Cara Menyantap Daging Merah yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 28 Agustus 2020 15:12
Cara Menyantap Daging Merah yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Tubuh
Tak perlu takut kolesterol.

Dream - Konsumsi daging merah seringkali menuai pro kontra. Daging merah diklaim dapat menyebabkan kolesterol dan berbagai masalah kesehatan.

Akhirnya, tempe, tahu atau plant-based protein menjadi alternatifnya. Padahal, kamu tidak perlu khawatir dengan risiko kesehatan seperti kolesterol dan asam urat.

Kamu hanya perlu mengatur jumlah daging merah yang dikonsumsi agar mendapatkan nutrisi tanpa membahayakan kesehatan tubuh lainnya.

" Kalau menurut standar internasional, baik WHO atau Australia, sebaiknya daging merah dikonsumsi 350-500 gram per minggu," ujar Emilia Achmadi, Pakar Nutrisi dalam peluncuran kampanye #BeefUp bersama Meat & Livestock Australia, Kamis 27 Agustus 2020 kemarin.

Meski jumlahnya cukup banyak, namun Emilia tidak menyarankan konsumsi daging merah setiap hari. Cukup konsumsi daging merah setiap minggu sekali atau dua kali dan optimalkan jumlah nutrisinya.

1 dari 2 halaman

Tips menyiasati porsi dan cara memasak daging merah

Memanggang Steak© Pexels.com
Selain itu, kamu bisa mengganti porsi makan daging merah dengan mengonsumsi susu dan telur. Keduanya mengandung nutrisi yang serupa dengan daging merah.

Kamu pun tidak perlu memerhatikan cara masak daging merah untuk memastikan jumlah nutrisinya tetap terjaga.

" Daging merah mengandung omega-3, protein, zinc, zat besi dan B12 yang nggak akan dirusak oleh panas. Proses masak sebenarnya baik untuk mempermudah penyerapan protein oleh tubuh" .

 

2 dari 2 halaman


Namun daging merah yang dimasak di atas suhu 80 derajat celsius, akan kehilangan kandungan vitamin B12.

" Sebenarnya, vitamin B12 yang lebih tricky. Vitamin B kompleks rentan terhadap temperatur tinggi dan mudah terurai di suhub 80 derajat. Tapi rata-rata, daging yang berkualitas tidak perlu dimasak lama-lama dan nutrisinya tetap terjaga" .

Mengonsumsi daging merah secara rutin dapat meningkatkan imunitas tubuh, mengatasi anemia, menunjang tumbuh kembang anak, meningkatkan produksi energi.

Beri Komentar