Cara Mengolah Sayur Agar Lebih Lezat dan Gugah Selera

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Jumat, 25 Januari 2019 19:00
Cara Mengolah Sayur Agar Lebih Lezat dan Gugah Selera
Ada tips dari Chef Marinka buat kamu yang gak doyan sayur, nih.

Dream - Sayuran wajib ada di dalam menu harian. Perannya sangat penting untuk menyumbang asupan serat. Kalau kamu sering mengalami masalah pencernaan, jangan-jangan karena asupanmu kurang makanan berserat.

Meski manfaatnya sangat penting, masih banyak orang mengabaikan sayur. Jika tersaji hidangan lengkap, biasanya lauk pauk akan habis dan sayur disisihkan dipinggir piring. Apalagi jika kamu memiliki anak-anak dengan selera makan yang pemilih.

Sahabat Dream yang nggak doyan sayur bisa simak tips dari chef Rinrin Marinka. Cara memasak yang tepat bisa membuat sayur jadi lebih menggiurkan.

" Teknik supaya sayur tetap segar namanya blanching. Benar-benar pakai air mendidih kita rebus sebentar dalam waktu beberapa detik misal 10-20 saja, habis itu masukan ke air dingin," paparnya di acara Masak Bersama Bertolli, Jakarta, baru-baru ini.

 Chef Marinka

Terlalu lama memasak sayur malah bisa membuat tekstur jadi lembek. Kadar gizinya pun mulai berkurang. Warna pucat dari sayur yang dimasak terlalu lama akan membuat selera makan hilang. 

Dengan teknik blanching, air dingin akan menghentikan proses pematangan sayur. Selain masih renyah, warna sayur juga lebih cerah. Marinka juga memberi tips untuk menghilangkan rasa pahit dari sayur.

" Biasanya yang direndam air garam itu untuk sayur yang punya getah, pokoknya yang pahit. Misal pare, biar dia keluar semua pahitnya bisa direndam dulu. Tujuannya untuk menguras air yang mengandung rasa pahit," pungkasnya.(Sah)

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie