mereka yang suka fitness itu pastinya memilih dada mentok yang dikukus. Less fat di situ. Nah, kita coba edukasi ke konsumen (soal ini)," sambung dia.

 

2 dari 5 halaman

Lebih Suka Ayam yang Kecil

Tak hanya soal potongan ayam favorit, Dicky juga mengungkapkan bentuk karkas yang banyak dibeli orang Indonesia. Karkas adalah bagian ayam utuh yang telah dibuang bagian kepala dan cekernya.

Cara Aman Mengolah Ayam Mentah© MEN

Menurut dia, orang Indonesia suka dengan potongan karkas yang kecil, sekitar 1,6--1,7 kilogram, atau bahkan lebih kecil lagi sekitar 1--1,1 kilogram.

" Orang Indonesia punya persepsi ayam kampung lebih bagus dari ayam broiler. Ada persepsi juga semakin besar ayam, semakin tidak sehat karena menganggap pakai obatlah, hormonnya semakin banyak," ungkap Dicky.

 

3 dari 5 halaman

Padahal, penggunaan hormon untuk mengembangbiakkan ayam di Indonesia sudah dilarang. Dicky menyebut produsen saat ini berinovasi dengan pakan sehingga bisa menghasilkan ayam berukuran besar dengan standar ukuran di atas dua kilogram.

" Sekitar 2,2--2,5 kilogram. Di Arab bahkan sampai 3 kilogram," imbuhnya.

Ia juga menyatakan membeli ayam berukuran lebih besar menguntungkan bagi kantong konsumen dan produsen. Dari sisi konsumen, bisa lebih ekonomis. " Untuk ukuran ayam yang kecil, 1,5--1,7 kilogram, per kilonya bisa dihargai Rp16 ribu.

" Kalau ayam 2 kilogram hanya Rp15 ribu per kilo," kata Dicky.

Laporan Dinny Mutiah/ Sumber: Liputan6.com

4 dari 5 halaman

Tanda Olahan Ayam Belum Matang Sempurna, Jangan Sampai Keracunan

Dream - Membeli lauk berupa olahan ayam mungkin kerap Sahabat Dream lakukan saat tak sempat memasak. Ayam memang teman makan yang 'aman' karena disukai banyak orang. Saat membeli ayam matang, pastikan diolah dengan baik dan matang hingga ke dalam.

Jika tak matang sempurna, risiko keracunan akan sangat tinggi. Ayam yang tak matang cenderung mengandung bakteri yang banyak karena berkembang biak dan bisa menimbulkan keluhan berupa muntah, demam hingga diare.

© Dream

Lalu apa ciri ayam belum matang sempurna?

1. Daging bagian dalam berwarna merah
Dari luar mungkin tampak krispi dan matang ekcokelatan, namun ketika dibelah, daging bagian dalamnya masih putih kemerahan. Ini adalah tanda utama ayam belum matang.

2. Daging masih berair
Daging ayam yang matang hingga ke dalam seharusnya tidak mengeluarkan air jika disobek dagingnya. Bahkan jika dagingnya memang juicy atau berair, namun jika sudah matang sempurna, daging tidak terlalu basah dan cenderung lebih lembut.

 

 

5 dari 5 halaman

Alot dan Masih Ada Gumpalan Darah

3. Masih ada darah di dekat tulang
Terkadang meski dagingnya sudah berwarna putih, namun ternyata masih ada gumpalan darah merah kecokelatan di dekat tulang. Ini juga jadi tanda ayam belum matang benar.

Cara Aman Mengolah Ayam Mentah© MEN

4. Daging cenderung alot
Daging ayam yang sudah matang benar seharusnya empuk tidak alot. Jika tekstur daging ayam kenyal dan alot berarti ayam belum matang sempurna.


Laporan Febi Anindya Kirana/ Sumber: Fimela.com

Beri Komentar